Sempat Pindah, 5 Pemain Aktif Ini Kembali Pulang ke Klub Lamanya

Romelu Lukaku kembali pulang ke Chelsea

Jendela transfer selalu menghadirkan cerita tersendiri setiap waktunya. Yang paling ditunggu-tunggu dalam periode ini tentu mengenai kepindahan tiap pemain menuju klub barunya. Ada yang pindah ke klub papan atas, ada juga yang harus tersingkir dari skuad serta hengkang ke tim papan bawah. Semua hal tersebut bakal menyita atensi para penggemar sepak bola.

Hal tersebut juga terjadi di bursa transfer musim panas tahun ini. Sederet pemain telah memutuskan untuk berganti klub. Salah satu nama yang paling disorot adalah Romelu Lukaku. Kepindahannya ke Chelsea beberapa saat yang lalu makin menambah catatan pemain aktif yang pulang ke klub lamanya. Termasuk Lukaku, berikut 5 pemain top yang memilih kembali ke klub lamanya.

1. Alvaro Morata

Sempat Pindah, 5 Pemain Aktif Ini Kembali Pulang ke Klub LamanyaAlvaro Morata (goal.com)

Alur perjalanan karier Alvaro Morata cenderung unik dan jarang ditemui dari pesepak bola lainnya. Memulai kariernya di tim akademi Atletico Madrid, nama Morata justru mulai mekar sewaktu bermain untuk tim rival sekota, Real Madrid. Ia dipromosikan ke skuad utama Los Blancos musim 2013/2014, tetapi gagal menggeser dominasi trio BBC di lini depan.

Morata lantas dilepas permanen ke Juventus musim berikutnya. Penampilan pemain berusia 28 tahun itu bersama Bianconeri kian meningkat dan produktif dalam urusan mencetak gol. Hal tersebut membangkitkan kembali minat Madrid untuk membawa pulang Morata. Setelahnya, ia sempat berkelana ke Chelsea walaupun gagal bersinar.

Musim dingin 2019 lalu, Morata kembali berseragam Atletico Madrid. Akan tetapi, performanya justru makin menurun dan seret gol. Tak pelak Atletico memilih untuk meminjamkannya ke klub lain. Klub yang dimaksud adalah Juventus, tim yang tidak asing bagi Morata. Ia digaet sejak musim lalu dan masih berstatus sebagai pemain Si Nyonya Tua hingga sekarang.

2. Eric Garcia

Sempat Pindah, 5 Pemain Aktif Ini Kembali Pulang ke Klub LamanyaEric Garcia (twitter.com/BarcaWorldwide)

Petualangan berbeda menanti Eric Garcia bersama klub barunya, Barcelona. Ini bukanlah romansa pertama antara keduanya. Garcia memulai karier sepak bolanya dengan bergabung ke La Masia, tim akademi milik La Blaugrana. Selama 9 tahun menimba ilmu di sana, Garcia mendapat tawaran dari klub ternama Premier League, Manchester City.

Tawaran menggiurkan tersebut diterima Garcia yang sempat kesulitan di tim muda Barcelona. Kepindahannya terealisasi pada musim panas 2017 lalu. Datang untuk bergabung ke tim U-18 City, tak butuh waktu lama bagi Garcia menembus skuad utama The Cityzens. Ia naik kasta ke tim inti di musim 2019/2020. Hanya saja, Garcia gagal tampil reguler dan cuma berstatus pelapis. Kontraknya berakhir di musim lalu dan ia memilih pulang untuk membela Barcelona.

Baca Juga: 9 Fakta Eric Garcia, Bek Anyar Barça yang Sedang Naik Daun 

3. Mats Hummels

Sempat Pindah, 5 Pemain Aktif Ini Kembali Pulang ke Klub LamanyaMats Hummels (bavarianfootballworks.com)

Pengalaman langka dilalui Mats Hummels dalam karier profesionalnya. Pamor pemain asal Jerman tersebut mulai menanjak sewaktu membela Borussia Dortmund. Namun, di balik itu, ada peran vital Bayern Munchen yang merupakan klub masa kecil Hummels. Sebelum bergabung ke Die Borussen, ia menimba ilmu di tim akademi Munchen.

Sempat promosi ke skuad utama Munchen musim 2007/2008, Hummels justru dilepas permanen ke Borussia Dortmund semusim berikutnya. Di titik inilah karier Hummels kian melambung sebagai salah satu bek terbaik yang dimiliki Jerman. Ia pernah memilih pulang ke Munchen di musim 2016/2017 lalu dan bertahan selama 3 tahun. Setelahnya, Hummels kembali ke Borussia Dortmund dan menjadi salah satu pemain paling berpengaruh.

4. Paul Pogba

Sempat Pindah, 5 Pemain Aktif Ini Kembali Pulang ke Klub LamanyaPaul Pogba (eurosport.com)

Paul Pogba mulai menapaki kariernya di Premier League sejak tahun 2009 silam. Bergabung ke tim muda Manchester United, Pogba disebut-sebut sebagai prospek jangka panjang yang sangat menjanjikan. Secercah harapan pun muncul baginya sebagai gelandang masa depan Setan Merah. Alih-alih seperti itu, kenyataan berbeda justru dialami Pogba.

Kegagalan perpanjangan kontraknya bersama Setan Merah membuka jalan baru dalam karier pemain berusia 28 tahun tersebut. Ia akhirnya bergabung ke Juventus musim panas 2012 lalu. Keputusan Pogba itu berbuah manis dengan performanya yang sukses menyita perhatian banyak pihak. Tak ayal United kepincut dan ingin membawa pulang Pogba ke Old Trafford. Transfer tersebut terealisasi musim 2016/2017 lalu dengan nominal fantastis, 105  juta euro atau sekitar Rp1,8 triliun.

5. Romelu Lukaku

Sempat Pindah, 5 Pemain Aktif Ini Kembali Pulang ke Klub LamanyaRomelu Lukaku (instagram.com/chelseafc)

Romelu Lukaku bakal menjalani periode keduanya bersama Chelsea musim ini. Berbeda dengan periode pertamanya, kini Lukaku tiba ke Stamford Bridge sebagai salah satu penyerang terbaik di dunia. Reputasinya itu ditorehkan Lukaku saat membela Inter Milan selama 2 musim belakangan. Ia tampil produktif dan membawa Nerazzuri merengkuh Scudetto.

Dalam proses kepindahannya ke Chelsea, Lukaku ditebus dengan kocek selangit, yaitu 115 juta euro atau sekitar Rp1,9 triliun. Ekspektasi tinggi dibebankan untuknya mengingat sepanjang musim lalu The Blues punya permasalahan akut di lini serang yang acap kali tumpul. Timo Werner yang didatangkan untuk mengatasi masalah itu justru dinilai gagal tampil impresif di musim debutnya.

 

Menerka kepindahan seorang pemain ke klub lain sulit untuk ditebak. Beragam alasan juga berpengaruh besar di balik keputusan tiap pemain tersebut dalam menentukan klub barunya. Siapa pemain favoritmu?

Baca Juga: 5 Alasan Chelsea Bisa Jadi Juara Premier League, Ada Faktor Lukaku

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya