Sempat Merantau, 5 Pemain Inggris Ini Kembali ke Premier League

Kieran Trippier resmi merapat ke Newcastle United

Dilabeli sebagai liga paling kompetitif, Premier League menjadi destinasi utama bagi kebanyakan pemain sepak bola. Tidak terkecuali bagi pemain Inggris itu sendiri.

Hanya ada beberapa pemain Inggris yang berkarier di luar Liga Inggris. Dari beberapa pemain itu, ada yang memutuskan kembali hijrah ke Inggris lantaran beragam alasan.

1. Demarai Gray

Sempat Merantau, 5 Pemain Inggris Ini Kembali ke Premier LeagueDemarai Gray (twitter.com/Everton)

Aksi Demarai Gray mulai dikenal kala berseragam Leicester City. Pada 2016—2020 lalu, namanya menghiasi skuad The Foxes. Namun, keputusan berisiko diambil oleh pemain berusia 25 tahun tersebut untuk meninggalkan Leicester. Ia bergabung ke Bayer Leverkusen pada musim dingin 2021.

Keputusan yang ia buat itu tampaknya bukanlah keputusan terbaik. Karier Gray bersama Leverkusen hanya bertahan seumur jagung. Ia lantas memilih pulang ke Premier League dan menjatuhkan pilihannya kepada Everton. Gray akhirnya dipercaya menjadi andalan The Toffees dan telah tampil 19 kali di semua kompetisi.

2. Ademola Lookman

Sempat Merantau, 5 Pemain Inggris Ini Kembali ke Premier LeagueAdemola Lookman (twitter.com/Alookman_)

Bakat Ademola Lookman sewaktu di Liga Inggris terekspos oleh RB Leipzig. Ia dipinjam pada 2018/2019 serta dipermanenkan pada akhir musim. Ternyata, kiprah Lookman bersama Die Roten Bullen tak berjalan awet. Pemain berusia 24 tahun itu akhirnya dipinjamkan ke klub Liga Inggris.

Sempat bersama Fulham pada 2020/2021 lalu, kini Lookman bergabung dengan skuad Leicester City. Tampil bersama nama-nama lain, seperti Jamie Vardy dan Kelechi Iheanacho, berhasil membangkitkan potensinya. Lookman mulai mencuri perhatian lewat catatan 18 penampilan serta mengoleksi 5 gol dan 1 assist sejauh ini.

Baca Juga: 6 Pemain Aktif asal Inggris dengan Koleksi 75 Gol di Premier League

3. Ryan Sessegnon

Sempat Merantau, 5 Pemain Inggris Ini Kembali ke Premier LeagueRyan Sessegnon (twitter.com/thespursweb)

Bergabung dengan Tottenham Hotspur sejak 2019, Ryan Sessegnon kesulitan menembus skuad inti. Kudu bersaing dengan beberapa nama sekaligus di pos bek kiri, nama Sessegnon makin tergeser. Demi menjamin kariernya agar tak terpuruk, Spurs meminjamkannya ke Hoffenheim selama semusim.

Bersama tim Bundesliga itu, kehadiran Sessegnon cukup dihargai dan rutin tampil di sejumlah laga Hoffenheim. Meski tak dipermanenkan, peminjamannya ke klub asal Jerman itu berjalan sesuai harapan. Ia kembali ke Spurs pada musim ini dengan modal bagus. Namun, tetap saja, Sessegnon masih kesulitan hingga sekarang.

4. Jadon Sancho

Sempat Merantau, 5 Pemain Inggris Ini Kembali ke Premier LeagueJadon Sancho (twitter.com/ForbesSports)

Kepulangannya ke Inggris disertai drama transfer yang telah berlangsung lama. Proses transfer itu akhirnya berjalan usai Manchester United dan Borussia Dortmund berhasil mencapai kata sepakat. Biaya sebesar 85 juta euro atau Rp1,4 triliun digelontorkan Manchester United demi merekrut eks pemain muda Manchester City ini.

Ekspektasi tinggi jelas dibebankan kepadanya mengingat rekam jejak Sancho yang gemilang di Jerman. Namun, hingga paruh musim ini, Sancho belum menemukan sentuhan terbaiknya bersama Manchester United. Ia cukup kesulitan dalam beradaptasi dengan gaya permainan timnya. Sancho baru mengonversi dua gol.

5. Kieran Trippier

Sempat Merantau, 5 Pemain Inggris Ini Kembali ke Premier LeagueKieran Trippier (twitter.com/NUFC)

Newcastle United mulai bergeliat dalam menyambut bursa transfer musim dingin saat ini. Dengan dana melimpah usai diakuisisi konsorsium Arab Saudi, The Magpies akhirnya merekrut pemain anyar. Bek kanan berpengalaman, Kieran Trippier, berhasil dibawa pulang ke Inggris oleh Newcastle.

Dilansir Skysports, Newcastle mengeluarkan biaya 12 juta pound sterling atau sekitar Rp233 miliar beserta bonus untuk menggaet eks pemain Spurs itu. Setelah merekrut Trippier, The Magpies diprediksi bakal mendatangkan pemain lagi mengingat misi mereka untuk keluar dari zona degradasi Premier League.

Masih ada sejumlah pemain Inggris yang tengah berkarier di luar Liga Inggris, sebut saja Jude Bellingham, Tammy Abraham, hingga Fikayo Tomori. Akankah mereka pulang ke Liga Inggris suatu saat nanti? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 5 Gelandang Muda Inggris yang Bersinar di Premier League

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya