5 Pemain Terakhir yang Dilepas Permanen Manchester United ke Serie A

Mereka sudah tak menjadi pilihan utama Manchester United

Komposisi skuad Manchester United terus berubah dari musim ke musim. Selain dipengaruhi oleh faktor pelatih, adaptasi tiap pemain juga berpengaruh. Terdapat sejumlah penggawa The Red Devils yang kesulitan bersinar sehingga pindah ke klub lain.

Dalam beberapa musim terakhir, ada beberapa mantan pemain Manchester United yang hijrah ke Serie A. Mereka pindah dengan kesepakatan transfer permanen. Kompetisi tertinggi di Italia ini kerap dituju oleh pemain Setan Merah untuk meneruskan kariernya. Inilah 5 pemain terakhir yang dilepas permanen Manchester United ke klub Serie A.

1. Romelu Lukaku

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Permanen Manchester United ke Serie ARomelu Lukaku (instagram.com/inter)

Romelu Lukaku kesulitan bersinar di Manchester United. Selama dua musim (2017--2019), produktivitas golnya bersama Setan Merah belum memenuhi ekspektasi. Padahal, Manchester United mengeluarkan biaya yang besar untuk membawanya ke Old Trafford. Lukaku gagal membayar lunas semuanya.

Meski performanya mengalami pasang surut, Lukaku tetap diminati oleh Inter Milan. Nerazzuri bahkan bersedia merogoh kocek 74 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun untuk merekrutnya. Perekrutan ini berbuah manis. Lukaku tampil impresif sebagai mesin gol Nerazzuri. Ia juga membawa timnya itu meraih Scudetto musim 2020/2021.

2. Alexis Sanchez

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Permanen Manchester United ke Serie AAlexis Sanchez (twitter.com/Inter)

Terobosan Manchester United dalam perekrutan Alexis Sanchez berbuah petaka. Alih-alih bisa bersinar, performa Alexis bersama Setan Merah justru anjlok. Ia gagal membuktikan kualitasnya bersama klub sekota Manchester City itu. Alexis lantas dipinjamkan ke Inter Milan karena performanya yang menurun pada musim panas 2019.

Keputusannya untuk pindah ke Inter Milan berbuah manis. Alexis berhasil menemukan kembali performa terbaiknya. Ia menjadi salah satu andalan Nerazzuri di lini serang. Inter Milan juga mempermanenkannya pada akhir musim 2019/2020. Alexis dikontrak permanen secara gratis karena kontraknya di Manchester United sudah habis.

Baca Juga: 6 Pemain AS Roma 2022/2023 yang Pernah Merumput di EPL, Ada Smalling!

3. Chris Smalling

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Permanen Manchester United ke Serie AChris Smalling (instagram.com/smalling)

Nasib Chris Smalling di Manchester United berubah dalam sekejap. Ia yang sejatinya pernah menjadi bek utama Setan Merah malah terpinggirkan. Apalagi, Manchester United juga merekrut beberapa bek anyar, termasuk Harry Maguire yang memecahkan rekor transfer klub. Smalling kehilangan kans untuk bisa tampil reguler.

Oleh sebab itu, ia memutuskan untuk pindah pada musim panas 2019. Smalling berlabuh ke AS Roma dengan status pinjaman. Ia mampu tampil solid dalam mengawal jantung pertahanan Il Giallorosso. Smalling berhasil membuktikan kapasitasnya. Pada akhir musim 2019/2020, AS Roma resmi mempermanenkannya.

4. Nemanja Matic

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Permanen Manchester United ke Serie ANemanja Matic (instagram.com/nemanjamatic)

Nemanja Matic mengakhiri kariernya di Manchester United pada musim panas 2022. Ia memilih untuk pergi. Matic meninggalkan Setan Merah secara bebas transfer menyusul kontraknya yang habis pada Juni 2022. Tak butuh waktu lama, Matic langsung bergabung dengan AS Roma.

Ia kembali bekerja sama dengan Jose Mourinho. Sebelumnya, Matic pernah diasuh oleh pelatih asal Portugal itu sewaktu membela Chelsea dan Manchester United. Matic menambah warna baru di lini tengah AS Roma. Meski sudah berusia kepala tiga, ia masih tampil prima dengan koleksi 50 penampilan pada musim debutnya.

5. Paul Pogba

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Permanen Manchester United ke Serie APaul Pogba (instagram.com/paulpogba)

Paul Pogba dan Manchester United berpisah untuk yang kedua kalinya. Pogba sepakat untuk tak memperpanjang kontrak bersama Setan Merah pada musim panas 2022. Ini sekaligus mengakhiri perjalanannya selama lima musim berseragam Manchester United. Meski cukup lama, karier Pogba tak sepenuhnya mulus.

Pogba meneruskan petualangannya ke Italia. Ia merapat ke Juventus dengan status bebas transfer. Ini merupakan kedatangan Pogba yang kedua kalinya ke klub berjuluk Si Nyonya Tua tersebut. Sayangnya, Pogba belum mampu tampil maksimal bersama Juventus. Ia lebih banyak menepi karena diterpa cedera berkepanjangan.

Kelima pemain di atas pernah menjadi pilihan utama Manchester United . Sayangnya, mereka harus menelan pil pahit sebab terdepak oleh pemain lain yang lebih konsisten. Mereka lalu pindah dan melanjutkan kariernya ke Serie A sebagai pelabuhan berikutnya.

Baca Juga: 6 Fakta Paul Pogba, Dari Mualaf hingga Jadi Fans Arsenal

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya