Comscore Tracker

5 Pemain Inggris yang Direkrut Arsenal Selama Sedekade Terakhir

Akankah Ben White mengikuti jejak mereka?

Selama sedekade terakhir, Arsenal memang mengalami penurunan performa yang cukup signifikan. Puncaknya di musim 2020/2021, klub berjuluk The Gunners itu gagal berpartisipasi ke kompetisi Eropa. Hal tersebut tentu bukanlah kabar baik mengingat mereka merupakan salah satu klub top di Premier League.

Sejatinya, pembenahan skuad yang dilakukan Arsenal tak kalah dengan klub lain. The Gunners telah merekrut beberapa nama top untuk mengisi skuadnya. Bila menilik semua rekrutan Arsenal selama sedekade terakhir, ternyata mereka hanya mendatangkan 5 pemain saja yang berasal dari Inggris. Lantas, siapa sajakah pemain tersebut? Check this out!

1. Alex Oxlade-Chamberlain

5 Pemain Inggris yang Direkrut Arsenal Selama Sedekade TerakhirAlex Oxlade-Chamberlain (bleacherreport.com)

Potensi Alex Oxlade Chamberlain sewaktu di Southampton akhirnya terendus Arsenal. Di musim panas 2011, The Gunners resmi mendatangkan pria yang kini berusia 27 tahun tersebut ke Emirates Stadium. Investasi Arsenal itu sejatinya tak sia-sia, Chamberlain mampu jadi poros permainan klub London utara.

Berkarier selama 6 musim, Chamberlain mencatatkan 198 penampilan dengan koleksi 20 gol dan 32 assist. Entah apa yang terjadi, ia justru hengkang ke salah satu rival Arsenal di Premier League, yaitu Liverpool di musim 2017/2018 lalu. Chamberlain sukses panen gelar sejak kepindahannya ke klub Merseyside tersebut.

2. Danny Welbeck

5 Pemain Inggris yang Direkrut Arsenal Selama Sedekade TerakhirDanny Welbeck (90min.com)

Usai terdepak dari Manchester United, Danny Welbeck menjatuhkan pilihan kepada Arsenal sebagai klub barunya. Ia tiba di musim panas 2014 lalu dengan target tinggi. Keputusan Welbeck untuk hijrah ke London berbuah manis, ia dipercaya menjadi juru gedor The Gunners selama 5 musim masa baktinya.

Welbeck mengoleksi 32 gol dan 15 assist dari 126 penampilan untuk Arsenal. Akan tetapi, pergantian tahta pelatih ke tangan Mikel Arteta membuat posisi Welbeck justru terpinggirkan. Ia tak masuk rencana eks asisten Pep Guardiola itu dan kontraknya tak lagi diperpanjang. Welbeck memilih hengkang ke Watford di musim 2019/2020 lalu.

Baca Juga: Musim Ini Jadi Musim Tersubur Welbeck di Premier League

3. Calum Chambers

5 Pemain Inggris yang Direkrut Arsenal Selama Sedekade TerakhirCalum Chambers (tbrfootball.com)

Rekam jejak Calum Chambers selama berseragam Arsenal begitu rumit. Semua bermula saat The Gunners merekrutnya di musim panas 2014 lalu. Ia tak langsung dipercaya menjadi pilihan utama, melainkan harus menjalani peminjaman ke klub lain selama beberapa kali.

Tercatat, Middlesbrough dan Fulham pernah ia singgahi dengan status pinjaman. Peluangnya untuk tampil reguler baru terbuka saat Mikel Arteta mulai menangani Arsenal. Pemain berusia 26 tahun tersebut lantas dipercaya mengisi lini pertahanan The Gunners dan telah mencatatkan 117 penampilan sejauh ini.

4. Carl Jenkinson

5 Pemain Inggris yang Direkrut Arsenal Selama Sedekade TerakhirCarl Jenkinson (skysports.com)

Carl Jenkinson berhasil membuat pelatih Arsenal, Arsene Wenger kepincut dan merekrutnya di tahun 2011 lalu. Hanya saja, perjalanan Jenkinson sewaktu membela The Gunners tak berjalan mulus lantaran kalah bersaing di pos bek kanan. Ia sempat dipinjamkan ke West Ham United dan Birmingham City.

Situasi makin pelik karena Jenkinson acap kali mengalami cedera. Tercatat, ia hanya membuat 70 penampilan saat berseragam Arsenal. Kebersamaannya dengan The Gunners resmi berakhir di musim panas 2019. Ia dilepas Arsenal menuju klub kontestan Championship, Nottingham Forest.

5. Rob Holding

5 Pemain Inggris yang Direkrut Arsenal Selama Sedekade TerakhirRob Holding (eurosport.com)

Sebelum bersama Arsenal, karier Rob Holding bisa saja berakhir pesakitan di divisi bawah kasta sepak bola Inggris. Klub yang ia bela, Bolton Wanderers harus terdegradasi ke League One di akhir musim 2015/2016 lalu. Dewi Fortuna masih bersahabat dengan Holding. Di waktu yang berdekatan, ia resmi hijrah ke Arsenal.

Kenaikan karier yang Holding alami itu sejalan dengan kualitas dan kemampuannya di atas lapangan. Meski kerap memiliki masalah kebugaran, pemain berusia 25 tahun tersebut tetap dipercaya menjadi salah satu opsi favorit di jantung pertahanan The Gunners. Holding telah mencatatkan 117 penampilan di semua ajang bersama Arsenal.

Dari semua rekrutan Arsenal di atas, hanya menyisakan Rob Holding dan Calum Chambers yang masih aktif sebagai pemain The Gunners. Selebihnya, pemain-pemain lain sudah hijrah dan berkarier untuk klub lain.

Baca Juga: 10 Gelandang Termahal yang Pernah Direkrut Arsenal, Siapa Saja?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya