5 Pemain Muda Inggris yang Pernah Dipinjamkan ke Klub di Luar EPL

Bagaimana dengan kiprahnya?

Kehebatan Inggris dalam melahirkan talenta berbakat di dunia sepak bola seolah mendarah daging. Sebut saja saat ini beberapa pemain muda asal Negeri Ratu Elizabeth telah berhasil menunjukkan taringnya, seperti Trent-Alexander Arnold dan Phil Foden.

Namun, kebanyakan pemain muda Inggris tersebut lebih memilih berkarier di negeri sendiri. Hanya ada sedikit pemain yang merantau ke liga lain, baik secara permanen maupun pinjaman. Berikut 5 pemain muda Inggris yang pernah dipinjamkan ke klub di luar EPL.

1. Emile Smith Rowe 

5 Pemain Muda Inggris yang Pernah Dipinjamkan ke Klub di Luar EPLEmile Smith Rowe (twitter.com/emilesmithrowe)

Sebelum bersinar di tim utama Arsenal, Emile Smith Rowe pernah merantau ke Jerman demi mendapatkan jam terbang. Ia dipinjamkan ke RB Leipzig pada pertengahan musim 2018/2019 lalu. Akan tetapi, Smith Rowe cukup kesulitan untuk tampil reguler lantaran ketatnya persaingan di lini tengah Leipzig.

Alih-alih bisa berkembang di tim yang dikenal ramah terhadap pemain muda, kariernya justru tak berkembang pesat. Selama setengah musim bersama Die Roten Bullen, Smith Rowe hanya tampil sebanyak tiga kali. Ia lantas dipulangkan ke Arsenal dan kembali dipinjamkan, kali ini ke Huddersfield Town selama semusim.

2. Trevoh Chalobah

5 Pemain Muda Inggris yang Pernah Dipinjamkan ke Klub di Luar EPLTrevoh Chalobah (twitter.com/TrevohChalobah)

Trevoh Chalobah bersinar di Chelsea pada musim ini. Melalui strategi ala Thomas Tuchel yang membutuhkan rotasi di tiap laga, Chalobah mampu unjuk gigi mengisi lini pertahanan The Blues. Namun, sebelum dikenal luas seperti sekarang di negeri sendiri, Chalobah pernah pergi jauh ke Prancis.

Chalobah sempat dipinjamkan Chelsea ke salah satu klub Ligue 1, Lorient, pada musim 2019/2020. Peminjaman ini ternyata berbuah manis lantaran Chalobah berhasil dipercaya untuk tampil reguler. Ia membukukan 30 penampilan di semua ajang dan jadi modal bagus sebelum kembali ke tim asalnya.

Baca Juga: 10 Fakta Trevoh Chalobah, Bek Muda Chelsea yang Sedang Naik Daun

3. Ryan Sessegnon

5 Pemain Muda Inggris yang Pernah Dipinjamkan ke Klub di Luar EPLRyan Sessegnon (goal.com/Getty Images)

Baru semusim di Tottenham Hotspur, Ryan Sessegnon sulit untuk berkembang. Situasi makin rumit usai posisinya terpinggirkan akibat kedatangan Sergio Reguilon yang sama-sama berposisi sebagai bek kiri. Mau tak mau, pria berusia 21 tahun tersebut harus hijrah demi menyelamatkan kariernya.

Sessegnon lantas dipinjamkan ke klub Bundesliga, Hoffenheim, pada musim 2020/2021 lalu. Pindah ke Jerman sepertinya sebuah keputusan yang tepat. Sessegnon rutin bermain dengan catatan 29 penampilan. Koleksi itu setidaknya mampu meningkatkan kepercayaan dirinya yang sempat menurun.

4. Ainsley Maitland-Niles

5 Pemain Muda Inggris yang Pernah Dipinjamkan ke Klub di Luar EPLAinsley Maitland-Niles (twitter.com/OfficialASRoma)

Berbeda dengan pemain lainnya di dalam daftar ini, Ainsley Maitland-Niles masih berstatus pinjaman di klub di luar Premier League saat ini. Ia "disekolahkan" Arsenal ke Italia dengan bergabung bersama AS Roma. Maitland-Niles dipinjam Il Giallorosso selama setengah musim pada Januari 2022 lalu.

Peminjaman ini juga menjadi yang kedua kalinya dialami oleh Maitsland-Niles setelah pernah hijrah ke West Bromwich Albion. Di Negeri Pizza, kehadiran Maitland-Niles sangat membantu AS Roma yang punya asa baru di era kepelatihan Jose Mourinho. Tercatat, Maitland-Niles sudah tampil sembilan kali sejauh ini.

5. Mason Mount

5 Pemain Muda Inggris yang Pernah Dipinjamkan ke Klub di Luar EPLMason Mount (twitter.com/MijnVitesse)

Ketenaran Mason Mount terus memuncak dari waktu ke waktu. Namanya lebih populer dengan balutan jersey Chelsea, tetapi Mount juga pernah membela klub lain. Salah satu klub itu berada di luar Britania Raya, tepatnya Vitesse yang merupakan kontestan Eredivisie yang berkompetisi di Belanda.

Pemain berusia 23 tahun itu dipinjamkan ke Vitesse pada musim 2017/2018. Di Belanda, karier Mount melesat tajam. Ia tampil impresif dengan raihan 14 gol dan 10 assist selama semusim. Tak ayal, ia kembali dengan catatan bagus kendati sempat dipinjamkan kembali ke Derby County.

 

Terlepas dari sedikitnya pemain muda Inggris yang berkarier di liga lain, tetap harus diakui bahwa kualitas sepak bola di negara ini tetap menjadi salah satu yang terbaik. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 9 Ide OOTD Kasual dan Trendi ala Mason Mount, Pas Buat Hangout!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya