5 Pemain EPL yang Berganti Klub karena Berseteru dengan Pelatih

Cristiano Ronaldo hengkang ke Arab Saudi

English Premier League (EPL) memiliki daya tarik besar sehingga dihuni pemain-pemain kelas atas. Namun, beberapa pemain memiliki pengalaman buruk sewaktu berkarier di sana.

Pengalaman buruk itu bisa berupa apa saja. Salah satunya berkonflik dengan pelatih. Sejumlah pemain bahkan harus berganti klub karena itu.

Inilah pemain EPL yang berganti klub karena berseteru dengan pelatih.

1. Diego Costa

5 Pemain EPL yang Berganti Klub karena Berseteru dengan PelatihDiego Costa (twitter.com/ChelseaFC)

Diego Costa sempat menjadi mesin gol utama Chelsea di bawah asuhan Antonio Conte. Namun, hubungan keduanya berujung tak harmonis.

Costa berseteru dengan sang pelatih akibat masalah kebugaran. Konflik itu berbuntut panjang dan memengaruhi internal klub. 

Sang pemain tak lagi betah berseragam Chelsea. Ia pun meminta hengkang kepada manajemen klub.

Costa lantas dilepas The Blues pada musim dingin 2018. Ia dijual ke Atletico Madrid, klub lamanya, dengan biaya 60 juta euro (Rp983 miliar).

2. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Pemain EPL yang Berganti Klub karena Berseteru dengan PelatihPierre-Emerick Aubameyang (twitter.com/Auba)

Karier Pierre-Emerick Aubameyang di Arsenal berujung tragis. Ia yang awalnya dipuji karena bersinar sebagai mesin gol dibuang begitu saja.

Aubameyang tersandung masalah indisipliner sebelum dibuang. Ia sering telat latihan dengan dalih urusan pribadi.

Sang pelatih, Mikel Arteta, terpaksa mencopot status kapten yang dipegang pemain asal Gabon itu. Konflik berlarut-larut sehingga Aubameyang diputus kontrak dan pindah ke Barcelona pada musim dingin 2023.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Kena Tinju saat Duel Kontra PSG, Wajahnya Lebam

3. Cristiano Ronaldo

5 Pemain EPL yang Berganti Klub karena Berseteru dengan PelatihCristiano Ronaldo (twitter.com/Cristiano)

Musim 2022/2023 merupakan musim terakhir Cristiano Ronaldo berseragam Manchester United. Ia tak melanjutkan kariernya bersama Setan Merah menyusul pemutusan kontrak pada November 2021.

Ronaldo berseteru dengan petinggi klub, termasuk Kepala Pelatih Erik ten Hag. Bintang asal Portugal itu merasa dirinya tak dihormati sang pelatih.

Keduanya saling menyindir di media. Alhasil, hubungan mereka tak harmonis. Ronaldo pun memutuskan hengkang ke Arab Saudi. Ia kini berseragam Al-Nassr.

4. Yaya Toure

5 Pemain EPL yang Berganti Klub karena Berseteru dengan PelatihYaya Toure (twitter.com/ManCity)

Kiprah Yaya Toure di Manchester City terhenti pada akhir musim 2017/2018. Beragam laporan menyebut dirinya pindah karena memiliki hubungan yang kurang baik dengan Pep Guardiola.

Toure yang sempat menjadi andalan hanya tampil 17 kali pada musim terakhirnya di Inggris. Menurut laporan Bleacher Report, sang pemain merasa pelatih asal Spanyol itu merendahkan pemain Afrika dan punya kriteria khusus dalam memilih pemain.

Toure lalu dilepas Manchester City secara gratis ke Olympiacos. Ia sendiri tidak pensiun di sana melainkan di Qingdao Huanghai. Toure kini beralih peran menjadi pelatih.

5. Leandro Trossard

5 Pemain EPL yang Berganti Klub karena Berseteru dengan PelatihLeandro Trossard (twitter.com/LTrossard)

Arsenal resmi mendapatkan Leandro Trossard dari Brighton & Hove Albion pada musim dingin 2023. Menurut laporan Fabrizio Romano, The Gunners merekrut sang pemain dengan harga 21 juta euro (Rp344 miliar) beserta tambahan.

Trossard pindah dari Brighton dengan cara yang kurang baik. Ia sempat terlibat konflik dengan Kepala Pelatih Roberto De Zerbi. Pemain berpaspor Belgia itu meninggalkan kamp latihan klub tanpa izin dan tak masuk ke dalam daftar skuad The Seagulls dalam beberapa pertandingan.

Adanya konflik tentu tak bagus untuk dinamika sebuah tim. Daripada mempertahankan pemain yang terkena masalah, banyak klub di Premier League memutuskan untuk melepasnya ke klub lain.

Baca Juga: Arsenal Rampungkan Transfer Leandro Trossard

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya