5 Pemain Gratisan yang Pernah Diboyong Everton, Berpengalaman!

James Rodriguez salah satunya

Secara performa, Everton tak melewati beberapa musim terakhir dengan baik. Performa The Toffees cenderung stagnan di papan menengah ke bawah Premier League. Everton kesulitan merangsek ke papan atas hingga sekarang.

Padahal, Everton selalu memperkuat skuadnya dengan rekrutan anyar pada tiap musim. Bahkan, klub sekota Liverpool ini kerap merekrut pemain-pemain berpengalaman. Kelima nama ini, misalnya. Mereka direkrut secara gratis. Siapa saja?

1. Wayne Rooney

5 Pemain Gratisan yang Pernah Diboyong Everton, Berpengalaman!Wayne Rooney (twitter.com/premierleague)

Everton merupakan tempat bersejarah bagi Wayne Rooney. Di klub inilah ia mengembangkan kariernya hingga direkrut oleh Manchester United. Setelah membela Setan Merah, Rooney sempat pulang ke klub masa kecilnya itu.

Rooney kembali berseragam The Toffees pada musim panas 2017. Ia hanya bertahan semusim di periode keduanya bersama Everton. Saat itu, Rooney mengoleksi 10 gol dan 2 assist dari 33 penampilan di semua kompetisi.

2. Asmir Begovic

5 Pemain Gratisan yang Pernah Diboyong Everton, Berpengalaman!Asmir Begovic (twitter.com/asmir1)

Asmir Begovic dipilih oleh Everton untuk melapisi Jordan Pickford di sektor penjaga gawang. Namanya tak asing lagi di Premier League. Begovic kaya akan pengalaman sebab pernah membela Chelsea hingga AC Milan.

Kiper berpaspor Bosnia-Herzegovina ini bergabung dengan Everton secara gratis. Ia datang pada musim panas 2021 lalu. Karena hanya menjadi cadangan, Begovic minim penampilan. Ia baru bermain sebanyak 10 kali di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Penyerang Terbaik yang Pernah Dilatih oleh Pep Guardiola, Ada Eto’o!

3. Samuel Eto'o

5 Pemain Gratisan yang Pernah Diboyong Everton, Berpengalaman!Samuel Eto'o (twitter.com/Everton)

Karier pemain legendaris asal Kamerun ini lebih diingat bersama Barcelona dan Inter Milan. Namun, Eto'o juga pernah berkelana dengan sejumlah klub Eropa lain, termasuk Everton. Ia membela The Toffees saat usianya sudah tak muda lagi.

Eto'o bergabung dari Chelsea usai kontraknya tak lagi diperpanjang. Bersama Everton, Eto'o hanya bertahan selama setengah musim dengan catatan 20 penampilan. Ia lalu pergi ke Sampdoria pada musim dingin 2015.

4. Dele Alli

5 Pemain Gratisan yang Pernah Diboyong Everton, Berpengalaman!Dele Alli (premierleague.com)

Karier Dele Alli menurun tajam di Tottenham Hotspur. Posisinya makin terpinggirkan sebagai pilihan utama. Alhasil, Dele sepakat untuk memutus kontraknya pada musim dingin 2022. Dele lalu melanjutkan kariernya ke Everton dengan status bebas transfer.

Pindah ke klub Merseyside, performa Dele justru terus memburuk. Ia gagal menyesuaikan diri dengan gaya permainan The Toffees. Tak heran Everton meminjamkannya ke Besiktas pada musim 2022/2023 ini.

5. James Rodriguez

5 Pemain Gratisan yang Pernah Diboyong Everton, Berpengalaman!James Rodriguez (premierleague.com)

James Rodriguez mengakhiri kariernya di Real Madrid pada musim panas 2020. Ia sepakat memutus kontraknya lebih cepat. Selanjutnya, James tak butuh waktu lama mencari klub baru sebab ada Everton yang bersedia menampungnya.

Ia lantas bergabung dengan skuad The Toffees yang ditangani oleh Carlo Ancelotti. Sayangnya, kiprah James hanya seumur jagung alias semusim. Performanya sebenarnya cukup impresif dengan koleksi 6 gol dan 9 assist dari 26 penampilan.

 

Mereka datang ke Goodison Park dengan membawa segudang pengalaman. Namun, itu tak menjamin kariernya bertahan lama bersama Everton.

Baca Juga: 9 Ide Gaya Kasual ala James Rodriguez, Simpel dan Stylish!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya