Comscore Tracker

Sempat Pindah, 5 Pemain Akademi La Masia Ini Kembali Membela Barcelona

Ada nama rekrutan baru!

Popularitas Barcelona sebagai salah satu tim besar Eropa tentu sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Tak hanya dari segi prestasi, Barca juga memiliki La Masia, akademi pengembangan pemain muda yang mumpuni melahirkan sosok-sosok berbakat.

Beberapa nama top lulusan akademi ini di antaranya adalah Lionel Messi, Xavi Hernandez, dan Andres Iniesta. Ketiganya tentu sudah sangat populer. Selain itu, ternyata ada juga sejumlah lulusan akademi La Masia yang kembali ke Barcelona usai membela klub lain. Siapa saja mereka?

1. Gerard Deulofeu

Sempat Pindah, 5 Pemain Akademi La Masia Ini Kembali Membela BarcelonaGerard Deulofeu (twitter.com/ChampionsLeague)

Gerard Deulofeu menjadi salah satu dari sekian jebolan akademi La Masia yang kariernya pesakitan. Bukan tanpa alasan mengingat perjalanan Deulofeu di tim utama La Blaugrana diwarnai berbagai kesepakatan pinjaman. Beberapa klub yang pernah disinggahinya adalah Sevilla dan Everton.

Bersama klub yang disebutkan terakhir, Deulofeu sempat dipermanenkan. Namun, hal tersebut tak berlangsung lama. Barca memutuskan untuk membawanya kembali ke Camp Nou pada 2017. Apes baginya, Deulofeu cuma bertahan setengah musim. Ia dilepas ke klub Premier League, Watford.

2. Jordi Alba

Sempat Pindah, 5 Pemain Akademi La Masia Ini Kembali Membela BarcelonaJordi Alba (twitter.com/totalBarca)

Jordi Alba sudah terbiasa dengan jersey Barcelona sejak anak-anak. Saat ini, ia juga masih berkarier untuk klub yang berbasis di Catalunya tersebut. Namun, Alba ternyata sempat singgah ke klub lain. Hal ini terjadi pada 2005 silam. Alba bergabung ke tim muda Cornella.

Di klub tersebut, ia hanya bertahan setahun lantaran dipinang oleh Valencia. Bakat Alba berkembang pesat bersama Los Che hingga membuat Barcelona kembali tertarik padanya. Alba lantas direkrut Barca pada musim 2012/2013 lalu. Ia sukses menyegel pos bek kiri utama dan tak tergantikan hingga kini.

Baca Juga: Hobi Bikin Rusuh, 5 Kericuhan yang Melibatkan Jordi Alba

3. Eric Garcia

Sempat Pindah, 5 Pemain Akademi La Masia Ini Kembali Membela BarcelonaEric Garcia (twitter.com/IntChampionsCup)

Eric Garcia memutuskan pindah dari tim muda Barcelona. Ia bergabung ke Manchester City pada musim panas 2017 lalu. Hanya butuh dua tahun berselang baginya untuk menembus skuad utama The Cityzens. Namun, perjalanan Garcia di Inggris justru berliku. Ia hanya menjadi pelapis di sektor bek tengah.

Di sisi berbeda, kontrak Garcia yang berakhir pada musim 2020/2021 dimanfaatkan oleh Barca untuk kembali merekrutnya. Transfer tersebut lantas tercapai dengan mulus. Garcia tiba secara gratis dan memperkuat lini belakang La Blaugrana yang acap kali bermasalah pada musim-musim sebelumnya.

4. Gerard Pique

Sempat Pindah, 5 Pemain Akademi La Masia Ini Kembali Membela BarcelonaGerard Pique (instagram.com/3gerardpique)

Namanya lebih populer saat mengenakan jersey Barcelona, karier Gerard Pique pun dimulai bersama La Masia. Akan tetapi, bukan berarti Barcelona menjadi klub satu-satunya yang dibela pemain Spanyol itu. Ia sempat berkarier di Inggris pada 2004 lalu dengan bergabung ke Manchester United.

Kiprahnya bersama The Red Devils terjalin selama empat tahun. Meski hanya jadi cadangan saat itu, Barcelona tetap berminat untuk membawa Pique kembali ke rumah. Proses kepindahannya itu terjadi pada musim panas 2008. Pique kemudian menjelma sosok penting di skuad La Blaugrana.

5. Adama Traore

Sempat Pindah, 5 Pemain Akademi La Masia Ini Kembali Membela BarcelonaAdama Traore (twitter.com/FabrizioRomano)

Belum puas merekrut Ferran Torres, Barcelona kembali tancap gas pada bursa transfer musim dingin 2022 ini. La Blaugrana merekrut Adama Traore dari Wolves dengan status pinjaman hingga akhir musim. Menurut laporan Fabrizio Romano, opsi pembelian permanen juga ikut disertakan dalam transfer ini.

Adama bukanlah sosok asing di klub Catalan. Pemain berpaspor Spanyol itu sempat mengenyam ilmu sepak bola di La Masia. Namun, karena kurangnya kesempatan yang ia terima, Adama memilih hijrah ke Inggris. Ia membela sejumlah klub medioker, seperti Aston Villa, Middlesbrough, dan Wolves.

 

Akademi La Masia milik Barcelona sukses mencetak pemain-pemain bertalenta sejak berdirinya. Kendati kebanyakan memilih hijrah ke klub lain, masih ada sejumlah nama yang tetap setia dengan kembali pulang membela tim utama La Blaugrana.

Baca Juga: Hengkang ke Barcelona, Adama Traore Bisa Nyetel di Bawah Asuhan Xavi?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya