5 Pemain Buangan Chelsea yang Bersinar di Klub Inggris Lain

Punya kenangan pahit bersama The Blues

Chelsea selalu menjadi tujuan favorit bagi kebanyakan pesepak bola. Dari status, rekam jejak, hingga prestasi yang ditorehkan The Blues jelas menjadi pemantik utama sampai detik ini. Alhasil, Chelsea tak kesulitan dalam mendatangkan para pemain incarannya.

Di sisi lain, dengan banyaknya pemain jempolan di dalam skuadnya jelas mengakibatkan efek domino. Para pemain yang kalah bersaing bakal tersingkir dan harus angkat kaki. Namun, beberapa mantan pemain Chelsea justru bersinar bersama klub Premier League lain. Siapa saja mereka?

1. Declan Rice

5 Pemain Buangan Chelsea yang Bersinar di Klub Inggris LainDeclan Rice (twitter.com/_DeclanRice)

Declan Rice sejatinya sudah mengenal Chelsea sejak belia. Namanya bergabung dengan tim akademi The Blues, tetapi kariernya selama tujuh tahun di sana malah stagnan.

Kesulitan naik kasta ke tim senior Chelsea menjadi alasan kuat Rice untuk hengkang ke West Ham United pada tahun 2013 lalu. Bersama The Hammers, ia mulai merajut cerita baru. Rice mulai dipromosikan ke skuad utama pada 2017/2018 lalu.

Sejak saat itu, talentanya sebagai gelandang muda berbakat Inggris terus terasah. Rice bersinar di lini tengah West Ham dan sudah tampil 195 kali hingga sekarang. Kini namanya diburu oleh klub-klub besar Eropa.

2. Tariq Lamptey

5 Pemain Buangan Chelsea yang Bersinar di Klub Inggris LainTariq Lamptey (twitter.com/TariqLamptey)

Jalan terjal dilalui Tariq Lamptey selama mengenakan jersey Chelsea. Namanya sudah lama mengisi tim akademi The Blues. Alih-alih mendapatkan kesempatan bermain di tim utama, momentum itu justru tak kunjung datang.

Pada akhirnya, Lamptey memutuskan berpisah dari Chelsea pada awal 2020. Ia bergabung ke Brighton & Hove Albion dengan biaya 1,2 juta euro atau sekitar Rp18 miliar. Keputusan itu merupakan pilihan yang tepat.

Lamptey sangat dipercaya mengisi sisi kanan pertahanan The Seagulls. Permainannya kian berkembang. Tercatat, ia sudah tampil 51 kali bersama Brighton di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Beragama Islam, Nomor 1 Paling Murah Senyum 

3. Nathan Ake

5 Pemain Buangan Chelsea yang Bersinar di Klub Inggris LainNathan Ake (twitter.com/ManCity)

Nathan Ake digaet Chelsea ke tim akademi pada 2011 lalu. Berselang dua tahun kemudian, ia dipercaya mengisi skuad utama The Blues.

Hanya saja, Ake jarang diberikan kesempatan bermain karena gemuknya opsi pertahanan Chelsea. Ia terpaksa dipinjamkan ke beberapa klub, dari Reading, Watford, dan Bournemouth.

Setelah berkelana ke beberapa klub, Bournemouth menjadi tempat ideal baginya untuk berkembang. Ake dipermanenkan dan mampu menjelma jadi sosok sentral di jantung pertahanan. Performa impresifnya mengundang minat Manchester City yang resmi merekrut pemain Belanda itu pada musim panas 2021.

4. Mohamed Salah

5 Pemain Buangan Chelsea yang Bersinar di Klub Inggris LainMohamed Salah (twitter.com/MoSalah)

Jose Mourinho membawa Mohamed Salah ke Chelsea pada musim dingin 2013. Namun, Salah gagal menemukan performa terbaiknya akibat minim kesempatan bermain. Ia hanya diturunkan dalam 19 laga The Blues. Selebihnya, pemain berpaspor Mesir itu harus rela dipinjamkan ke klub lain, seperti Fiorentina dan AS Roma.

Kepindahannya ke AS Roma menjadi titik balik Salah untuk bersinar. Ia dipermanenkan dan tampil apik di lini depan Il Giallorosso dalam mendulang gol demi gol.

Puncaknya, Liverpool resmi merekrut Salah pada 2017 lalu. Di sinilah Salah bertransformasi menjadi salah satu penyerang terbaik saat ini. Ia tampil moncer dan sudah mengemas 156 gol bersama The Reds. Gimana, Chelsea menyesal?

5. Kevin De Bruyne

5 Pemain Buangan Chelsea yang Bersinar di Klub Inggris LainKevin De Bruyne (twitter.com/DeBruyneKev)

Chelsea mendatangkan talenta muda Belgia, Kevin De Bruyne pada awal 2012 silam. Datang di usia yang masih muda sepertinya menjadi batu sandungan De Bruyne untuk membela The Blues.

Lini tengah klub London Utara itu sudah gemuk. De Bruyne cuma tampil sembilan kali, bahkan sempat dipinjamkan ke Werder Bremen. Setelah dipinjamkan, pemain berusia 30 tahun itu dijual secara permanen ke Wolfsburg.

Kepindahannya ke klub Bundesliga itu berbuah manis. Karier De Bruyne melesat hingga dilirik Manchester City. The Cityzens rela memecahkan rekor transfer klub untuk memboyongnya. Tak sia-sia, kini De Bruyne telah dikenal sebagai salah satu gelandang jenius di dunia.

 

Datang ke Chelsea di usia muda membuat jam terbang kelima nama di atas sangat minim. Terlepas dari momen pahit itu, berkat kerja keras dan dedikasinya, kini mereka berhasil menemukan performa terbaik di klub lain. Ada pemain favoritmu?

Baca Juga: 7 Pemain Lulusan Akademi Chelsea yang Bersinar pada 2021/2022

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya