5 Pemain Ini Meninggalkan Juventus Secara Gratis pada Musim Panas 2022

Paulo Dybala salah satunya

Juventus mengalami perubahan skuad besar-besaran pada bursa transfer musim panas 2022. Bagaimana tidak, Si Nyonya Tua berani melepas banyak pemainnya ke klub lain saat itu.

Selain menjual pemain, seperti Matthijs de Ligt hingga Merih Demiral, Juventus juga mengambil langkah berani dengan melepas beberapa pemain secara gratis lantaran kontraknya berakhir. Itu termasuk Paulo Dybala yang akhirnya bergabung dengan AS Roma.

Berikut pemain yang dilepas Juventus secara gratis pada musim panas 2022.

1. Aaron Ramsey

5 Pemain Ini Meninggalkan Juventus Secara Gratis pada Musim Panas 2022Aaron Ramsey (instagram.com/aaronramsey)

Kebersamaan Juventus dan Aaron Ramsey akhirnya terhenti. Keduanya sepakat untuk melakukan pemutusan kontrak yang sejatinya berakhir pada Juni 2023 nanti. Hal ini dilakukan Juventus mengingat usia Ramsey yang kian menua serta beban gaji yang cukup tinggi.

Usai berpisah, Ramsey langsung menemukan klub baru. Ia resmi diikat kontrak oleh OGC Nice selama 1 musim. Kehadiran pemain asal Wales itu menambah deretan nama-nama beken yang juga bergabung ke Ligue 1 Prancis pada musim panas 2022, seperti Ross Barkley hingga Kasper Schmeichel.

2. Federico Bernardeschi

5 Pemain Ini Meninggalkan Juventus Secara Gratis pada Musim Panas 2022Federico Bernardeschi (instagram.com/fbernardeschi)

Pengabdian Federico Bernardeschi di Juventus terhenti pada musim kelima. Kontraknya berakhir dan urung diperpanjang manajemen Si Nyonya Tua. Bernardeschi lantas menjadi salah satu pemain gratisan yang sempat berstatus tanpa klub pada bursa transfer musim panas 2022 lalu.

Pada usianya yang masih 28 tahun, ia sejatinya masih layak berkarier di liga top Eropa. Namun, ia memilih merantau ke Amerika Serikat. Bernardeschi menyusul jejak Lorenzo Insigne untuk bergabung dengan salah satu klub Major League Soccer (MLS), Toronto FC.

Baca Juga: Sempat Tak Akur dengan Messi, Dybala Akhirnya Dipanggil Argentina

3. Douglas Costa

5 Pemain Ini Meninggalkan Juventus Secara Gratis pada Musim Panas 2022Douglas Costa (instagram.com/douglascosta)

Cedera menjadi faktor terbesar penurunan performa Douglas Costa. Hal ini berimbas pada kariernya yang mulai tak menentu. Ia tak lagi menjadi pilihan utama di Juventus dan harus menjalani sejumlah peminjaman ke beberapa klub, seperti Bayern Munich, Gremio, hingga LA Galaxy.

Kontrak pemain berusia 32 tahun itu bersama Juventus habis pada musim panas 2022 lalu. Pada saat yang sama, LA Galaxy memanfaatkan momen tersebut untuk mengontraknya secara bebas transfer. Costa akhirnya menjadi milik tim yang berbasis di Los Angeles itu seutuhnya dengan durasi kontrak hingga Juni 2023.

4. Paulo Dybala

5 Pemain Ini Meninggalkan Juventus Secara Gratis pada Musim Panas 2022Paulo Dybala (instagram.com/paulodybala)

Negosiasi perpanjangan kontrak yang buntu menjadi alasan kuat Paulo Dybala berpisah dengan Juventus. Padahal, ia merupakan salah satu andalan Si Nyonya Tua sejak bergabung dari Palermo pada musim panas 2015.

Dengan rekam jejak yang dimilikinya, Dybala sempat dikaitkan dengan beberapa klub top. Pada akhirnya, AS Roma menjadi klub terdepan yang berhasil mengamankan jasa pemain berusia 29 tahun tersebut. Hal ini tak terlepas dari tangan dingin Jose Mourinho selaku pelatih Il Giallorosso.

5. Giorgio Chiellini

5 Pemain Ini Meninggalkan Juventus Secara Gratis pada Musim Panas 2022Giorgio Chiellini (instagram.com/giorgiochiellini)

Pemain terakhir yang juga berpisah dengan Juventus secara gratis pada musim panas 2022 adalah Giorgio Chiellini. Namanya sudah dianggap sebagai salah satu legenda Si Nyonya Tua lantaran menghabiskan 17 musim bersama. Chiellini juga berjasa besar dalam berbagai prestasi yang sukses direngkuh oleh Juventus.

Dengan usianya yang sudah menginjak 38 tahun, Chiellini sepakat untuk berpisah demi mencari tantangan baru. Dirinya lantas menerima tawaran dari salah satu klub top MLS, Los Angeles FC. Chiellini mendapatkan kontrak berdurasi 18 bulan.

Juventus mencoba menyusun ulang skuadnya dengan melepas sejumlah nama yang sejatinya menjadi andalan dalam beberapa musim terakhir. Namun, itu belum membuahkan hasil memuaskan. Juventus masih angin-anginan di Serie A Italia.

Baca Juga: 6 Pemain Aktif yang Cetak 100 Gol di Serie A selain Paulo Dybala

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya