Jarang Diketahui, 5 Pemain Eropa Ini Memilih Bela Timnas Negara Lain

Ada Diego Costa juga, lho

Bagi seorang pesepak bola, membela timnas negaranya merupakan suatu impian tersendiri. Untuk mencapai hal tersebut memang tak bisa diraih secara instan karena harus bersaing dengan pemain lain demi mendapatkan tempat utama.

Namun para pemain asal Eropa berikut ini punya cerita unik dalam membela timnas negaranya. Alih-alih hanya bermain untuk satu negara saja, pemain ini justru pernah merasakan atmosfer untuk dua negara berbeda. Penasaran siapa saja? Berikut ulasannya.

1. Taulant Xhaka - Dari Swiss ke Albania

Jarang Diketahui, 5 Pemain Eropa Ini Memilih Bela Timnas Negara Laint-online.de

Taulant Xhaka merupakan saudara kandung dari gelandang Arsenal yaitu Granit Xhaka. Saat ini Taulant bermain untuk FC Basel yang telah lama ia bela dari usia belia. Duo Xhaka lahir dan besar di Swiss dari keturunan Albania. Tak mengherankan bila keduanya sempat membela Timnas muda Swiss.

Apes bagi sang kakak yaitu Taulant, ia harus menerima pil pahit tak menjadi andalan di Timnas senior Swiss. Berbeda dengan Granit yang dipercaya untuk membela Timnas Swiss dikarenakan performa impresifnya kala itu. Atas dasar itulah, Taulant memutuskan membela Timnas Albania yang merupakan negara keturunan keluarganya sejak 2014 lalu.

2. Diego Costa - Dari Brasil ke Spanyol

Jarang Diketahui, 5 Pemain Eropa Ini Memilih Bela Timnas Negara Laingoal.com

Perpindahan status kewarganegaraan Diego Costa terbilang cukup langka daripada pesepak bola lainnya. Saat ini ia merupakan pemain berpaspor Spanyol usai dinaturalisasi pada 2014 lalu. Menariknya, negara kelahiran Costa justru menyandang status sebagai salah satu yang terbaik dan disegani saat ini yaitu Brasil.

Alasan dibalik keputusan Costa lebih membela Spanyol dikarenakan perselisihan dirinya dengan pelatih Brasil, Luis Felipe Scolari. Sejatinya, Costa telah membuat 2 caps untuk Timnas senior Brasil di ajang persahabatan pada 2013 lalu. Namun karena tak dimasukkan ke skuad Piala Dunia edisi 2014, Costa memutuskan bermain untuk Timnas Spanyol sejak 2014 lalu.

3. Neven Subotic - Dari Amerika Serikat ke Serbia

Jarang Diketahui, 5 Pemain Eropa Ini Memilih Bela Timnas Negara Lainskysportaustria.at

Nama Neven Subotic mulai mekar saat menjadi andalan utama Borussia Dortmund di jantung pertahanan. Kini pemain berusia 32 tahun tersebut bermain untuk klub Austria, SCR Altach. Sesuai dengan namanya, Subotic merupakan keturunan dari negara Yugoslavia. Namun dikarenakan konflik yang berlangsung pada 1990-an disana, keluarga Subotic memutuskan bermigrasi ke Jerman.

Tak lama bertahan di Jerman, Subotic beserta keluarganya bermigrasi lagi ke Amerika Serikat. Di negara Paman Sam inilah, Subotic memulai karier sepak bolanya. Ia pun sempat membela tim nasional berbagai kelompok umur Amerika Serikat. Namun karena berselisih paham dengan pelatih Timnas U-20 AS saat itu, yaitu Thomas Rongen, Subotic memilih untuk bermain dengan Timnas senior Serbia sejak tahun 2009 silam.

Baca Juga: 5 Pemain Tengah Top Inggris yang Belum Pernah Dipanggil Timnas Inggris

4. Ivan Rakitic - Dari Swiss ke Kroasia

Jarang Diketahui, 5 Pemain Eropa Ini Memilih Bela Timnas Negara Lainfootball-espana.net

Ivan Rakitic mulai dikenal banyak pihak usai bergabung dengan Barcelona. Bersama klub Catalan tersebut, Rakitic meraih berbagai trofi elite dan menjadi andalan di lini tengah Barca. Namun di musim ini, Rakitic memilih pulang ke klub lamanya yaitu Sevilla. Membahas Timnas yang ia bela, Rakitic bermain untuk Timnas Kroasia.

Pada kenyataanya, Rakitic tak lahir disana melainkan di Swiss. Kedua orangtuanya merupakan penduduk asli Kroasia yang pindah ke Swiss disaat Rakitic belum lahir. Ia sempat membela timnas berbagai kelompok umur Swiss saat itu. Namun ia akhirnya memilih bermain untuk Timnas senior Kroasia, yang ditandai dengan debutnya pada 14 November 2009 silam.

5. Jack Grealish - Dari Republik Irlandia ke Inggris

Jarang Diketahui, 5 Pemain Eropa Ini Memilih Bela Timnas Negara Laingoal.com

Jack Grealish merupakan salah satu pemain kunci Aston Villa. Ia menjadi motor serangan The Villans dan sukses tampil impresif yang membuat namanya dielu-elukan fans klubnya tersebut. Seperti yang kita tahu, pemain berusoa 25 tahun ini bermain untuk Timnas senior Inggris. Grealish memang lahir disana, tepatnya di Birmingham.

Namun di awal perjalanan kariernya, Grealish pernah membela Timnas berbagai kelompok umur Republik Irlandia. Alasan mengapa ia dapat membela negara tersebut dikarenakan Grealish mempunyai darah Republik Irlandia dari kakek dan neneknya. Meski begitu, Grealish memutuskan bermain untuk Timnas Inggris yang merupakan tempat kelahirannya sejak 2016 lalu.

Itulah 5 pemain top Eropa yangmemilih berganti timnas negara. Perpindahan kewarganegaraan para pemain diatas pastinya dilatarbelakangi sejumlah alasan tertentu. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Top Ini Memilih Bermain di Timnas di Benua Afrika

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya