Comscore Tracker

5 Pemain Inggris yang Tengah Berkarier di Serie A, Ada Nama Baru!

Tammy Abraham salah satunya

Inggris punya pengaruh yang kuat di industri sepak bola modern saat ini. Dijuluki sebagai magnetnya sepak bola dunia, Negeri Ratu Elizabeth menjadi tempat spesial dari sebuah kompetisi antarklub paling sengit dan kompetitif bernama Premier League.

Selain memiliki liga dengan kualitas jempolan, Inggris juga mumpuni dalam melahirkan pemain bertalenta. Namun, terdapat hal menarik. Kebanyakan dari pemain Inggris ini lebih memilih untuk berkarier di negeri sendiri. Hanya ada beberapa nama yang bermain di luar negeri, khususnya di Serie A.

1. Chris Smalling

5 Pemain Inggris yang Tengah Berkarier di Serie A, Ada Nama Baru!Chris Smalling (twitter.com/ChrisSmalling)

Tak masuk rencana Ole Gunnar Solkjaer saat itu, Chris Smalling harus menyudahi kisah manisnya bersama Manchester United. Smalling dipinjamkan ke AS Roma pada 2019/2020. Perjalanan ini jadi momen yang istimewa baginya lantaran baru berkarier di luar Inggris untuk pertama kali.

Bersama klub ibukota, Smalling membuktikan bahwa dirinya masih layak tampil di level teratas. Ia menjelma jadi sosok utama yang memimpin pertahanan Roma pada masa peminjamannya tersebut. Smalling mendapatkan kepercayaan penuh hingga dibeli secara permanen manajemen Il Giallorosso pada musim panas 2020.

2. Fikayo Tomori

5 Pemain Inggris yang Tengah Berkarier di Serie A, Ada Nama Baru!Fikayo Tomori (twitter.com/ChelindFootball)

Fikayo Tomori sudah kenyang akan seribu kisah terkait perjalanannya selama membela Chelsea. Berstatus sebagai lulusan akademi The Blues, ia justru kesulitan menjadi pilihan utama di skuad inti. Tomori terpaksa dipinjamkan beberapa kali ke klub lain guna mencari jam terbang. Akhirnya, ia punya kans tampil reguler meskipun di klub lain.

Pada musim dingin 2021 lalu, Chelsea meminjamkannya ke AC Milan hingga akhir musim. Peminjaman itu menjadi awal baru dalam karier pemain berusia 24 tahun tersebut. Tomori tampil apik di lini pertahanan hingga membawa Rossoneri bersaing di papan atas. Ia lantas dipermanenkan pada musim panas lalu.

Baca Juga: 5 Pemain Top dari Benua Asia yang Tengah Berkarier di Liga Inggris

3. Tammy Abraham

5 Pemain Inggris yang Tengah Berkarier di Serie A, Ada Nama Baru!Tammy Abraham (twitter.com/tammyabraham)

Efek domino akibat kedatangan Romelu Lukaku ke Chelsea menghasilkan segitiga transfer yang menarik. Lukaku ke Chelsea, Edin Dzeko ke Inter Milan, serta Tammy Abraham ke AS Roma. Adanya perputaran pemain itu dinilai membawa pengaruh besar bagi Abraham yang terpaksa hengkang ke Serie A.

Proses transfer penyerang muda Inggris ini memakan biaya 40 juta euro atau sekitar Rp653 miliar. Ia menjadi salah satu fondasi dari awal kedatangan Jose Mourinho yang ditunjuk sebagai juru taktik Roma. Dengan ditangani pelatih top sekelas Mourinho, Abraham tampil moncer lewat torehan 14 gol dan 3 assist sejauh ini.

4. Axel Tuanzebe

5 Pemain Inggris yang Tengah Berkarier di Serie A, Ada Nama Baru!Axel Tuanzebe (twitter.com/axeltuanzebe_1)

Gemuknya lini belakang Manchester United menyulitkan Axel Tuanzebe untuk berkembang. Tak ayal dirinya harus dipinjamkan ke klub lain untuk mendapatkan menit bermain yang cukup. Tuanzebe sempat dipinjamkan ke Aston Villa pada paruh pertama 2021/2022 ini, tetapi kesulitan menjadi pilihan utama.

Ia hanya bertahan singkat tanpa perkembangan yang signifikan. The Red Devils lantas kembali meminjamkannya, kali ini menuju Napoli hingga akhir musim. Berkarier di luar Inggris merupakan sesuatu yang baru bagi Tuanzebe. Terlepas dari kenyataan itu, ia sudah dipercaya tampil dua kali bersama klub berjuluk Partenopei tersebut.

5. Ainsley Maitland-Niles

5 Pemain Inggris yang Tengah Berkarier di Serie A, Ada Nama Baru!Ainsley Maitland-Niles (twitter.com/OfficialASRoma)

Ainsley Maitland-Niles resmi dipinjamkan Arsenal ke AS Roma pada musim dingin 2022 ini. Ia bakal berseragam Il Giallorosso hingga akhir musim 2021/2022 nanti. Kehadiran Maitland-Niles makin menambah daftar pemain Inggris di skuad AS Roma. Ia menyusul Chris Smalling dan Tammy Abraham di klub ibukota Italia itu.

Bagi kariernya sendiri, pindah ke AS Roma bisa menjadi titik tolak yang menentukan. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat karier Maitland-Niles di Arsenal cenderung stagnan meski sudah bertahan lama. Ia tak mampu menggusur pemain-pemain lain yang membuatnya hanya menjadi pemanas bangku cadangan The Gunners.

Kedatangan Tuanzebe dan Maitland-Niles ke Italia makin menyemarakkan aura pemain Inggris yang tengah berkelana di Serie A. Kira-kira, siapakah pemain Inggris lain yang bakal mengikuti jejak mereka? Menarik untuk kita nantikan.

Baca Juga: 5 Pemain Top Inggris yang Musim Ini Berkarier di Luar Premier League

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya