Donnarumma Terbaru, 5 Pemain Italia yang Berkarier di Luar Serie A

Gianluigi Donnarumma resmi hijrah ke PSG!

Gianluigi Donnarumma akhirnya memilih PSG sebagai klub barunya musim panas tahun ini. Ia menjadi rekrutan keempat Le Parisiens setelah Georginio Wijnaldum, Achraf Hakimi, dan Sergio Ramos. Kepindahan Donnarumma ke Prancis kian menambah deretan pemain asal Italia yang berkarier di luar Serie A.

Mirip dengan pemain Inggris yang banyak berkarier di Premier League, pemain asal Negeri Pizza juga melakukan hal serupa dengan membela klub-klub di negeri sendiri. Hanya ada beberapa pemain top yang memilih merantau ke liga negara lain. Nah, termasuk Donnarumma, berikut 5 pemain Italia yang kini berkarier di luar Serie A.

1. Moise Kean

Donnarumma Terbaru, 5 Pemain Italia yang Berkarier di Luar Serie AMoise Kean (eurosport.it)

Sadar bakal kesulitan menembus pilihan utama di Juventus, Moise Kean memutuskan hengkang ke Everton musim panas 2019. Namun, sesuatu yang tak diharapkan justru menerpa karier Kean selama di Inggris. Ia tampil di bawah ekspektasi dan hanya mencetak 4 gol di musim debutnya untuk The Toffees.

Setelah musim yang amat pahit itu, Kean akhirnya dipinjamkan ke Paris Saint-Germain. Ia sejatinya diprediksi tak tampil istimewa di Paris lantaran lini depan Le Parisiens yang sudah gemuk. Namun, Kean mematahkan anggapan itu dengan koleksi 17 gol dan 1 assist serta merengkuh 2 titel domestik.

2. Emerson Palmieri

Donnarumma Terbaru, 5 Pemain Italia yang Berkarier di Luar Serie AEmerson Palmieri (sempreinter.com)

Emerson Palmieri didatangkan Chelsea sebagai back-up Marcos Alonso di pos bek kiri. Selama berseragam The Blues, Emerson memang tak mampu tampil reguler. Ia cuma mencatatkan 72 penampilan sejauh ini dengan torehan 2 gol dan 5 assist. Terlebih lagi di musim 2020/2021, posisinya di skuad utama Chelsea tak lagi aman.

Gebrakan Chelsea yang memboyong bek kiri anyar, Ben Chilwell, makin menenggelamkan karier Emerson. Pemain berusia 26 tahun tersebut lebih akrab dengan bangku cadangan meski sukses merengkuh titel Liga Champions musim lalu. Dengan masa depannya yang makin rumit, Emerson santer dirumorkan bakal hengkang dari Chelsea.

Baca Juga: Emerson Palmieri Diincar oleh 2 Klub Italia, Juventus dan Inter Milan

3. Marco Verratti

Donnarumma Terbaru, 5 Pemain Italia yang Berkarier di Luar Serie AMarco Verratti (eurosport.fr)

Lini tengah Paris Saint-Germain selalu dihiasi nama Marco Verratti dalam beberapa musim terakhir. Ia telah bersama Le Parisiens sejak tahun 2012 lalu dan masih bertahan hingga sekarang. Peran vitalnya di dalam permainan PSG membuat Verratti sulit tergantikan oleh gelandang lain.

Ia telah mencatatkan 346 penampilan untuk Le Parisiens dengan koleksi 9 gol dan 58 assist. Raihannya makin spesial lewat berbagai trofi yang Verratti raih selama di Prancis, di antaranya 7 titel Ligue 1. Kendati nama-nama baru bermunculan, sosok Verratti tetap tak menghilang dari skuad utama PSG.

4. Jorginho

Donnarumma Terbaru, 5 Pemain Italia yang Berkarier di Luar Serie AJorginho (eurosport.com)

Penunjukan Maurizio Sarri sebagai pelatih Chelsea di musim 2018/2019 ikut menyeret Jorginho. Ia yang merupakan anak asuh Sarri sewaktu di Napoli turut dibawa ke London untuk menyempurnakan taktik sang pelatih. Keputusan itu memang terbilang jitu. Jorginho menjadi pilar utama di lini tengah The Blues.

Sekalipun Sarri sudah pergi, Jorginho tetap mendapatkan kepercayaan penuh di Chelsea. Ia sukses mencatatkan 141 penampilan dengan raihan 17 gol dan 4 assist. Pemain berusia 29 tahun tersebut juga membawa The Blues menggaet beberapa gelar prestisius, seperti titel Liga Europa dan Liga Champions.

5. Gianluigi Donnarumma

Donnarumma Terbaru, 5 Pemain Italia yang Berkarier di Luar Serie AGianluigi Donnarumma (twitter.com/mackolik)

Pemain Italia yang kini berkarier di luar Serie A terus bertambah. Terbaru, Gianluigi Donnarumma menyelesaikan proses kepindahannya menuju Paris Saint-Germain. Ia direkrut secara gratis usai kontraknya kedaluarsa bersama AC Milan. Donnarumma dikontrak hingga tahun 2026.

Keputusan kiper berusia 22 tahun itu untuk berpisah dengan Rossoneri sempat menuai kontroversi. Masalah kesepakatan besaran gaji yang tak kunjung menemukan kata sepakat membuat Donnarumma membulatkan tekadnya untuk pindah. Kini bersama PSG ia bakal menerima bayaran 12 juta euro atau sekitar Rp208 miliar per musim.

 

Selain beberapa nama di atas, masih ada pemain Italia lain yang juga berkarier di luar Serie A. Seperti Patrick Cutrone, eks pemain AC Milan yang kini mencoba pengalaman baru dengan membela Wolves.

Baca Juga: Donnarumma Banjir Kritik Usai Jadi Pemain PSG

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya