5 Pemain Muda Premier League yang Performa Menurun Musim Ini

Performanya menurun dibandingkan musim lalu

Bagi tiap pesepak bola, berkarier di kompetisi sekelas Premier League bukanlah sesuatu yang gampang. Dengan statusnya sebagai liga paling kompetitif, Premier League memang menjadi tempat yang sempurna bagi pesepak bola yang ingin melambungkan kariernya. Namun, tak semudah itu.

Persaingan yang begitu ketat membuat tiap pemain harus ekstra kerja keras demi bisa mendapatkan tempat utama. Bila tak demikian, tentu jaminan tak tampil reguler sudah menanti di depan mata. Seperti yang dialami 5 pemain muda berikut ini, yang performanya justru menurun di Premier League. Lantas, siapa sajakah mereka?

1. Dwight McNeil

5 Pemain Muda Premier League yang Performa Menurun Musim IniDwight McNeil (skysports.com)

Burnley menjadi tim pesakitan di papan bawah Premier League musim ini. Hal tersebut tak lepas dari menurunnya performa pemain The Clarets, salah satunya Dwight McNeil. Penampilan pemain berusia 21 tahun tersebut tak seperti di musim lalu, yang mampu konsisten di lini serang Burnley.

Tercatat, McNeil hanya mencetak 2 gol dan 5 assist dari 40 penampilannya di musim ini. Ada beberapa hal yang dianggap sebagai penyebab performa McNeil menurun drastis. Sebut saja gaya permainan The Clarets yang tak terlalu ofensif, serta kebugaran McNeil yang kerap dilanda kelelahan lantaran terlalu diandalkan.

2. Grady Diangana

5 Pemain Muda Premier League yang Performa Menurun Musim IniGrady Diangana (premierleague.com)

Setelah semusim berstatus pinjaman, kini Grady Diangana telah resmi berkostum West Bromwich Albion. Tak heran bila ia dipermanenkan The Baggies, mengingat Diangana yang tampil gemilang pada musim lalu. Berlanjut diawal musim ini, performa Diangana masih terbilang konsisten.

Ia sempat mencetak satu gol kala menghadapi Everton di awal musim Premier League. Namun setelahnya, Diangana seakan melempem dan tampil di bawah ekspektasi. Ia gagal mencetak satu pun gol dan assist seusai laga tersebut. Terlebih lagi, saat West Brom ditangani Sam Allardyce, Diangana nyaris tak mendapatkan tempat.

Baca Juga: Dibeli Mahal, 5 Pemain Premier League Ini Justru Tampil Mengecewakan

3. Reiss Nelson

5 Pemain Muda Premier League yang Performa Menurun Musim IniReiss Nelson (tbrfootball.com)

Sejak Mikel Arteta menjabat sebagai juru taktik Arsenal pada 2019 lalu, sudah banyak pemain muda yang bersinar di bawah kepelatihannya, seperti Bukayo Saka dan Emile Smith Rowe. Namun, hal tersebut tampaknya tak berlaku untuk Reiss Nelson. Ia gagal tampil reguler di skuad utama The Gunners.

Sejak promosi di musim lalu, sejatinya Nelson mendapatkan menit bermain yang tinggi. Tapi di musim ini, kesempatan yang sama tak ia peroleh. Nelson cuma membuat 15 penampilan di semua ajang. Ironisnya lagi, pemain berusia 21 tahun tersebut lebih banyak memulai pertandingan dari bangku cadangan.

4. Brandon Williams

5 Pemain Muda Premier League yang Performa Menurun Musim IniBrandon Williams (skysports.com)

Diproyeksikan ke skuad utama Manchester United musim lalu, Brandon Williams mendapatkan kepercayaan penuh dari sang pelatih, Ole Gunnar Solkjaer. Bahkan, ia mampu bersaing dengan bek senior Setan Merah, yaitu Luke Shaw. Tercatat, ia membuat 25 penampilan di musim tersebut.

Namun di musim ini, nama Williams seolah tenggelam dari skuad United. Terlebih lagi, performa Shaw yang kembali gemilang, dan datangnya Alex Telles pada awal musim, membuat kans tampil baginya semakin minim. Secara keseluruhan, Williams cuma membuat 19 penampilan di semua ajang.

5. Rhian Brewster

5 Pemain Muda Premier League yang Performa Menurun Musim IniRhian Brewster (premierleague.com)

Rhian Brewster datang ke Sheffield United dengan ekspektasi yang begitu tinggi. Maklum, demi menggaet eks pemain Liverpool tersebut, The Blades sampai harus memecahkan rekor transfernya dengan banderol 26 juta euro atau sekitar Rp451 miliar. Tapi, yang terjadi justru sebaliknya.

Diharapkan mampu tampil ganas di lini serang, Brewster justru gagal bersinar. Dari 31 penampilan, pemain berusia 21 tahun tersebut tak mampu mencetak satu pun gol dan assist. Tak hanya itu, Brewster juga gagal menyelamatkan Sheffield yang harus terdegradasi ke Championship.

Banyak faktor yang membuat performa para pemain muda di atas gagal tampil bersinar musim ini. Mengingat kariernya yang masih begitu panjang, tentu para pemain di atas memiliki banyak waktu untuk meningkatkan kemampuannya.

Baca Juga: 5 Pemain Premier League yang Terlalu Bagus untuk Klubnya

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya