Comscore Tracker

Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Disulap AS Monaco Jadi Hebat dan Mahal

Dijual dengan harga fantastis!

AS Monaco dikenal sebagai salah satu tim kuat Ligue 1. Klub berjuluk Les Rouge et Blanc ini bahkan pernah mematahkan dominasi PSG dengan menjadi kampiun Ligue 1 2016/2017 lalu. Hal tersebut membuktikan bahwa AS Monaco bukanlah tim sembarangan.

Kehebatan AS Monaco bersaing di papan atas didukung dengan materi pemain yang mumpuni. Dalam beberapa musim terakhir, setidaknya AS Monaco sukses melahirkan pemain-pemain jempolan yang dilirik banyak klub besar. Kira-kira, siapa sajakah mereka?

1. Thomas Lemar

Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Disulap AS Monaco Jadi Hebat dan MahalThomas Lemar (twitter.com/brfootball)

AS Monaco menjadi saksi di balik perkembangan pesat karier seorang Thomas Lemar. Saat merekrutnya, Les Rouge et Blanc hanya perlu membayar 4 juta euro atau sekitar Rp62 miliar pada 2015 lalu. AS Monaco sukses mengasah potensi Lemar di atas lapangan hingga dilirik banyak klub top Eropa.

Selama tiga musim, pemain asal Prancis itu tampil menjanjikan di lini tengah AS Monaco. Lemar membukukan 22 gol dan 33 assists dari 127 penampilan yang ia jalani.

Performa apik yang ia tunjukkan akhirnya menarik minat Atletico Madrid. Lemar lantas diboyong ke Spanyol seharga 72 juta euro atau setara Rp1,1 triliun.

2. Anthony Martial

Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Disulap AS Monaco Jadi Hebat dan MahalAnthony Martial (twitter.com/WeStreamFM)

Anthony Martial hanya membela AS Monaco selama dua musim. Meski terhitung singkat, kualitas Martial justru menjadi properti panas di bursa transfer.

Ia awalnya direkrut Les Rouge et Blanc seharga 5 juta euro atau setara Rp78 miliar pada musim panas 2013. Setelahnya, Martial mampu berkembang bersama AS Monaco. Ia tampil impresif di sisi sayap dengan koleksi 15 gol dan 8 assists di berbagai ajang.

Dengan potensinya yang cukup menjanjikan, Manchester United menjadi klub terdepan untuk mengamankan jasa Martial. Setan Merah rela menebusnya seharga 60 juta euro atau setara Rp934 miliar pada awal musim 2015/2016.

Baca Juga: 5 Pemain Top Ini Membela AS Monaco di Usia Muda, Martial hingga Mbappe

3. Bernardo Silva

Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Disulap AS Monaco Jadi Hebat dan MahalBernardo Silva (twitter.com/NMunegu)

Pada mulanya, Bernardo Silva hanyalah pemain pinjaman dari Benfica. Ia sukses menunjukkan permainan apik hingga jasanya dipermanenkan oleh manajemen AS Monaco. Saat itu, Silva ditebus dengan banderol 16 juta euro atau sekitar Rp249 miliar. Keputusan tersebut nyatanya berbuah manis.

Pemain asal Portugal itu jadi salah satu aktor utama di balik kejayaan Les Rouge et Blanc menjuarai Ligue 1 2016/2017. Sesaat setelah keberhasilan itu, Manchester City melayangkan tawaran untuknya. Silva lantas pindah ke Inggris dengan banderol senilai 50 juta euro atau sekitar Rp779 miliar.

4. Kylian Mbappe

Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Disulap AS Monaco Jadi Hebat dan MahalKylian Mbappe (twitter.com/ChampionsLeague)

AS Monaco mendapatkan keuntungan besar dalam penjualan Kylian Mbappe. Ia sejatinya sudah membela Les Rouge et Blanc sejak masih di tim akademi.

Mbappe didatangkan secara gratis pada 2013 lalu. Dari waktu ke waktu, AS Monaco sukses mengeksplorasi potensinya hingga dilirik banyak klub top Eropa. Terlebih sejak promosi ke tim senior pada 2015, nama Mbappe makin naik daun.

Ia membawa AS Monaco menjuarai Ligue 1 hingga dibidik klub kaya raya Prancis, PSG. Mbappe mulanya pindah dengan status pinjaman. Namun, pada musim panas 2018, ia dipermanenkan dengan biaya 180 juta euro atau sekitar Rp2,8 triliun.

5. Aurelien Tchouameni

Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Disulap AS Monaco Jadi Hebat dan MahalAurelien Tchouameni (twitter.com/goal)

Paling hangat tentu mengenai kepindahan Aurelien Tchouameni ke Real Madrid. Ia menjadi salah satu rekrutan mahal Los Blancos usai ditebus seharga 80 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun dari AS Monaco. Dana segar semahal itu membawa keuntungan berkali-kali lipat bagi Les Rouge et Blanc.

Tchouameni sejatinya membela AS Monaco sejak awal 2020. Ia direkrut dari Bordeaux dengan banderol 18 juta euro atau setara Rp280 miliar. Namun, berkat kemahiran AS Monaco, bakat Tchouameni sukses berkembang sebagai salah satu gelandang muda prospektif Prancis di masa depan.

 

Meski menjual banyak pemainnya ke klub top Eropa, AS Monaco mampu konsisten bersaing di papan atas Ligue 1. Kira-kira, siapakah nama baru yang bakal mengikuti jejak kelima pemain di atas? 

Baca Juga: 6 Transfer yang Pernah Dilakukan antara Real Madrid dan AS Monaco

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya