Sempat Kesulitan, 5 Pemain Ini Sukses Menunjukkan Kualitas Terbaiknya

Kini posisi mereka nyaris tak tergantikan

Bagi kebanyakan pemain sepak bola, pindah ke klub lain bukanlah hal baru. Berganti jersey, maka berganti pula rekan setim dan suasananya.

Sering kali ada beberapa pemain yang kesulitan usai hengkang ke klub lain. Mereka bisa tak kunjung tampil impresif. Sama halnya dengan kelima pemain ini. Meski begitu, dengan usaha keras yang dijalani, mereka sukses menunjukkan kualitas terbaiknya.

1. Thibaut Courtois

Sempat Kesulitan, 5 Pemain Ini Sukses Menunjukkan Kualitas TerbaiknyaThibaut Courtois (twitter.com/thibautcourtois)

Thibaut Courtois didatangkan Real Madrid pada 2018/2019. Ia hadir sekaligus merebut posisi kiper utama dari tangan Keylor Navas. Meski tampil reguler pada musim debutnya, penampilan Courtois justru tak maksimal. Ia kebobolan 48 kali dari 35 penampilan dan sering membuat sejumlah kesalahan.

Akibat musim debutnya yang buruk, Courtois sempat dikabarkan akan dilepas Los Blancos. Tengah berada di titik terendah ternyata tak membuat performa Courtois kian anjlok. Seolah belajar dari masa lalu, ia mulai menemukan performa terbaiknya. Courtois terus dipercaya tampil dengan segelintir penyelamatan heroiknya.

2. Joao Cancelo

Sempat Kesulitan, 5 Pemain Ini Sukses Menunjukkan Kualitas TerbaiknyaJoao Cancelo (twitter.com/premierleague)

Melalui kesepakatan barter dengan Danilo, Joao Cancelo menjadi milik Manchester City. Ia diproyeksikan sebagai kompetitor Kyle Walker di pos bek kanan. Namun, Walker yang terlalu dominan membuat menit bermain pemain Portugal itu terbatas. Cancelo hanya jadi pelapis pada musim debutnya.

Kesempatan besar muncul usai sisi kiri pertahanan The Cityzens bermasalah. Sang pelatih, Pep Guardiola, membuat eksperimen dengan menempatkan Cancelo di posisi tersebut. Meski bukan posisi aslinya, ia justru tampil impresif. Cancelo mematenkan status bek kiri utama Manchester City untuk dirinya.

Baca Juga: 5 Pemain Top Portugal yang Pernah Membela Valencia, Ada Joao Cancelo!

3. Thiago Alcantara

Sempat Kesulitan, 5 Pemain Ini Sukses Menunjukkan Kualitas TerbaiknyaThiago Alcantara (twitter.com/Thiago6)

Sukses besar bersama Bayern Munchen, Thiago Alcantara memulai perjalanan baru. Ia hijrah ke Liverpool pada musim panas 2020 lalu untuk mencari tantangan baru. Meski berpengalaman lantaran pernah membela Barcelona dan Die Bayern, pemain berusia 30 tahun itu cukup kesulitan berkiprah di Inggris.

Permainannya dinilai tak cocok dengan skema yanng diterapkan Jurgen Klopp. Semuanya makin rumit lantaran Thiago harus bolak-balik ke meja perawatan. Usai musim debutnya yang tak berjalan mulus, kini Thiago mulai mencuri atensi. Performanya meningkat pada 2021/2022 ini dan telah mendapatkan kepercayaan penuh.

4. Marc-Andre ter Stegen

Sempat Kesulitan, 5 Pemain Ini Sukses Menunjukkan Kualitas TerbaiknyaMarc-Andre ter Stegen (twitter.com/mterstegen1)

Meski mengantarkan Barcelona meraih treble winners pada 2014/2015, langkah terjal harus dilalui Marc-Andre ter Stegen. Ia terpaksa berbagi menit bermain dengan Claudio Bravo, kiper Barca lainnya yang lebih sering tampil. Tak ayal kiper asal Jerman itu hanya membuat 21 penampilan pada musim debutnya.

Seiring berjalannya waktu, Marc-Andre ter Stegen mendapatkan kesempatan besar. Kepergian Bravo ke Manchester City menjadi jalan mulus baginya untuk jadi kiper utama. Momen tersebut dimanfaatkannya sebaik mungkin. Ia berhasil menyegel status kiper nomor satu Barca yang terus mendominasi hingga sekarang.

5. Vinicius Jr

Sempat Kesulitan, 5 Pemain Ini Sukses Menunjukkan Kualitas TerbaiknyaVinicius Jr (twitter.com/realmadrid)

Vinicius Jr sudah membela Real Madrid sejak 2018. Meski begitu, performanya tak langsung meningkat. Ia harus melewati musim yang cenderung stagnan hingga akhirnya bersinar. Sempat dikritik banyak pihak, kini Vinicius sukses mematahkan keraguan tersebut melalui aksi apiknya di atas lapangan.

Diasuh Carlo Ancelotti, performa Vinicius seketika menggila. Ia tampil moncer dengan koleksi 15 gol dan 10 assist pada 2021/2022 ini. Vinicius juga membentuk duet mematikan bersama Karim Benzema yang jadi andalan utama Real Madrid dalam mengarungi berbagai kompetisi.

Kelima pemain di atas berhasil membuktikan dirinya layak jadi pilihan utama. Meski sempat mengalami kesulitan, kini mereka telah diandalkan sepenuhnya oleh klub yang dibela masing-masing. Siapa favoritmu?

Baca Juga: Ada Vinicius, 5 Winger Muda Brasil yang Tampil Menjanjikan Sejauh Ini

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya