Comscore Tracker

Disia-siakan, 5 Pemain Muda Arsenal Ini Bersinar di Klub Lain

Keputusan mereka berbuah manis

Sejak dilatih Mikel Arteta, Arsenal semakin banyak diisi pemain muda. Saat ini, ada beberapa andalan The Gunners yang masih berusia 23 tahun ke bawah. Sebut saja Bukayo Saka, Emile Smith Rowe, hingga Martin Odegaard.

Banyaknya pemain muda yang diandalkan Arsenal menggambarkan kepercayaan besar demi menatap masa depan klub yang cerah. Namun, terlepas dari itu, ada juga beberapa pemain muda potensial yang dilepas Arsenal.

1. Ismael Bennacer

Disia-siakan, 5 Pemain Muda Arsenal Ini Bersinar di Klub LainIsmael Bennacer (twitter.com/livescore)

Ismael Bennacer pernah terdaftar sebagai binaan di tim muda Arsenal. Sayangnya, asa Bennacer tinggal lebih lama di London tak berjalan sesuai harapan. Kariernya bersama The Gunners cenderung stagnan.

Belum sempat naik kasta ke skuad utama, Bennacer memutuskan hengkang. Ia merapat ke Empoli pada 2017 lalu. Keputusan itu terbukti tepat lantaran Bennacer mampu berkembang.

Dua musim berselang, ia diboyong AC Milan ke San Siro. Kini, Bennacer sukses bertransformasi menjadi salah satu pilar kunci di lini tengah Rossoneri dengan sudah memainkan 105 laga.

2. Yunus Musah

Disia-siakan, 5 Pemain Muda Arsenal Ini Bersinar di Klub LainYunus Musah (instagram.com/yunus.musah8)

Arsenal melepas Yunus Musah ke Valencia pada 2019 lalu. Karier sang pemain yang tak kunjung berkembang bersama The Gunners menjadi alasan kuat. Tak ayal kiprah Yunus bersama Arsenal cuma berjalan seumur jagung.

Berkelana ke Spanyol merupakan petualangan perdana. Meski baru pertama kali, Yunus mampu beradaptasi dengan baik. Ia bahkan promosi ke skuad utama Valencia pada 2020 lalu.

Sejak kesuksesan itu, Yunus diandalkan Los Che dalam 71 pertandingan di semua ajang. Ia sempat diperebutkan Amerika Serikat dan Inggris sebelum akhirnya memilih membela panji Negeri Paman Sam.

Baca Juga: Cabut ke Arsenal, Ini 5 Kenangan Gabriel Jesus Bersama Manchester City

3. Joe Willock

Disia-siakan, 5 Pemain Muda Arsenal Ini Bersinar di Klub LainJoe Willock (twitter.com/premierleague)

Joe Willock tak seberuntung pemain muda Arsenal lain. Ia sejatinya memulai petualangan di skuad utama The Gunners dengan mulus. Promosi pada 2019/2020, Willock dipercaya tampil beberapa kali.

Hanya saja, kesempatan emas itu mulai lenyap dari pandangannya. Willock minim jam terbang hingga dipinjamkan ke Newcastle United pada awal 2021 lalu.

Pindah ke klub berjuluk The Magpies itu nyatanya merupakan pilihan tepat. Willock mendapatkan kepercayaan penuh hingga jasanya resmi dipermanenkan.

4. Serge Gnabry

Disia-siakan, 5 Pemain Muda Arsenal Ini Bersinar di Klub LainSerge Gnabry (twitter.com/FabrizioRomano)

Serge Gnabry pernah singgah ke Arsenal pada usia muda. Bergabung ke tim muda The Gunners pada 2011 lalu, Gnabry hanya butuh waktu setahun untuk menembus skuad utama. Ia dinilai bakal mampu berkembang di Inggris.

Alih-alih bersinar, Gnabry justru kesulitan bersaing. Namanya lebih banyak duduk di bangku cadangan dan sempat dipinjamkan ke West Bromwich Albion.

Barulah pada 2016 lalu Gnabry pindah secara permanen ke Werder Bremen. Keputusan itu berbuah manis. Gnabry menemukan ketajamannya hingga dilirik klub raksasa sekelas Bayern Muenchen.

5. Donyell Malen

Disia-siakan, 5 Pemain Muda Arsenal Ini Bersinar di Klub LainDonyell Malen (twitter.com/goal)

Donyell Malen mencoba merajut kariernya bersama tim muda Arsenal. Ia rela meninggalkan Ajax Amsterdam pada 2015 lalu. Namun, pilihan itu justru tak berbuah apa-apa. Potensi Malen tak berkembang optimal di klub London utara itu.

Hanya 2 musim di Arsenal, Malen lalu pindah ke PSV Eindhoven. Di klub inilah pemain asal Belanda itu mampu berkembang dan menjadi salah satu kunci di lini depan.

Selama 3 musim di skuad utama, Malen tampil impresif dengan catatan 55 gol dan 24 assist. Ia bersinar hingga direkrut Borussia Dortmund demi mengisi pos yang ditinggalkan Jadon Sancho pada 2021 lalu.

Seolah belajar dari kesalahan sebelumnya, kini Arsenal telah mengandalkan banyak bakat muda di dalam skuadnya. Bisakah The Gunners dengan generasi emasnya mampu bersaing pada musim depan?

Baca Juga: 5 Striker Termahal yang Pernah Dibeli Arsenal, Jesus Baru Mendarat!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya