Comscore Tracker

Alami Cedera, 5 Pemain Ini Terpaksa Dicoret dari Piala Eropa 2020

Cedera menghalangi mereka untuk tampil di Piala Eropa 2020

Piala Eropa 2020 telah resmi bergulir beberapa hari yang lalu. Dimulai dengan laga pembuka Timnas Italia kontra Turki pada Jumat (11/6/2021), gelaran akbar di Benua Eropa ini bakal menghibur penggemar sepak bola selama sebulan ke depan. Maklum, sederet pemain top berpartisipasi di Piala Eropa kali ini.

Namun, ternyata ada juga beberapa pemain yang justru gagal tampil di Piala Eropa. Sempat masuk ke dalam 26 pemain di skuad timnas negaranya, 5 pemain top ini terpaksa dicoret karena mengalami cedera dan digantikan oleh pemain lain. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Jasper Cillessen

Alami Cedera, 5 Pemain Ini Terpaksa Dicoret dari Piala Eropa 2020Jasper Cillessen (twitter.com/goal)

Setelah kehilangan Virgil van Dijk, Timnas Belanda harus menerima pil pahit usai kembali ditinggal pilar kuncinya di lini pertahanan. Kiper utama De Oranje, Jasper Cillessen, terpaksa harus melewatkan Piala Eropa 2020 karena terpapar Covid-19. Padahal, ia merupakan kiper utama Belanda selama beberapa tahun terakhir.

Menyikapi hal tersebut, pelatih Timnas Belanda, Frank de Boer, langsung menyiapkan kiper pengganti. Marco Bizot, kiper PSV Eindhoven, bakal mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan Cillessen. Untuk status kiper utama De Oranje, tampaknya bakal diperebutkan oleh Tim Krul dan Maarten Stekelenburg.

2. Lorenzo Pellegrini

Alami Cedera, 5 Pemain Ini Terpaksa Dicoret dari Piala Eropa 2020Lorenzo Pellegrini (twitter.com/EURO2020)

Timnas Italia mengalami perubahan di dalam skuadnya untuk melakoni Piala Eropa 2020. Setelah memangkas daftar pemainnya menjadi 26 nama, Gli Azzurri juga terpaksa mencoret Lorenzo Pellegrini. Sejatinya, ia merupakan salah satu tumpuan Italia di lini tengah. Pellegrini juga telah berlatih bersama pemain Gli Azzurri lainnya dalam beberapa pekan terakhir.

Namun, kesempatannya untuk tampil di Piala Eropa 2020 harus buyar akibat mengalami cedera. Pellegrini menderita cedera otot di paha sewaktu berlatih pada Rabu (9/6/2021). Dengan jadwal yang sempit, ia diprediksi tak bisa pulih tepat waktu. Kepergian Pellegrini di skuad Italia langsung diisi gelandang Fiorentina, Gaetano Castrovilli.

Baca Juga: Timnas Italia yang Sempurna di Piala Eropa 2020

3. Joao Cancelo

Alami Cedera, 5 Pemain Ini Terpaksa Dicoret dari Piala Eropa 2020Joao Cancelo (skysports.com)

Joao Cancelo harus mengubur impiannya untuk bisa main di Piala Eropa 2020. Ia sempat menjadi bagian dari 26 pemain di skuad Timnas Portugal, tapi namanya terpaksa dicoret. Cancelo dikonfirmasi terpapar Covid-19 pada Minggu (13/6/2021). Setelahnya, pemain Manchester City ini langsung menjalani karantina di Budapest, Hungaria.

Kepergian Cancelo tentu merugikan Timnas Seleccao. Terlebih lagi, ia dipastikan absen 2 hari menjelang Timnas Portugal memulai kampanye di Piala Eropa 2020 kontra Hungaria. Untuk menggantikan slot bek kanan yang ditinggalkan Cancelo, Portugal memanggil pemain Manchester United yang tengah dipinjamkan ke AC Milan, Diogo Dalot.

4. Donny van de Beek

Alami Cedera, 5 Pemain Ini Terpaksa Dicoret dari Piala Eropa 2020Donny van de Beek (eurosport.com)

Tahun ini menjadi periode yang apes bagi Donny van de Beek. Usai tampil minim bersama Manchester United, van de Beek dipastikan juga tak dapat tampil di Piala Eropa 2020.  Kegagalannya main di ajang akbar Benua Biru itu tentu menjadi kabar tak sedap bagi van de Beek yang ingin mengembalikan kualitas terbaiknya.

Lewat pengumuman resmi Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB), van de Beek keluar dari skuad de Oranje lantaran mengalami cedera. Tak seperti kontestan lain yang memanggil pemain lain, Belanda di bawah asuhan Frank de Boer justru tak melakukan hal tersebut. Alhasil, De Oranje tampil di Piala Eropa 2020 dengan membawa 25 pemain.

5. Trent Alexander-Arnold

Alami Cedera, 5 Pemain Ini Terpaksa Dicoret dari Piala Eropa 2020Trent Alexander-Arnold (eurosport.com)

Cedera harus membuyarkan impian Trent Alexander-Arnold untuk tampil di Piala Eropa 2020. Ia mengalami cedera paha sewaktu tampil membela Timnas Inggris kontra Austria di laga uji coba pada Rabu (2/6/2021). Dengan masa pemulihan selama 4--6 pekan, Alexander-Arnold dipastikan gagal tampil di Piala Eropa kali ini.

Kehilangan Alexander-Arnold tampaknya tak terlalu berpengaruh bagi The Three Lions. Maklum, Timnas Inggris masih memiliki 3 bek kanan lain yang juga tak kalah mumpuni, yaitu Kieran Trippier, Kyle Walker, dan Reece James. Selain itu, posisi Alexander-Arnold digantikan oleh bek Brighton & Hove Albion, Ben White.

 

Para pemain top di atas harus menerima kenyataan tak dapat tampil di Piala Eropa 2020 karena mengalami cedera. Adakah pemain favoritmu yang masuk dalam daftar di atas?

Baca Juga: Pro Kontra Pengganti Trent Alexander-Arnold di Inggris

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya