5 Pemain Premier League Ini Kariernya Menurun Usai Pindah ke Barcelona

Mereka kekurangan menit bermain

Bursa transfer musim panas 2022 menjadi momentum bagi Barcelona untuk berbenah. La Blaugrana pun sangat aktif dalam merekrut pemain incarannya. Sejauh ini, Barca sudah mendatangkan empat pemain, termasuk Andreas Christensen dan Raphinha.

Kedua pemain itu sama-sama datang dari English Premier League (EPL). Mengulas beberapa musim terakhir, Barcelona punya pengalaman pahit dengan rekrutan dari Liga Inggris. Pasalnya, pemain Premier League ini kariernya menurun usai pindah ke Barcelona.

1. Alexander Hleb

5 Pemain Premier League Ini Kariernya Menurun Usai Pindah ke BarcelonaAleksander Hleb saat berseragam Arsenal. (twitter.com/premierleague)

Usai membela Arsenal selama 3 musim, Alexander Hleb memutuskan untuk berpisah. Ia hengkang ke Barcelona pada musim panas 2008. Alih-alih bisa meningkat bersama La Blaugrana, performa Hleb justru menurun drastis.

Ia gagal menembus pilihan utama di lini tengah Barca. Hleb hanya mengoleksi 36 penampilan. Ia lebih banyak dipinjamkan ke klub lain, seperti Stuttgart, Birmingham City, hingga Wolfsburg. Hleb pun dilepas secara gratis pada musim panas 2012.

2. Alex Song

5 Pemain Premier League Ini Kariernya Menurun Usai Pindah ke BarcelonaAlex Song (twitter.com/FCBarcelona)

Saat Alexander Hleb pergi, Barcelona mendatangkan pemain Arsenal lainnya. Dia adalah Alex Song.

Pemain berpaspor Kamerun itu diboyong untuk menambah kedalaman di lini tengah La Blaugrana. Namun, Song justru hanya jadi penghangat bangku cadangan.

Selama membela Barcelona, ia hanya mampu mengemas 65 penampilan. Alex Song bahkan dipinjamkan ke West Ham United selama 2 musim beruntun. Karena minim menit bermain, Barcelona melepas Song secara gratis ke Rubin Kazan pada 2016.

Baca Juga: 5 Rekrutan Anyar Barcelona Musim Panas 2022, Sudah Lengkap?

3. Thomas Vermaelen

5 Pemain Premier League Ini Kariernya Menurun Usai Pindah ke BarcelonaThomas Vermaelen (twitter.com/thomasvermaelen)

Barcelona seolah tak takut gagal merekrut pemain Arsenal lagi. Usai kegagalan Alexander Hleb dan Alex Song, La Blaugrana justru memboyong pemain Arsenal lagi pada musim panas 2014. Pemain itu adalah Thomas Vermaelen, bek Belgia yang kini sudah berusia 36 tahun.

Hasilnya tidak jauh berbeda dengan pemain Arsenal lain. Vermaelen tak mampu berbuat banyak lantaran tampil minim.

Ia lebih sering menghabiskan waktu di meja perawatan akibat cedera. Vermaelen bahkan sempat dipinjamkan ke AS Roma. Pada 2019, dirinya dilepas ke klub Jepang, Vissel Kobe.

4. Gerard Deulofeu

5 Pemain Premier League Ini Kariernya Menurun Usai Pindah ke BarcelonaGerard Deulofeu (twitter.com/ChampionsLeague)

Gerard Deulofeu sejatinya merupakan lulusan akademi La Masia. Hanya saja, ia sempat dilepas permanen ke Everton demi menambah jam terbang.

Dinilai punya potensi yang besar, Barcelona memulangkannya ke Camp Nou pada musim panas 2017. Keputusan itu tak sepenuhnya tepat. Deulofeu kalah bersaing di lini depan dan hanya tampil sebanyak tujuh belas kali.

Ia akhirnya dilepas ke Watford dengan status pinjaman pada awal 2018. Bersama The Hornets, Deulofeu kembali bersinar sehingga dipermanenkan.

5. Philippe Coutinho

5 Pemain Premier League Ini Kariernya Menurun Usai Pindah ke BarcelonaPhilippe Coutinho (twitter.com/fcbarcelona_id)

Barcelona rela merogoh kocek sebesar 135 juta euro alias Rp2 triliun demi merekrut Philippe Coutinho pada awal 2018. Ia didatangkan untuk menambah kedalaman di lini serang.

Pada awal kedatangannya, Coutinho sejatinya tampil cukup menjanjikan. Namun, performanya menurun akibat kesulitan menyesuaikan diri dengan permainan Barca.

Coutinho terpaksa dipinjamkan ke Bayern Munich selama semusim. Usai kembali, performanya tak kunjung membaik. Coutinho lantas dilepas ke Aston Villa pada awal 2022.

Pada musim panas 2022, Barcelona sudah memboyong dua mantan pemain Premier League. Mereka adalah Andreas Christensen dan Raphinha. Bisakah keduanya bersinar atau justru mengikuti jejak kelima pemain di atas?

Baca Juga: Jules Kounde Gabung Barcelona, Lagi-lagi Karena Xavi Hernandez

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya