5 Pemain Muda Juventus yang Dijual Mahal ke Luar Serie A

Juventus raup untung besar dari transaksi transfer ini

Tak bisa dimungkiri, Juventus adalah salah satu tim terkuat Serie A Italia. Dalam sedekade terakhir, klub berjuluk Bianconeri ini mendominasi kancah domestik. Meski belakangan performanya cenderung menurun serta diterpa beberapa masalah, Juventus masih berstatus tim raksasa Italia.

Urusan memperkuat skuad, Juventus tak ragu mengeluarkan biaya besar. Hal yang sama juga berlaku sebaliknya. Bianconeri juga meraup keuntungan besar saat menjual pemain untuk menyeimbangkan neraca keuangan. Beberapa penjualan Juventus melibatkan nama-nama pemain muda yang mereka lepas ke luar Serie A.

1. Kingsley Coman

5 Pemain Muda Juventus yang Dijual Mahal ke Luar Serie AKingsley Coman (twitter.com/FCBayernEN)

Walau hanya semusim di Juventus, Kingsley Coman mampu memikat sejumlah klub besar. Bayern Munich akhirnya menjadi klub yang beruntung mendapatkannya. Coman yang saat itu masih berusia 23 tahun diboyong ke Munich pada musim panas 2015.

Awalnya, Coman hanya berstatus pinjaman. Karena mampu tampil meyakinkan pada musim debutnya di Jerman, ia lantas dipermanenkan. Saat itu, Die Roten harus membayar 21 juta euro atau sekitar Rp341 miliar untuk menggaet Coman.

2. Alvaro Morata

5 Pemain Muda Juventus yang Dijual Mahal ke Luar Serie AAlvaro Morata (premierleague.com)

Pindah ke Juventus merupakan keputusan tepat bagi Morata. Ia mendapatkan sesuatu yang tak ia rasakan saat bersama Real Madrid, yaitu menit bermain ideal. Kualitasnya berkembang pesat serta ganas di lini serang Bianconeri.

Morata berseragam Juventus selama dua musim (2014-2016). Di sisi lain, Real Madrid terpikat dengan performanya sehingga kepincut memulangkan Morata ke Santiago Bernabeu. Untuk menjemputnya, Los Blancos harus membayar 30 juta euro atau setara Rp488 miliar.

Baca Juga: 5 Pemain Italia yang Berseragam Juventus pada Musim 2022/2023

3. Moise Kean

5 Pemain Muda Juventus yang Dijual Mahal ke Luar Serie AMoise Kean (premierleague.com)

Moise Kean membuat keputusan mengejutkan kala pindah dari Juventus pada musim panas 2019. Ia meninggalkan Bianconeri demi bisa tampil reguler.

Tujuannya adalah Everton. Kean ditebus oleh The Toffees seharga 27,5 juta euro atau setara Rp447 miliar.

Sayangnya, ia yang kala itu masih berusia 19 tahun itu gagal berkembang di Inggris. Kean kesulitan menjadi pilihan utama di lini depan Everton. Ia sempat dipinjamkan ke PSG oleh Everton hingga akhirnya kini balik ke klub yang mendidiknya, Juventus.

4. Matthijs de Ligt

5 Pemain Muda Juventus yang Dijual Mahal ke Luar Serie AMatthijs de Ligt (twitter.com/ChampionsLeague)

Setelah berseragam Juventus selama tiga musim, Matthijs de Ligt sepakat untuk pindah. Ia menerima tawaran yang dilayangkan oleh Bayern Munich pada musim panas 2022. De Ligt dibeli dengan mahar 67 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun. 

Pemuda berusia 23 tahun itu tak kesulitan bersaing. Lewat kualitas dan bakat potensial yang ia miliki, de Ligt langsung mengunci satu tempat utama di jantung pertahanan tim asuhan Julian Nagelsmann. Hingga kini ia sudah bermain sebanyak 28 kali di semua kompetisi.

5. Paul Pogba

5 Pemain Muda Juventus yang Dijual Mahal ke Luar Serie APaul Pogba (premierleague.com)

Paul Pogba merupakan pemain termahal yang dijual Juventus. Kepindahannya pada musim panas 2016 itu menuai sorotan. Sebab, Pogba ditebus oleh Manchester United yang sebenarnya merupakan klub lamanya dahulu.

Setan Merah rela mengeluarkan dana 105 juta euro atau sekitar Rp1,7 triliun untuk membawa Pogba kembali ke Old Trafford. Setelahnya, ia membela Manchester United selama lima musim. Kini, Pogba telah kembali ke Juventus secara gratis.

Keuntungan hingga berkali-kali lipat diperoleh Juventus dari penjualan kelima nama di atas. Apakah bakal ada nama baru yang bisa memecahkan rekor transfer Paul Pogba pada masa mendatang? 

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Gabung Juventus Bareng Paul Pogba Tahun 2012

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya