Comscore Tracker

5 Pemain Muda Nigeria yang Jadi Andalan Klub Top Eropa, Generasi Emas!

Sepak bola Nigeria punya masa depan yang cerah

Dari daratan Afrika, Nigeria layak disematkan sebagai salah satu negara terbaik dalam dunia sepak bola. Rutin tampil di Piala Dunia hingga melahirkan banyak pemain hebat menjadi sebuah keberhasilan tersendiri bagi negara yang beribu kota di Abuja ini.

Bahkan, hingga saat ini para pemain asal Nigeria yang terus tersebar di berbagai klub papan atas kian merata. Didominasi oleh para pemain senior yang memiliki segudang pengalaman, ada juga bakat-bakat muda milik Nigeria yang sukses menjadi andalan timnya.

1. Samuel Chukwueze

5 Pemain Muda Nigeria yang Jadi Andalan Klub Top Eropa, Generasi Emas!Samuel Chukwueze (twitter.com/chukwueze_8)

Villarreal berjasa besar di balik perkembangan karier seorang Samuel Chukwueze. Bersama The Yellow Submarine, kualitas Chukwueze terus terasah hingga sekarang. Namanya mulai menghiasi skuad utama Villarreal pada musim 2018/2019 lalu. Setelah momen tersebut, Chukwueze mulai mendapatkan kepercayaan untuk rutin tampil.

Kans bermain yang banyak membuat penampilannya juga ikut meningkat. Pada musim 2021/2022, Chukwueze menjadi salah satu andalan utama Villarreal di lini depan. Kelincahan dan kecepatan yang ia miliki merupakan modal bagus baginya. Tercatat, Chukwueze sudah tampil 17 kali dengan koleksi 5 gol dan 1 assist musim ini.

2. Frank Onyeka

5 Pemain Muda Nigeria yang Jadi Andalan Klub Top Eropa, Generasi Emas!Frank Onyeka (twitter.com/SSE_NGA)

Usai promosi ke Premier League, Brentford mempersiapkan diri dengan merekrut sejumlah nama baru. Salah satu pemain anyar yang diboyong klub berjuluk The Bees itu adalah Frank Onyeka. Brentford mendatangkan talenta potensial Nigeria tersebut dari klub Denmark, tepatnya FC Midtjylland.

Kendati belum memiliki banyak pengalaman berkarier di liga top Eropa, Onyeka tetap mampu tampil lepas bagi The Bees. Ia yang beroperasi di lini tengah ini sudah dipercaya tampil 21 kali di semua kompetisi. Kehadiran Onyeka juga berperan besar di balik cerita-cerita mengejutkan Brentford menjadi tim kuda hitam di Inggris.

Baca Juga: 5 Pemain Nigeria di Premier League yang Dipanggil Timnas Nigeria

3. Emmanuel Dennis

5 Pemain Muda Nigeria yang Jadi Andalan Klub Top Eropa, Generasi Emas!Emmanuel Dennis (twitter.com/dennisblessed42)

Sama dengan Onyeka, Emmanuel Dennis saat ini berstatus rookie di Premier League. Ia bergabung dengan Watford yang juga termasuk salah satu tim yang sukses promosi ke kasta tertinggi. Dennis didatangkan The Hornets dari Club Brugge dengan banderol hanya 4 juta euro atau sekitar Rp65 miliar.

Harga yang sejatinya cukup murah itu ternyata dibayar Dennis melebihi ekspektasi. Ia tampil beringas di lini depan Watford dengan catatan 8 gol dan 5 assist dari 21 laga yang sudah dimainkan. Statistik tersebut terbilang apik bagi seorang pemain muda yang baru saja berkarier di liga seketat Premier League.

4. Taiwo Awoniyi

5 Pemain Muda Nigeria yang Jadi Andalan Klub Top Eropa, Generasi Emas!Taiwo Awoniyi (twitter.com/taiwoawoniyi18)

Tampil apik di masa peminjamannya musim lalu, Taiwo Awoniyi lantas dipermanenkan Union Berlin. Keputusan itu berbuah manis lantaran performa Awoniyi yang makin menggila. Ia terus mengumpulkan pundi-pundi gol untuk timnya. Tak mengherankan bila penyerang berusia 24 tahun itu jadi mesin gol utama Union Berlin sejauh ini.

Awoniyi sudah mengemas 14 gol dan 3 assist dari 27 penampilan. Torehan gol tersebut juga memastikan dirinya bersaing di dalam daftar perebutan gelar top skor Bundesliga meski masih kalah dengan sejumlah nama beken, seperti Lewandowski dan Haaland. Terasa makin spesial baginya usai dipercaya debut untuk Timnas Nigeria pada 7 Oktober 2021 lalu.

5. Victor Osimhen

5 Pemain Muda Nigeria yang Jadi Andalan Klub Top Eropa, Generasi Emas!Victor Osimhen (twitter.com/victorosimhen9)

Tiba ke Napoli dengan target tinggi pada musim lalu, Victor Osimhen sempat menemui kesulitan. Hal itu makin diperparah dengan banderol fantastis yang dikeluarkan Napoli untuk merekrutnya, yaitu 75 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun. Osimhen bahkan disebut-sebut sebagai salah satu rekrutan gagal Partenopei.

Namun, semua keraguan yang terus menghampirinya berhasil dipatahkan Osimhen. Terlebih di musim ini, Osimhen mulai menemukan ketajamannya kembali di depan gawang lawan. Ia sudah mengoleksi 9 gol dan 2 assist dari 15 penampilan. Patut disayangkan, kini Osimhen tengah menepi lama akibat menderita cedera pada wajahnya.

 

Kelima pemain di atas jelas membawa kebanggaan tersendiri bagi Nigeria. Hal ini menjadi bukti bahwa tradisi Nigeria dalam mengorbitkan pemain berbakat terus terjaga dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 10 Pemain Top Nigeria Paling Berharga Saat Ini, Osimhen Teratas!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya