5 Pemain yang Berhasil Direkrut AS Monaco dari Klub Top Eropa Lain

Takumi Minamino resmi diboyong AS Monaco!

AS Monaco merupakan salah satu klub papan atas di Ligue 1. Pada musim 2021/2022 lalu, klub berjuluk Les Rouge et Blanc ini sukses mengamankan tiket menuju putaran final Liga Champions dengan duduk di urutan runner-up klasemen. Dengan begitu, AS Monaco sudah ditunggu jadwal kompetisi yang padat.

Menyikapi persaingan musim depan yang sangat ketat, AS Monaco berusaha menyusun skuadnya sebaik mungkin. Terbaru, AS Monaco berhasil memboyong Takumi Minamino dari Liverpool.

Nah, termasuk Takumi Minamino, berikut 5 pemain yang pernah diboyong AS Monaco dari klub besar Eropa lainnya. Siapa saja dan bagaimana kiprahnya?

1. Gelson Martins

5 Pemain yang Berhasil Direkrut AS Monaco dari Klub Top Eropa LainGelson Martins (asmonaco.com)

Mulanya, Gelson Martins hanya berstatus pinjaman di AS Monaco. Ia didatangkan dari Atletico Madrid pada musim dingin 2019 lalu. Peminjaman tersebut ternyata berbuah manis.

Martins tampil impresif di lini serang Les Rouge et Blanc. Oleh sebab itu, ia langsung diikat kontrak secara permanen. AS Monaco harus membayar 30 juta euro atau sekitar Rp470 miliar untuk menebusnya.

Keputusan tersebut tak salah. Martins mampu mempertahankan tren positif bersama tim barunya tersebut. Ia telah membukukan 16 gol dan 13 assists dari 114 penampilan di berbagai kompetisi yang dijalani.

2. Stevan Jovetic

5 Pemain yang Berhasil Direkrut AS Monaco dari Klub Top Eropa LainStevan Jovetic (ligue1.com)

Stevan Jovetic memulai petualangan baru di Ligue 1 pada 2017 lalu. Ia hijrah ke AS Monaco usai dibeli dari Inter Milan seharga 10,5 juta euro atau setara Rp164 miliar.

Perjalanannya bersama Les Rouge et Blanc sejatinya cukup lama, yakni 4 musim. Hanya saja, Jovetic tak rutin diturunkan di lini depan tim yang berdomisili di Monako itu. Secara keseluruhan, Jovetic hanya tampil 77 kali di semua ajang.

Kontribusi pemain berpaspor Montenegro itu juga tak terlalu impresif dengan raihan 21 gol dan 5 assists saja. Kontraknya berakhir pada 2021, tetapi Jovetic memutuskan untuk tak memperpanjangnya. Ia lantas hengkang ke Hertha Berlin secara gratis.

Baca Juga: 5 Calon Bintang Masa Depan Timnas Prancis yang Bermain di AS Monaco

3. Wissam Ben Yedder

5 Pemain yang Berhasil Direkrut AS Monaco dari Klub Top Eropa LainWissam Ben Yedder (ligue1.com)

Wissam Ben Yedder merupakan salah satu pembelian termahal sekaligus tersukses AS Monaco. Ditebus dari Sevilla seharga 40 juta euro atau sekitar Rp627 miliar, Ben Yedder sukses menjadi amunisi baru sebagai mesin gol utama.

Kedatangannya pada 2019 mendongkrak lini serang AS Monaco yang sempat bermasalah. Kendati tak punya postur yang menjulang, ketajaman pria berusia 31 tahun itu tetap menjanjikan.

Ben Yedder sudah mengemas 74 gol dan 25 assists dalam 124 laga yang dijalaninya bersama Les Rouge et Blanc. Tak ayal apabila dirinya selalu menjadi langganan dipanggil oleh timnas senior Prancis.

4. Cesc Fabregas

5 Pemain yang Berhasil Direkrut AS Monaco dari Klub Top Eropa LainCesc Fabregas (goal.com)

Cecs Fabregas membuat keputusan mengejutkan dengan meninggalkan Chelsea pada awal 2019. Ia memutuskan untuk hengkang ke Prancis dengan AS Monaco sebagai pelabuhan baru di dalam kariernya.

Les Rouge et Blanc memboyong Fabregas dengan banderol 9 juta euro atau sekitar Rp141 miliar. Sarat akan pengalaman, kedatangan Fabregas jelas menjadi sebuah keuntungan.

Namun, ia tak banyak mencatatkan penampilan bersama AS Monaco. Fabregas hanya tampil 68 kali di semua kompetisi dan rentan dibekap cedera. Masa baktinya berakhir pada Juni 2022 dan Fabregas berstatus sebagai free agent saat ini.

5. Takumi Minamino

5 Pemain yang Berhasil Direkrut AS Monaco dari Klub Top Eropa LainTakumi Minamino (skysports.com)

Pada musim panas 2022 ini, AS Monaco kedatangan pemain anyar. Dia adalah Takumi Minamino, pemain berusia 25 tahun yang berhasil diboyong dari Liverpool.

Transfer Minamino dikabarkan memakan biaya hingga 15 juta euro atau sekitar Rp235 miliar beserta 3 juta euro lainnya dalam bentuk add-ons.

Keputusan Minamino untuk hengkang dari Liverpool bukan tanpa alasan. Didatangkan pada 2020 lalu, ia kesulitan menjadi pilihan utama dan hanya jadi penghias bangku cadangan meski tampil menawan.

Tak heran, Minamino memutuskan untuk pindah dan menyusul Divock Origi serta Sadio Mane yang sudah terlebih dahulu pindah dari The Reds.

 

Perekrutan Takumi Minamino bakal menambah kedalaman skuad AS Monaco. Bisakah pemain asal Jepang itu memberikan kontribusi signifikan untuk Les Rouge et Blanc pada musim depan?

Baca Juga: Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Disulap AS Monaco Jadi Hebat dan Mahal

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya