5 Pemain Muda Borussia Dortmund yang Tampil Menjanjikan Musim Ini

Menjadi incaran klub papan atas Eropa

Musim ini, perjalanan Borussia Dortmund sejatinya tak begitu mulus. Sempat terseok-seok di papan tengah dan adanya pergantian pelatih membuat klub berjuluk Die Borussen tersebut diragukan melaju ke kompetisi Eropa musim depan. Namun, Dortmund sukses mengembalikan performa terbaiknya saat ini.

Terbaru, skuad asuhan Edin Terzic tersebut menjadi kampiun DFB Pokal usai menundukkan RB Leipzig di partai final. Melihat komposisi pemain Dortmund saat ini, terdapat 5 pemain muda yang ternyata berhasil tampil menjanjikan musim ini. Bahkan, mayoritas dari mereka menjadi andalan Die Borussen. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut daftarnya

1. Jude Bellingham

5 Pemain Muda Borussia Dortmund yang Tampil Menjanjikan Musim IniJude Bellingham. (eurosport.com)

Baru direkrut awal musim ini, Jude Bellingham mengejutkan banyak pihak karena performa impresifnya bersama Borussia Dortmund. Tak ada yang menduga jika pemain berusia 18 tahun tersebut bakal didapuk jadi andalan Die Borussen di musim debutnya. Namun, Bellingham sukses menunjukkan kualitas terbaiknya.

Beroperasi sebagai gelandang sentral, Bellingham tampil begitu energik di lini tengah. Ia juga merupakan sosok pengatur ritme permainan yang mumpuni dan menjadi tokoh kunci Dortmund di musim ini. Tercatat, pria Inggris tersebut membuat 45 penampilan dengan raihan 4 gol dan 4 assist. 

2. Giovanni Reyna

5 Pemain Muda Borussia Dortmund yang Tampil Menjanjikan Musim IniGiovanni Reyna (goal.com)

Lini serang Borussia Dortmund memang terlihat garang dengan kehadiran Erling Haaland dan Jadon Sancho. Namun, ada satu pemain lainnya yang juga turut berkontribusi besar. Pemain yang dimaksud tersebut adalah Giovanni Reyna, motor serangan Die Borussen yang punya kreativitas tinggi di setiap penampilannya.

Meski baru berusia 18 tahun, Reyna sudah menjadi andalan Dortmund musim ini. Pemain berpaspor Amerika Serikat tersebut telah membuat 45 penampilan di semua ajang dengan torehan 7 gol dan 7 assist. Berkat performa impresifnya, Reyna sukses membuat debut bersama Timnas Negeri Paman Sam pada November 2020 lalu.

3. Yossoufa Moukoko

5 Pemain Muda Borussia Dortmund yang Tampil Menjanjikan Musim IniYossoufa Moukoko (goal.com)

Pemain muda Die Borussen selanjutnya adalah Yossoufa Moukoko. Menariknya, rekam jejak Moukoko di musim ini terbilang begitu istimewa. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat dirinya yang sudah naik kasta ke tim utama Dortmund pada awal musim ini. Selain itu, Moukoko juga sukses mencatatkan beragam rekor.

Dengan usianya yang masih 16 tahun, performa Moukoko tentu diluar ekspektasi. Beroperasi sebagai ujung tombak, pemain berpaspor Jerman tersebut memang baru membuat 15 penampilan musim ini dan mencetak 3 gol. Namun, masih banyak waktu bagi Moukoko untuk terus mengasah kemampuannya.

Baca Juga: Didapatkan Murah, 5 Pemain Ini Dijual Mahal oleh Borussia Dortmund

4. Jadon Sancho

5 Pemain Muda Borussia Dortmund yang Tampil Menjanjikan Musim IniJadon Sancho (eurosport.co.uk)

Sempat mengalami penurunan performa di awal musim, Jadon Sancho kini mulai menunjukkan kualitas terbaiknya. Eks pemain Manchester City ini menjadi salah satu tumpuan Borussia Dortmund di lini serang dalam menghasilkan pundi-pundi gol. Beroperasi sebagai winger, Sancho dikenal dengan skill dan kecepatannya yang diatas rata-rata.

Cekatan dalam kemampuan individu, pemain berusia 21 tahun ini juga rajin melayani rekan satu timnya dengan sejumlah assist brilian. Tercatat, Sancho sudah membuat 37 penampilan di semua ajang dengan torehan 16 gol dan 21 assist. Statistik yang terbilang apik bagi seorang pemain yang masih begitu muda.

5. Erling Haaland

5 Pemain Muda Borussia Dortmund yang Tampil Menjanjikan Musim IniErling Braut Haaland (talksport.com)

Membahas Borussia Dortmund musim ini, hambar rasanya bila tak menyangkut nama Erling Haaland. Di musim keduanya bersama Die Borussen, performa Haaland kian meledak berkat rentetan golnya yang terus mengalir. Ia menjadi juru gedor utama Dortmund dan nyaris tak tersentuh posisinya.

Sejauh ini, pemain berpaspor Norwegia tersebut sudah mencetak 39 gol dan 12 assist dari 40 penampilan. Melihat capaian Haaland tersebut, tak mengherankan bila pemain berusia 20 tahun ini menjadi incaran utama sejumlah klub papan atas Eropa, seperti Barcelona, Manchester City dan Chelsea.

Borussia Dortmund dikenal sebagai salah satu klub yang gemar melahirkan pemain muda berkualitas. Dan para pemain diatas telah membuktikan capaian apik Dortmund tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Jarang Diketahui Pernah Membela Borussia Dortmund

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya