Dipinjam Dulu, 5 Pemain Ini Akhirnya Dipermanenkan oleh PSG

Kylian Mbappe salah satunya!

Paris Saint-Germain bertransformasi menjadi salah satu tim besar sejak sedekade terakhir. Puncaknya, saat Le Parisiens diakuisisi oleh investor asal Qatar, mereka gemar merekrut pemain-pemain berharga mahal. Hal itu berbuah manis dengan keberhasilannya mendominasi kancah sepak bola domestik di Prancis.

Untuk urusan transfer pemain, PSG menunjukkan tajinya dengan merekrut Neymar dari Barcelona di musim panas 2017 lalu. Tak hanya merekrut pemain saja, dalam beberapa bursa transfer belakangan, Le Parisiens kerap meminjam pemain dari klub lain dan dipermanenkan di akhir musim. Seperti 5 pemain berikut ini. Check this out!

1. Danilo Pereira

Dipinjam Dulu, 5 Pemain Ini Akhirnya Dipermanenkan oleh PSGDanilo Pereira (twitter.com/SmartAtuadi)

Demi memperkuat kedalaman di lini tengah, PSG menggaet Danilo Pereira dengan status pinjaman di musim panas 2020. Pereira direkrut dari Porto, dan memiliki opsi pembelian permanen di akhir musim. Keputusan Le Parisiens untuk mendatangkannya ternyata bukanlah pilihan yang buruk, Pereira tampil begitu impresif.

Beroperasi sebagai gelandang jangkar, pemain yang punya keturunan Guinea Bissau ini mampu menjadi penetralisir serangan yang baik. Kemampuannya membaca permainan lawan membuat Pereira begitu diandalkan dengan catatan 45 penampilan. Tak heran bila PSG mengaktifkan opsi pembelian permanen untuknya seharga 16 juta euro atau sekitar Rp275 miliar.

2. Serge Aurier

Dipinjam Dulu, 5 Pemain Ini Akhirnya Dipermanenkan oleh PSGSerge Aurier (eurosport.com)

Awal mula perjalanan Serge Aurier di PSG berawal dari sebuah kesepakatan pinjaman. Ia diboyong Le Parisiens dari Toulouse di musim 2014/2015 guna mengisi pos bek kanan tim. Kesempatan itu tak disia-siakan begitu saja olehnya. Aurier mampu memikat manajemen PSG di musim pertamanya di Paris.

Setelah musim debut yang apik, Aurier akhirnya dipermanenkan oleh Le Parisiens usai ditebus seharga 10 juta euro atau sekitar Rp172 miliar. Pemain asal Pantai Gading itu bertahan selama 2 musim di Prancis dengan mengantongi 81 penampilan. Setelahnya, Aurier resmi dilepas ke Tottenham Hotspur di musim panas 2017.

Baca Juga: AC Milan Pengen Serge Aurier? Siapkan Duit Rp287 Miliar!

3. Sergio Rico

Dipinjam Dulu, 5 Pemain Ini Akhirnya Dipermanenkan oleh PSGSergio Rico (sportsfinding.com)

Tak cuma Keylor Navas, PSG juga mendatangkan kiper lain di bursa transfer musim panas 2019 lalu. Kiper itu adalah Sergio Rico yang direkrut dari Sevilla dengan status pinjaman selama semusim. Rico diproyeksikan sebagai pengganti Alphonse Areola yang hijrah ke Real Madrid di waktu yang sama.

Kiprahnya di Paris memang tak begitu mulus lantaran Rico yang hanya berstatus pelapis. Sejauh ini, ia baru mencatatkan 23 penampilan untuk Le Parisiens di semua kompetisi. Meskipun begitu, manajemen PSG tetap mengaktifkan opsi pembelian permanen di akhir musim usai mengeluarkan dana 6 juta euro atau sekitar Rp103 miliar.

4. Kylian Mbappe

Dipinjam Dulu, 5 Pemain Ini Akhirnya Dipermanenkan oleh PSGKylian Mbappe (goal.com)

Tak mau dibajak klub lain, Paris Saint-Germain bergerak cepat mendatangkan Kylian Mbappe. Ia yang baru saja juara Ligue 1 bersama AS Monaco itu akhirnya setuju pindah ke Paris di musim berikutnya. Akan tetapi, proses kepindahannya yang bakal memakan biaya besar membuat Mbappe terlebih dulu dipinjamkan selama semusim.

Ekspektasi tinggi yang dibebankan untuknya berhasil Mbappe buktikan dengan apik. Ia tampil menggebrak di lini depan Le Parisiens lewat rentetan gol-gol yang terus datang. Alhasil, di musim panas 2018,  manajemen PSG memilih untuk mempermanenkannya dengan banderol 145 juta euro atau sekitar Rp2,5 triliun.

5. Mauro Icardi

Dipinjam Dulu, 5 Pemain Ini Akhirnya Dipermanenkan oleh PSGMauro Icardi (goal.com)

Mauro Icardi memutuskan untuk hengkang ke Paris Saint-Germain di musim 2019/2020 lalu. Di awal kedatangannya, ia cuma berstatus pinjaman selama semusim dari Inter Milan. Tak disangka, pemain berusia 28 tahun tersebut sukses tampil impresif dan menggusur Edinson Cavani yang posisinya kian di ujung tanduk. 

Manajemen Le Parisiens puas dengan musim pertama Icardi selama di Paris. Untuk itu, mereka akhirnya mempermanenkan Icardi dengan biaya fantastis, 50 juta euro atau sekitar Rp859 miliar. Ia masih bertahan hingga saat ini dan menjadi bagian penting di lini serang PSG bersama Neymar dan Kylian Mbappe.

Sebagian besar dari pemain di atas masih berkiprah untuk klub ibu kota Paris. Hanya Serge Aurier yang telah angkat kaki dan berkarier bersama klub lain.

Baca Juga: Barter Sensasional PSG dan Juventus, Icardi-Ronaldo

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya