Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Berhasil Dijual Lille dengan Harga Mahal

Didominasi para pemain muda!

Ligue 1 tak selalu tentang dominasi Paris Saint-Germain. Setidaknya, ada beberapa klub yang juga turut diperhitungkan, termasuk LOSC Lille. Klub berjuluk Les Dogues itu bahkan mampu memutus dominasi PSG dengan juara Ligue 1 pada 2020/2021.

Dari segi transfer pemain, Lille juga dikenal punya kebijakan yang mumpuni. Pasalnya, ada beberapa penjualan mahal Lille yang sejatinya dibeli murah pada bursa transfer. Mereka bersinar dan menarik perhatian dari klub-klub besar Eropa lainnya. Siapa saja pemain yang dimaksud?

1. Eden Hazard

Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Berhasil Dijual Lille dengan Harga MahalEden Hazard (twitter.com/ChelseaFC)

Lille tak perlu mengeluarkan biaya saat merekrut Eden Hazard. Per 2005, ia mulai bergabung ke dalam tim akademi Les Dogues. Hazard hanya butuh 3 tahun untuk menembus skuad utama Lille.

Ia bersinar di Prancis dan mengantarkan Lille juara Ligue 1 2010/2011. Tercatat, Hazard sukses membukukan 50 gol dan 53 assist dari 194 penampilan di semua kompetisi.

Performa apiknya bersama Les Dogues dipantau Chelsea. Hazard akhirnya bergabung ke klub berjuluk The Blues itu seharga 35 juta euro atau sekitar Rp549 miliar pada 2012.

2. Rafael Leao

Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Berhasil Dijual Lille dengan Harga MahalRafael Leao (twitter.com/RafaeLeao7)

Lille memperoleh keuntungan besar dari penjualan Rafael Leao. Padahal pemain berpaspor Portugal itu hanya bertahan semusim. Semua diawali saat Les Dogues merekrutnya dari Sporting Lisbon pada musim panas 2018.

Direkrut secara gratis, Leao tampil menjanjikan dengan koleksi 8 gol dan 2 assist di semua kompetisi. Catatan itu sepertinya sudah cukup menarik bagi AC Milan untuk mendaratkannya ke San Siro.

Leao ditebus dengan banderol 29,5 juta euro atau sekitar Rp463 miliar. Keputusan Rossoneri itu berbuah manis. Kehadiran Leao makin mendongkrak lini serang AC Milan menjadi lebih tajam.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir Lille yang dilepas ke EPL, Sven Botman Terbaru

3. Victor Osimhen

Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Berhasil Dijual Lille dengan Harga MahalVictor Osimhen (twitter.com/victorosimhen9)

Ekspansi Lille dalam merekrut pemain berbakat tak main-main. Sebut saja pada perekrutan Victor Osimhen. Pemuda Nigeria itu direkrut dari klub Belgia, RSC Charleroi, seharga 22 juta euro atau sekitar Rp345 miliar pada 2019 lalu.

Investasi yang dijalankan Lille itu berbuah keuntungan besar. Osimhen sejatinya hanya membela Les Dogues selama semusim. Namun, ia sukses bersinar di lini depan dengan raihan 18 gol dari 38 penampilan.

Pada musim panas 2020, Osimhen dijual ke Napoli dengan biaya fantastis, 75 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun. Transfer itu menjadikannya sebagai rekrutan termahal sepanjang masa Partenopei.

4. Nicolas Pepe

Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Berhasil Dijual Lille dengan Harga MahalNicolas Pepe (twitter.com/Squawka)

Biaya 18 juta euro atau sekitar Rp282 miliar dikeluarkan Lille untuk memboyong Nicolas Pepe pada 2017. Hasilnya tak sia-sia. Pepe menjelma jadi salah satu andalan Les Dogues dengan aksi apiknya di sisi sayap.

Selama 2 musim bersama Lille, Pepe berhasil mencetak 37 gol dan 18 assist. Ia diburu beberapa klub top Eropa, hingga Arsenal menjadi yang terdepan untuk mendapatkan jasa pemain Pantai Gading itu.

The Gunners sampai rela memecahkan rekor transfer klub demi mendapatkan Pepe. Biaya 80 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun dikeluarkan untuk membawanya ke Negeri Ratu Elizabeth.

5. Sven Botman

Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Berhasil Dijual Lille dengan Harga MahalSven Botman (twitter.com/FabrizioRomano)

Lille berhasil memoles talenta Sven Botman menjadi salah satu bek muda jempolan. Dibeli dari Ajax seharga 8 juta euro atau sekitar Rp125 miliar, Botman menunjukkan performa menjanjikan di jantung pertahanan.

Pada musim debutnya, ia bahkan membawa Lille menjadi kampiun Ligue 1. Botman telah tampil dalam 79 pertandingan di semua kompetisi dengan balutan jersei Les Dogues.

Tak heran apabila pemain Belanda itu jadi incaran klub besar. Terbaru, Botman sepakat bergabung dengan Newcastle United. Menurut laporan Fabrizio Romano, The Magpies memboyongnya seharga 37 juta euro atau sekitar Rp581 miliar.

Lille mendapatkan keuntungan besar dalam penjualan para pemainnya ke klub lain. Akankah ada nama baru yang bisa memecahkan rekor penjualan termahal Les Dogues?

Baca Juga: 11 Potret Timothy Weah, Pemain Bintang Lille Asal Amerika Serikat

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya