Memanfaatkan Situasi, 5 Pemain Ini Sukses Menjadi Andalan Baru

Mereka menggusur pemain lain ke bangku cadangan

Kompetisi top Eropa tak hanya menawarkan rivalitas antarklub, tetapi juga persaingan antarpemain. Hal ini jelas bukan rahasia mengingat peta persaingan di berbagai liga yang sangat ketat.

Tiap klub berusaha semaksimal mungkin menyusun skuadnya dengan pemain-pemain yang konsisten dan berkontribusi besar. Sudah ada banyak kasus pemain yang sukses menjadi andalan baru timnya lantaran mampu memanfaatkan situasi.

1. Aaron Ramsdale

Memanfaatkan Situasi, 5 Pemain Ini Sukses Menjadi Andalan BaruAaron Ramsdale (twitter.com/Squawka)

Kritikan demi kritikan terus mengucur terhadap proses transfer Aaron Ramsdale ke Arsenal. Punya rekam jejak yang tak begitu bagus karena dua kali beruntun terdegradasi, perekrutan Ramsdale dinilai sebagai keputusan keliru. Terlebih pada awal kedatangannya, Ramsdale hanya berstatus pelapis Bernd Leno.

Semua berubah seketika sejak Leno acap kali inkonsisten di bawah mistar gawang The Gunners. Ramsdale yang diberikan kesempatan tampil tak melewatkan momentum tersebut untuk membuktikan kualitasnya. Ia dengan cepat tampil impresif dan menjadi kiper utama Arsenal hingga sekarang.

2. Alex Telles

Memanfaatkan Situasi, 5 Pemain Ini Sukses Menjadi Andalan BaruAlex Telles (twitter.com/AT13Oficial)

Sejak datang pertama kali ke Manchester United, Alex Telles tak mendapatkan jaminan untuk tampil reguler. Terlebih pada 2020/2021 lalu, kompetitornya di pos bek kiri, Luke Shaw, tengah tampil apik hingga nyaris tak tersentuh. Pemain berpaspor Brasil ini lebih sering menjadi penghias bangku cadangan United.

Kesempatan Telles menjadi pilihan utama terbuka lebar pada 2021/2022 ini. Hal tersebut dilatarbelakangi performa Shaw yang terus menurun. Kesalahan demi kesalahan yang ia perbuat berpengaruh terhadap permainan The Red Devils. Telles lantas mulai rutin dimainkan dan sudah dipercaya tampil 10 kali sejauh ini.

Baca Juga: 5 Eks Pemain Sunderland yang Kini Jadi Andalan di Klub Besar Eropa

3. Edouard Mendy

Memanfaatkan Situasi, 5 Pemain Ini Sukses Menjadi Andalan BaruEdouard Mendy (instagram.com/edou_mendy)

Kepa Arrizabalaga terus mendapat tekanan di Chelsea. Ia dinilai gagal membuktikan dirinya sebagai kiper termahal sepanjang sejarah. Seolah tak puas dengan performa kiper Spanyol itu, Chelsea akhirnya merekrut kiper baru, yaitu Edouard Mendy dari Rennes.

Rekam jejak Mendy sejatinya tak begitu familier lantaran hanya berkarier di sejumlah klub medioker Prancis. Namun, bukan berarti ia tak mampu bersaing di Chelsea. Dengan memanfaatkan situasi kelam yang dialami Kepa, kiper Senegal itu sukses menyegel kiper utama The Blues. Mendy tampil impresif dan baru kebobolan 47 kali dari 70 laga.

4. Diogo Jota

Memanfaatkan Situasi, 5 Pemain Ini Sukses Menjadi Andalan BaruDiogo Jota (twitter.com/ChampionsLeague)

Eksistensi trio sangar Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino mulai pudar dari waktu ke waktu. Hal ini terjadi usai kedatangan Diogo Jota ke Anfield pada 2020/2021 lalu. Sempat diprediksi bakal menjadi pelapis, pemain berusia 25 tahun itu justru sukses tampil melebihi ekspektasi.

Jota menunjukkan penampilan gemilang di lini depan The Reds. Situasi tersebut sejalan dengan kiprah Firmino yang kerap dihantam masalah, seperti cedera hingga inkonsistensi. Beberapa alasan tersebut membuat Jota makin di atas angin saat ini. Ia terus dipercaya menjadi pilihan utama dan sudah mengoleksi 25 gol.

5. Joao Cancelo

Memanfaatkan Situasi, 5 Pemain Ini Sukses Menjadi Andalan BaruJoao Cancelo (twitter.com/Squawka)

Pindah melalui skema barter dengan Danilo, awal kedatangan Joao Cancelo ke Manchester City sempat diragukan. Bagaimana tidak, berposisi sebagai bek kanan, ia tak mampu menggeser Kyle Walker yang telah menyegel posisi tersebut sejak lama. Cancelo cuma berstatus pelapis, terlebih pada musim debutnya.

Cancelo akhirnya mulai menemukan harapan baru bersama The Cityzens. Dimulai dari pos bek kiri yang bermasalah akibat inkonsistensi Benjamin Mendy dan Oleksandr Zinchenko, sang pelatih, Pep Guardiola, lantas bereksperimen. Ia menempatkan Cancelo di posisi tersebut dan ternyata berhasil. Cancelo tampil apik di posisi barunya itu hingga terus diandalkan sejauh ini.

Kelima pemain di atas berhasil menjelma sosok penting bagi timnya meski sempat kesulitan. Dengan adanya situasi yang tengah terjadi di timnya, mereka sukses memanfaatkan momentum tersebut sebaik mungkin.

Baca Juga: Jadi Andalan Fiorentina, 8 Pemain Ini Justru Juara bersama Klub Lain

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya