Comscore Tracker

5 Pemain Top Prancis yang Belum Pernah Debut di Timnas Senior, Kenapa?

Padahal tampil apik bersama klubnya

Prancis memang dikenal sebagai negara penghasil pemain sepak bola berkualitas hingga saat ini. Banyak pemain berpaspor Prancis yang tampil ciamik di sejumlah liga top Eropa dan menjadi tumpuan klub yang dibelanya. Namun, keberadaan banyak pemain bintang ini harus memakan korban.

Dalam situasi tertentu, seperti panggilan skuad timnas senior, pemain yang dipilih oleh pelatih Prancis, Didier Deschamps, tentu sudah berdasarkan perkiraan yang matang. Namun, bagi mereka yang tak dipanggil, hal ini tentu menjadi kabar yang tak sedap seperti yang dialami 5 pemain berikut ini yang justru belum pernah mencatat debut untuk Timnas Prancis. Penasaran siapa saja? Berikut ulasannya.

1. Jules Kounde (Sevilla)

5 Pemain Top Prancis yang Belum Pernah Debut di Timnas Senior, Kenapa?sportmob.com

Nama Jules Kounde mulai melejit pamornya usai menjadi salah satu aktor di balik kesuksesan klub yang ia bela, Sevilla, menjadi juara Europa League musim lalu. Permainan apiknya dalam mengawal jantung pertahanan Los Nervionenses terbukti solid dan membuatnya menjadi andalan di setiap pertandingan.

Dengan segala kontribusi yang ia berikan bagi Sevilla, apresiasi besar yang patut disematkan bagi Kounde tentu dipanggil oleh timnas utama negaranya. Namun, sampai saat ini pemain berusia 21 tahun tersebut belum pernah menjalani debut bersama Timnas Prancis. Teraktual, Kounde hanya tampil untuk Timnas U-21 Prancis dan sudah mengantongi 8 caps.

Baca Juga: 5 Pemain Top Prancis yang Pernah Membela Sevilla Sedekade Terakhir

2. Moussa Diaby (Bayer Leverkusen)

5 Pemain Top Prancis yang Belum Pernah Debut di Timnas Senior, Kenapa?90min.com

Moussa Diaby merupakan salah satu pemain kunci Bayer Leverkusen sejauh ini. Di atas lapangan, Diaby didapuk menjadi winger tumpuan berkat skill dan kecepatan yang ia miliki. Pengalamannya yang juga pernah berkarier untuk Paris Saint-Germain dalam waktu yang cukup lama menjadi secercah faktor di balik kiprah apik Diaby saat ini.

Memasuki usia 21 tahun, karier Diaby belum sempurna sebab ia belum pernah mencatatkan debut di Timnas Prancis. Padahal, ia sudah bermain untuk tim berbagai kelompok umur negaranya tersebut. Alasan utama nama Diaby belum menyeruak di skuad utama Prancis tampaknya lebih disebabkan persaingan yang cukup ketat di posisi sayap, terlebih sudah ada nama top macam Kylian Mbappe, Kingsley Coman, dan Ousmane Dembele.

3. Theo Hernandez (AC Milan)

5 Pemain Top Prancis yang Belum Pernah Debut di Timnas Senior, Kenapa?football-addict.com

Theo Hernandez juga harus merasakan pil pahit karena belum pernah menjalani debut untuk Timnas Prancis sampai saat ini. Bila menilik statistiknya bersama AC Milan, Theo mampu tampil gemilang di sektor kiri pertahanan dan menjadi pemain andalan meski baru bergabung awal musim ini. Selain itu, rekam jejaknya juga terbilang mentereng karena telah membela duo Madrid di masa mudanya.

Hal tersebut tentu menjadi pertanyaan besar mengapa hingga saat ini Theo belum juga diberi kesempatan untuk bermain di skuad utama Prancis? Dari aspek lainnya, yaitu keketatan persaingan, Timnas Prancis juga memiliki sederet bek kiri berkualitas lainnya dan tentunya menjadi pertimbangan tersendiri bagi Didier Deschamps. Nama-nama tersebut di antaranya Lucas Digne dan Lucas Hernandez yang merupakan saudara kandung Theo.

4. Ibrahima Konate (RB Leipzig)

5 Pemain Top Prancis yang Belum Pernah Debut di Timnas Senior, Kenapa?soccersouls.com

Timnas Prancis memang dikenal dengan pemain bertahannya yang terbilang mewah. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat banyak sekali bek asal Prancis yang kini begitu populer di liga-liga top Eropa. Hal tersebut tak selamanya berdampak positif, terlebih bagi sang pemain itu sendiri. Seperti yang dialami Ibrahima Konate yamg merupakan bek tengah milik RB Leipzig.

Sepanjang kariernya, Konate harus menerima kenyataan bahwa namanya belum pernah sama sekali dipanggil Timnas Prancis. Sejatinya, Konate merupakan salah satu pilar penting Leipzig di sektor pertahanan dan berduet bersama Dayot Upamecano. Meski begitu, di usianya yang masih 21 tahun, kesempatan Konate untuk debut bersama Timnas Prancis tentu terbuka lebar dalam beberapa tahun mendatang bila mampu tampil konsisten.

5. Aymeric Laporte (Manchester City)

5 Pemain Top Prancis yang Belum Pernah Debut di Timnas Senior, Kenapa?talksport.com

Nasib yang menimpa Aymeric Laporte di Timnas Prancis mengundang banyak pertanyaan sampai saat ini. Laporte merupakan salah satu bek favorit Pep Guardiola di Manchester City sejak direkrut pada musim 2017/2018 lalu. Bersamaan dengan itu, pamor Laporte juga kian melambung berkat performa apiknya di jantung pertahanan The Cityzens.

Namun, hal tersebut tampaknya tak cukup mengantarkannya untuk debut bersama Timnas Senior Prancis. Sampai saat ini, Laporte baru tercatat menjalani 19 caps bersama Timnas U-21 Prancis. Memasuki usia 26 tahun yang merupakan usia emas bagi pesepak bola, kenyataan pahit tersebut tentu menjadi cerita tersendiri bagi Laporte yang telah menunjukkan kapasitasnya sebagai salah satu bek tangguh saat ini.

 

Meski menunjukkan performa cemerlang bersama klubnya masing-masing, para pemain di atas belum mampu meluluhkan hati sang pelatih, Didier Deschamps, untuk melirik nama mereka ke dalam skuadnya.

Baca Juga: 10 Potret Aymeric Laporte, Bek Manchester City yang Gagah Menawan

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya