Sempat ke EPL, 5 Pemain Prancis Ini Pilih Kembali Merumput di Ligue 1

Kebanyakan pindah secara gratis

Bursa transfer musim panas 2021/2022 telah resmi dibuka. Sederet kepindahan pemain ke klub barunya makin gencar berlangsung, khususnya di Premier League. Terbaru, striker milik Arsenal, Alexandre Lacazette, memutuskan untuk berpisah dengan klub yang telah ia bela itu selama lima musim terakhir.

Lacazette bakal bergabung dengan Olympique Lyon yang merupakan klub lamanya. Kepulangannya itu menambah deretan panjang para pemain Prancis yang kembali ke Ligue 1 setelah sempat berkarier di Premier League. Nah, termasuk Lacazette, berikut 5 pemain top Prancis yang memilih pulang ke Ligue 1.

1. Steve Mandanda

Sempat ke EPL, 5 Pemain Prancis Ini Pilih Kembali Merumput di Ligue 1Steve Mandanda (twitter.com/OM_English)

Steve Mandanda dan Olympique Marseille punya relasi yang kuat. Bagaimana tidak, nyaris di sepanjang kariernya, Mandanda mengenakan jersey Les Phoceens. Bergabung pada 2007 silam, namanya masih eksis di skuad Marseille hingga sekarang. Namun, di balik kesetiaannya itu, Mandanda pernah hijrah ke klub lain.

Pada musim panas 2016, ia hengkang ke Crystal Palace. Sial baginya, Mandanda malah jarang diberikan kesempatan bermain dan hanya tampil sebanyak 10 kali. Musim 2016/2017 menjadi musim satu-satunya ia membela The Eagles. Hal ini terjadi lantaran Mandanda memilih pulang ke Marseille pada musim berikutnya.

2. Laurent Koscielny

Sempat ke EPL, 5 Pemain Prancis Ini Pilih Kembali Merumput di Ligue 1Laurent Koscielny (instagram.com/koscielny_official6)

Awal karier Laurent Koscielny dihabiskan bersama klub-klub Prancis. Saat bersama Lorient, Koscielny mampu memikat Arsenal yang resmi merekrutnya pada 2010 silam. Sejak kepindahannya itu, Koscielny menjelma salah satu tumpuan The Gunners yang sudah mengoleksi 353 penampilan.

Pada akhir musim 2018/2019, ia memutuskan untuk pindah dari Arsenal. Koscielny memilih klub medioker Ligue 1, Bordeaux, sebagai klub barunya. Meski performanya tak sebagus dulu, Koscielny tetap dipercaya oleh Les Girondins untuk menorehkan 65 penampilan. Kabar terbaru pada akhir Januari 2022 lalu ia memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola.

Baca Juga: 7 Pemain Terakhir yang Pindah dari Arsenal ke Manchester City

3. Mamadou Sakho

Sempat ke EPL, 5 Pemain Prancis Ini Pilih Kembali Merumput di Ligue 1Mamadou Sakho (twitter.com/mamadousakho)

Diorbitkan oleh Paris Saint-Germain, Mamadou Sakho membantu Le Parisiens mengembangkan dominasinya di kancah domestik. Namun, kebersamaan mereka harus terhenti pada 2013 lalu. Sakho dilepas ke klub top Premier League, Liverpool. Ini merupakan pengalaman perdananya menjajal kompetisi di luar negeri.

Tak hanya bersama The Reds, Sakho juga membela Crystal Palace sampai akhir musim 2020/2021. Usai kontraknya berakhir, pemain berusia 32 tahun itu memilih pulang ke Ligue 1. Bukan ke PSG, melainkan menuju Montpellier. Bersama klub berjuluk La Paillade itu, Sakho masih tampil prima dengan tampil 32 kali di semua ajang.

4. Dimitri Payet

Sempat ke EPL, 5 Pemain Prancis Ini Pilih Kembali Merumput di Ligue 1Dimitri Payet (instagram.com/payetdimitri27)

Dimitri Payet telah malang-melintang bersama beberapa klub Prancis. Pada akhirnya Payet menemukan rumah terbaiknya di dalam wujud Olympique Marseille. Ia bergabung dengan skuad Les Phoceens pada musim panas 2017. Namanya memang masih menjadi bagian Marseille, tetapi Payet pernah hijrah ke Premier League.

Ia sempat berkelana ke Inggris dengan membela West Ham United. Bergabung pada awal musim 2015/2017, performa Payet sejatinya cukup apik di lini tengah The Hammers. Sayangnya, perbedaan visi bermain di antara keduanya membulatkan tekad Payet untuk hijrah. Ia lantas pulang ke Marseille pada musim dingin 2017 lalu.

5. Alexandre Lacazette

Sempat ke EPL, 5 Pemain Prancis Ini Pilih Kembali Merumput di Ligue 1Alexandre Lacazette (instagram.com/brfootball)

Kisah kepulangan pemain menuju klub lamanya kembali terjadi. Kali ini, giliran Alexandre Lacazette yang menjadi aktor utama. Ia pulang ke Olympique Lyon setelah lima musim berpisah. Lacazette dipulangkan Les Gones dengan status bebas transfer mengingat kontraknya bersama Arsenal sudah berakhir.

Pada awal kariernya, Lacazette menghabiskan banyak waktu bersama Lyon. Ia merupakan jebolan akademi Les Gones yang promosi ke skuad senior pada tahun 2009 silam. Di sana, Lacazette tampil apik hingga menarik minat klub sekelas Arsenal. Ia hijrah ke London pada 2017 lalu dan kini resmi kembali ke pangkuan klub lamanya.

 

Menariknya, beberapa nama di atas memilih kembali ke Ligue 1 saat performanya sudah mulai menurun plus sudah tak muda lagi. Tak menutup kemungkinan juga nama-nama lain bakal mengikuti jejak mereka untuk melakukan hal serupa.

Baca Juga: Arsenal dan Alexandre Lacazette Resmi Tak Bersama Lagi

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya