5 Pemain Top yang Pernah Membela Leeds United dengan Status Pinjaman

Hijrah demi mendapatkan jam terbang

Mengulas peta persaingan di Premier League, nama Leeds United kerap kali dikesampingkan. Terlebih, rekam jejak tim berjuluk The Whites ini yang minim di level teratas. Bahkan, Leeds baru promosi ke Premier League musim 2020/2021 usai absen lama sejak 16 tahun belakangan.

Walaupun demikian, The Whites tetap disinggahi oleh sejumlah pemain ternama dari musim ke musim, sebut saja Fabian Delph hingga Rodrigo Moreno. Selain itu, beberapa pemain juga bergabung dengan skuad The Whites melalui kesepakatan pinjaman. Siapa sajakah mereka?

1. Alfonso Pedraza

5 Pemain Top yang Pernah Membela Leeds United dengan Status PinjamanAlfonso Pedraza (twitter.com/yorkshirepost)

Alfonso Pedraza merupakan lulusan akademi Villarreal yang masih dipertahankan di skuad utama hingga kini. Sebelum dipercaya tampil di tim inti, Pedraza harus dipinjamkan beberapa kali ke klub lain, termasuk Leeds United. Ia disekolahkan ke klub berjuluk The Whites itu pada pertengahan musim 2016/2017.

Leeds United menjadi satu-satunya klub di luar Spanyol yang ia bela. Kendati demikian, Pedraza tetap mampu mengemas 14 penampilan dengan torehan satu gol di berbagai ajang. Usai masa pinjamannya berakhir, pria yang berposisi asli sebagai bek kiri ini kembali dipinjamkan ke sesama klub LaLiga, yaitu Alaves.

2. Jean-Kevin Augustin

5 Pemain Top yang Pernah Membela Leeds United dengan Status PinjamanJean-Kevin Augustin (twitter.com/ZachLowy)

Perjalanan karier Jean-Kevin Augustin berangsur-angsur menurun dari musim ke musim. Berlabel lulusan akademi Paris Saint-Germain, Augustin memilih hijrah ke RB Leipzig demi kesempatan tampil lebih banyak. Sayangnya, ia kesulitan hingga terpaksa dipinjamkan ke dua klub berbeda, AS Monaco dan Leeds United.

Menilik performanya bersama The Whites, karier Augustin seolah terjun bebas. Pemain berkebangsaan Prancis ini didatangkan Leeds pada musim dingin 2020 lalu, tetapi hanya diturunkan sebanyak tiga kali. Augustin lantas dipulangkan dan langsung dilepas secara gratis ke Nantes.

Baca Juga: Leeds United Siap Ramaikan Tren Gegenpressing di Premier League

3. Eddie Nketiah

5 Pemain Top yang Pernah Membela Leeds United dengan Status PinjamanEddie Nketiah (twitter.com/FootyAccums)

Arsenal bukanlah klub satu-satunya yang pernah dibela Eddie Nketiah hingga detik ini. Sesaat usai dipromosikan ke tim utama, Nketiah langsung dipinjamkan ke Leeds United pada musim dingin 2019. Usianya yang tergolong masih cukup muda jelas menyulitkan Nketiah untuk bersaing di lini depan The Gooners saat itu.

Berseragam The Whites selama paruh musim kedua, performa Nketiah tak terbilang buruk. Dari 15 penampilan yang ia lakoni, pemain berpaspor Inggris ini sukses mengantongi 5 gol dan 1 assist. Setelahnya, Nketiah kembali pulang ke Arsenal dan masih bertahan meskipun tak selalu diandalkan di tiap laganya.

4. Ross Barkley

5 Pemain Top yang Pernah Membela Leeds United dengan Status PinjamanRoss Barkley (twitter.com/TGoalpost)

Profil Ross Barkley meroket sewaktu membela Everton. Awal kariernya memang dihabiskan bersama The Toffees, tetapi bukan secara keseluruhan. Dipercaya menjadi bagian dari skuad utama sejak tahun 2011, Barkley terlebih dulu dipinjamkan ke Sheffield Wednesday dan Leeds United.

Proses kepindahannya ke Leeds malah tak sesuai harapan. Barkley bergabung pada musim dingin 2013, tetapi justru tak bertahan lama, yaitu sebulan. Selama masa pinjaman tersebut, ia hanya tampil empat kali dengan catatan satu assist. Barkley kembali ke Everton dan berhasil menunjukkan kualitas terbaiknya.

5. Ben White

5 Pemain Top yang Pernah Membela Leeds United dengan Status PinjamanBen White (twitter.com/FrankKhalidUK)

Ben White menuai atensi usai tampil impresif bersama Brighton & Hove Albion. Bersama The Seagulls, ia sejatinya sudah dipromosikan ke tim utama sejak musim 2018/2019 lalu. Akan tetapi, White sempat dipinjamkan ke Leeds United selama semusim penuh. Peminjaman ini berjalan manis lantaran White sukses tampil apik.

White memainkan peran penting di lini belakang Leeds dengan catatan 49 penampilan saat itu. Ia juga turut mengantarkan timnya promosi ke Premier League untuk pertama kalinya setelah 16 tahun. Usai keberhasilan itu, White pulang ke Brighton dengan performa impresif hingga dilirik klub sekaliber Arsenal.

 

Meskipun bukan berstatus klub favorit juara, Leeds United selalu menjadi tempat menarik bagi tiap pemain yang ingin mengembangkan kariernya. Bukan hal yang mustahil bila beberapa nama baru turut mengikuti jejak kelima nama di atas ke depannya.

Baca Juga: 5 Pemain Bernomor Punggung 4 di Arsenal Sebelum Ben White 

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya