Comscore Tracker

Dibeli Mahal, 5 Pemain Top Ini Justru Tak Bertahan Lama di Tim Barunya

Kiprah mereka hanya bertahan seumur jagung

Jual beli pemain merupakan aktivitas yang lazim ditemui di dunia sepak bola, khususnya pada bursa transfer. Tiap tim terus berusaha memperbaiki komposisi skuadnya dengan merekrut pemain yang sekiranya dibutuhkan. Seiring berjalannya waktu, pembelian pemain berharga mahal kerap terjadi.

Terlebih selama beberapa musim belakangan, rekor demi rekor terkait aktivitas transfer makin marak. Hal ini jelas menghadirkan keuntungan atau kerugian bagi tim yang melakukannya. Bukan tanpa sebab mengingat tak semua rekrutan mahal sukses tampil klop lantaran tak bertahan lama di tim barunya.

1. Christian Benteke

Dibeli Mahal, 5 Pemain Top Ini Justru Tak Bertahan Lama di Tim BarunyaChristian Benteke (twitter.com/MustWinGame_)

Liverpool belanja besar dengan merekrut pemain anyar pada musim panas 2015 lalu. The Reds memboyong Christian Benteke dengan biaya 46,5 juta euro atau sekitar Rp762 miliar. Ia diharapkan mampu memberikan efek positif terhadap lini serang Liverpool yang acap kali tumpul sebelumnya.

Entah apa yang terjadi, kiprah Benteke cuma bertahan semusim saja. Performanya dinilai tak sesuai harapan lewat koleksi 10 gol dan 6 assist pada musim debutnya. Benteke lantas dilepas ke Crystal Palace demi memberi ruang di sektor penyerangan Liverpool. Pemain Belgia itu menjadi salah satu pilar The Eagles hingga kini.

2. Leonardo Bonucci

Dibeli Mahal, 5 Pemain Top Ini Justru Tak Bertahan Lama di Tim BarunyaLeonardo Bonucci (twitter.com/Alessio_JFC)

AC Milan diselimuti ambisi besar usai diambil alih oleh pengusaha China pada pertengahan tahun 2017 lalu. Beberapa pemain diboyong ke San Siro, bahkan bek berpengalaman sekaliber Leonardo Bonucci. Rossoneri membajak pemain berusia 34 tahun itu dari Juventus seharga 42 juta euro atau sekitar Rp689 miliar.

Dengan kariernya yang telah lama eksis di level teratas, Bonucci menjadi sosok tepat bagi Milan. Namun, kenyataannya tak seperti itu. Banyak pihak menilai Bonucci membuat blunder dengan pindah ke klub sekota Inter Milan itu. Ia memang tampil reguler, tetapi performa timnya kurang meyakinkan. Bonucci hanya bertahan semusim dan kembali ke Juventus.

Baca Juga: 10 Potret Leonardo Bonucci, Bek Tangguh Italia dan Andalan Juventus

3. Alvaro Morata

Dibeli Mahal, 5 Pemain Top Ini Justru Tak Bertahan Lama di Tim BarunyaAlvaro Morata (twitter.com/EPL_Gunlukleri)

Kepergian Diego Costa menimbulkan masalah pelik bagi Chelsea yang kekurangan stok penyerang. The Blues yang saat itu masih dilatih Antonio Conte, akhirnya tak ragu mengeluarkan biaya mahal untuk merekrut penggantinya. Chelsea memboyong Alvaro Morata seharga 66 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun dari Real Madrid.

Pengalaman sang pemain yang pernah membela Juventus dan Real Madrid membuat The Blues rela mengeluarkan biaya besar. Alih-alih bisa memecahkan masalah, Morata justru gagal menemukan performa terbaiknya di Inggris. Performanya kurang meyakinkan selama bertahan selama 1,5 musim di Chelsea. Pada musim dingin 2019, ia dilepas ke Atletico Madrid.

4. Malcom

Dibeli Mahal, 5 Pemain Top Ini Justru Tak Bertahan Lama di Tim BarunyaMalcom (twitter.com/BarcaUniversal)

Tak terduga dan penuh drama. Begitulah dinamika proses kepindahan Malcom ke Barcelona pada musim 2018/2019 lalu. Malcom sejatinya nyaris bergabung dengan AS Roma. Namun, di detik-detik terakhir, La Blaugrana membajak sang pemain dengan biaya 41 juta euro atau sekitar Rp672 miliar.

Transfer tersebut diselimuti pro dan kontra dari banyak kalangan. Terkhusus bagi Malcom, membela klub sekelas Barcelona tentu membanggakan. Namun, kiprahnya di klub Catalan hanya berlangsung selama semusim. Ia malah dilepas ke Zenit St. Petersburg lantaran hanya menjadi pelapis di lini serang Barca.

5. Angel Di Maria

Dibeli Mahal, 5 Pemain Top Ini Justru Tak Bertahan Lama di Tim BarunyaAngel Di Maria (twitter.com/Football_Talk)

Angel Di Maria berhasil masuk ke dalam buku sejarah Manchester United. Usai bersinar bersama Real Madrid, Di Maria akhirnya dipinang Manchester United pada musim panas 2014 lalu. Demi mendatangkan pemain Argentina itu, The Reds Devils harus mengeluarkan biaya 75 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun.

Diharapkan bisa menjadi pembeda, karier Di Maria bersama United justru tak bertahan lama. Ia dinilai gagal dikarenakan kesulitan beradaptasi terhadal gaya bermain di Inggris. Selain itu, ketidaksesuaian antara dirinya dan sang pelatih, Louis van Gaal, juga disinyalir menjadi penyebab Di Maria hanya bertahan selama semusim di sana.

 

Dipicu berbagai hal, kelima pemain di atas gagal membuktikan dirinya sebagai salah satu rekrutan mahal di timnya. Mereka kesulitan tampil impresif hingga terpaksa dilepas ke klub lain.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berhasil Dijual Mahal Bournemouth, Ada Nathan Ake

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

Penulis biasa ini masih kuliah semester 2

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya