5 Pemain Pinjaman Spezia yang Diboyong dari Klub Papan Atas

Tak banyak membantu Spezia keluar dari zona degradasi

Popularitas Spezia kalah jauh dengan klub raksasa Serie A lain. Meski berdiri sejak 1906, klub berjuluk Aquilotti ini baru promosi ke kasta tertinggi pada musim 2020/2021 lalu. Penampilan Spezia juga tak terlalu disorot sebab terseok-seok di papan bawah Serie A.

Meski namanya baru dikenal luas, Spezia punya persiapan yang cukup intens. Di musim 2022/2023 ini Spezia merekrut banyak pemain, beberapa nama di antaranya merupakan pemain pinjaman dari klub papan atas Eropa.

1. Rey Manaj

5 Pemain Pinjaman Spezia yang Diboyong dari Klub Papan AtasRey Manaj (instagram.com/reymanaj97)

Rey Manaj telah malang-melintang bersama beberapa klub besar Eropa. Ia pernah membela Inter Milan hingga Barcelona. Sayangnya, Manaj kesulitan menunjukkan potensi terbaiknya sehingga lebih banyak dipinjamkan ke klub lain.

Salah satu klub yang pernah ia singgahi itu adalah Spezia. Manaj bergabung dengan status pinjaman dari Barcelona pada musim 2021/2022. Beroperasi di lini depan, performa Manaj tak terlalu mencolok sebab hanya mencetak 5 gol dari 30 penampilan.

2. Daniel Maldini

5 Pemain Pinjaman Spezia yang Diboyong dari Klub Papan AtasDaniel Maldini (instagram.com/dani.malda)

Daniel Maldini masih kesulitan di skuad utama AC Milan. Ia belum bisa menjadi pemain kepercayaan sang pelatih, Stefano Pioli. Demi menambah jam terbang dan kualitasnya, Rossoneri lantas meminjamkan Maldini ke Spezia pada musim panas 2022.

Bersama skuad Aquilotti, anak dari Paolo Maldini ini mendapatkan kesempatan untuk tampil dalam banyak pertandingan. Ia sudah bermain dalam 16 laga. Dari penampilan tersebut Maldini sukses membukukan tiga gol.

Baca Juga: 10 Potret M'Bala Nzola, Striker Tajam Milik Spezia

3. Mattia Caldara

5 Pemain Pinjaman Spezia yang Diboyong dari Klub Papan AtasMattia Caldara (instagram.com/mattiacaldara)

Investasi mahal AC Milan dalam pembelian Mattia Caldara masih belum terlihat hasilnya. Sang pemain kesulitan bersinar sehingga harus menjalani momen "peminjaman rutin" ke klub lain. Ia sempat dilepas ke Atalanta, Venezia, bahkan Spezia.

Terkhusus bersama Spezia, Caldara bergabung pada musim panas 2022. Kehadirannya dalam skuad Aquilotti ternyata cukup dibutuhkan. Pasalnya, Caldara dipercaya menjadi bek kanan utama yang sudah tampil sebanyak 20 kali di semua ajang.

4. Ethan Ampadu

5 Pemain Pinjaman Spezia yang Diboyong dari Klub Papan AtasEthan Ampadu (instagram.com/ethanamp26)

Ethan Ampadu tak menemukan kesempatan bermain di skuad utama Chelsea. Sejak bergabung pada 2017, waktunya lebih banyak dihabiskan dengan masa pinjaman. Termasuk pada musim 2022/2023 ini, Ampadu tengah dipinjamkan ke Spezia.

Spezia menjadi klub Serie A kedua yang ia bela setelah Venezia. Karena sudah merasakan atmosfer Serie A, Ampadu tak begitu kesulitan. Ia tampil reguler di lini belakang Spezia dengan koleksi 24 penampilan di semua kompetisi sejauh ini.

5. Eldor Shomurodov

5 Pemain Pinjaman Spezia yang Diboyong dari Klub Papan AtasEldor Shomurodov (instagram.com/shomurodov_eldor)

Sulit bagi Eldor Shomurodov menjadi pilihan utama di AS Roma. Ia belum mendapatkan kepercayaan penuh dari sang pelatih, AS Roma. Apalagi, sejak kedatangan Paulo Dybala peran Shomurodov di lini depan semakin terpinggirkan.

Oleh sebab itu, ia memutuskan untuk hengkang pada musim dingin 2023. Shomurodov menerima tawaran dari Spezia dengan status pinjaman. Keputusan itu berbuah manis sebab dirinya sudah diturunkan dalam tujuh pertandingan di semua ajang.

Meski sudah merekrut banyak pemain, performa Spezia terbilang masih mengecewakan. Spezia bahkan terancam mengalami degradasi dari Serie A pada akhir musim 2022/2023 apabila tidak mampu berbenah secepat kilat.

Baca Juga: 5 Pemain Serie A 2022/2023 yang Pernah Juara Liga Champions

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya