Comscore Tracker

5 Pemain Inggris Ini Punya Garis Keturunan Negara di Kepulauan Karibia

Kebanyakan dari mereka merupakan imigran

Pesona Inggris dalam industri sepak bola telah mengakar kuat dan bisa ditelisik dari kompetisi Premier League yang dilabeli sebagai liga paling kompetitif. Para pemainnya juga sangat populer hingga seantero dunia. Namun, tak semua pemain aktif Inggris saat ini merupakan penduduk asli Negeri Ratu Elizabeth.

Ada sejumlah nama yang ternyata punya garis keturunan dari negara lain, khususnya negara di Kepulauan Karibia. Ditinjau dari aspek geografis, kepulauan ini berada di Laut Karibia yang membentang di sepanjang kawasan Amerika Tengah. Jaraknya ke Inggris memang sangat jauh, tetapi sederet pemain top punya ikatan erat dengan kawasan ini.

1. Kyle Walker (Jamaika)

5 Pemain Inggris Ini Punya Garis Keturunan Negara di Kepulauan KaribiaKyle Walker (twitter.com/TeleFootball)

Sosoknya lahir dan besar di kawasan Yorkshire, Inggris, tetapi Kyle Walker juga punya darah Jamaika. Membahas lebih jauh, negara yang memiliki luas wilayah 10.991 km² ini berada di sepanjang Laut Karibia. Walker ternyata bukanlah penduduk asli Inggris, melainkan keturunan campuran Jamaika dan Inggris.

Dilansir laman resmi Manchester City, Walker mendapati warisan Jamaika dari sang ayah, Michael Walker, dan darah Inggris dari ibu kandungnya. Tak heran bila bek kanan andalan Manchester City ini berpeluang untuk membela negara keturunannya itu. Meski pada akhirnya, Walker memilih membela panji timnas Inggris hingga detik ini.

2. Tyrone Mings (Barbados)

5 Pemain Inggris Ini Punya Garis Keturunan Negara di Kepulauan KaribiaTyrone Mings (twitter.com/OfficialTM_3)

Barbados acap kali belum diketahui banyak orang. Negara yang terletak di perbatasan Laut Karibia dan Samudera Atlantik ini juga tak punya prestasi mentereng di dunia sepak bola. Namun, di balik catatan itu, ada pemain top yang punya garis keturunan negara ini. Pemain tersebut adalah bek utama Aston Villa, Tyrone Mings.

Ia memang lebih dikenal sebagai pesepak bola yang punya kewarganegaraan Inggris, tetapi itu bukanlah hal mutlak. Mings memiliki darah Barbados dari kakek dan neneknya yang merupakan penduduk asli di sana. Selain itu, keluarga Mings, seperti paman dan bibinya juga menetap di Barbados, sebagaimana dilansir Bournemouthecho.

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Argentina dengan Garis Keturunan Polandia

3. Marcus Rashford (St. Kitts & Nevis)

5 Pemain Inggris Ini Punya Garis Keturunan Negara di Kepulauan KaribiaMarcus Rashford (twitter.com/MarcusRashford)

Darah muda Inggris satu ini juga terlahir dengan garis keturunan negara Kepulauan Karibia. Marcus Rashford memiliki rekam jejak yang gemilang di level klub. Ia juga menjadi langganan untuk dipanggil timnas Inggris. Namun, tak banyak yang mengetahui bahwa dirinya memiliki garis keturunan St. Kitts & Nevis.

Mengutip Sportskeeda, Rashford lahir dan besar di Inggris dari keluarga keturunan Kittitian. Itu merupakan salah satu keturunan yang mayoritas menghuni St. Kitts & Nevis. Negara ini memang tak begitu familier di benak khalayak ramai. Per 2020 saja, St. Kitts & Nevis hanya berpenduduk sekitar 53 ribu jiwa.

4. Raheem Sterling (Jamaika)

5 Pemain Inggris Ini Punya Garis Keturunan Negara di Kepulauan KaribiaRaheem Sterling (twitter.com/VBETnews)

Perjalanan hidup Raheem Sterling diwarnai anomali dan rentetan aral yang kerap mengadang. Kini ia dikenal sebagai salah satu pemain papan atas dengan membela Manchester City. Namun, cerita hidupnya dahulu jauh dari kata menyenangkan. Ia lahir di Kingston, ibukota Jamaika, pada 27 tahun silam.

Sterling tinggal di Jamaika selama 5 tahun saja. Ayahnya menjadi korban pembunuhan saat usianya masih 2 tahun. Sterling beserta sang ibu memutuskan bermigrasi ke Inggris demi mencari kehidupan yang lebih baik. Dilansir Mirror, nasib Sterling di Negeri Ratu Elizabeth terus membaik seiring karier sepak bolanya yang makin dikenal luas.

5. Jadon Sancho (Trinidad & Tobago)

5 Pemain Inggris Ini Punya Garis Keturunan Negara di Kepulauan KaribiaJadon Sancho (twitter.com/ManUtd)

Jadon Sancho telah bertransformasi menjadi salah satu pemain muda terbaik saat ini. Tak heran bila timnas Inggris selalu mempercayakan satu tempat utama kepadanya. Terlepas dari kiprahnya bersama The Three Lions, sejatinya pemain berusia 21 tahun ini berasal dari keturunan Trinidad & Tobago.

Menilik lebih jauh, Trinidad & Tobago adalah satu satu negara kecil yang berbasis kepulauan di Laut Karibia. Kepastian Sancho memiliki garis keturunan negara tersebut terjadi lantaran orangtuanya merupakan penduduk asli sana. Mereka memilih hijrah ke Inggris saat Sancho belum lahir. 

Inggris punya kisah histori yang kuat dengan negara-negara yang berada di Kepulauan Karibia. Jadi, tak mengherankan bila relasi yang kental terjadi di antara keduanya, bahkan di dunia sepak bola.

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Punya Garis Keturunan Negara Asia, Ada Indonesia

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya