5 Pemain Premier League yang Perannya Berubah Musim Ini

Demi kemudahan taktik dan strategi pelatih

Seperti yang kita tahu, tiap pesepak bola sudah memiliki posisinya masing-masing. Dengan bermain di posisi yang ia telah lakoni dalam waktu yang lama, para pemain tersebut diharapkan dapat menunjukkan performa terbaiknya. Namun, ada juga segelintir pemain yang posisinya harus diubah karena kebutuhan taktik dari pelatih.

Di Premier League misalnya, yang dikenal sebagai kompetisi sepak bola paling kompetitif saat ini. Terdapat beberapa pemain yang kerap tampil dengan peran berbeda dan tak sesuai dengan posisi asli yang sudah lama ia mainkan. Dari beberapa nama, 5 pemain ini paling menonjol performanya. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya!

1. Aaron Creswell (West Ham United)

5 Pemain Premier League yang Perannya Berubah Musim IniAaron Creswell. (premierleague.com)

Tak ada yang menyangka West Ham United bisa bersaing di papan atas Premier League musim ini dengan klub elite Inggris lainnya. Semua hal tersebut tak lepas dari tangan dingin sang pelatih, yaitu David Moyes. Dari awal kedatangannya, Moyes melakukan berbagai perubahan di dalam skuad The Hammers, mulai dari pembenahan mental hingga taktik di dalam pertandingan.

Salah satu perubahan yang ia lakukan adalah mengubah peran Aaron Creswell saat bermain di lapangan. Creswell yang memiliki posisi natural sebagai bek kiri kini telah bertransformasi menjadi bek tengah, dengan Arthur Masuaku dipercaya untuk menggantikannya di sisi kiri pertahanan. Perubahan tersebut membuahkan hasil di mana Creswell tampil solid di jantung pertahanan The Hammers.

2. Alex Iwobi (Everton)

5 Pemain Premier League yang Perannya Berubah Musim IniAlex Iwobi. (goal.com)

Yang kita kenal, Alex Iwobi merupakan seorang winger cekatan yang acap kali merepotkan barisan pertahanan lawan. Namun, kini Iwobi tak selalu hadir di posisi tersebut, melainkan di posisi yang berbeda. Ketika bek kiri The Toffees yang diisi oleh Lucas Digne dan Seamus Coleman harus absen berlaga, Carlo Ancelotti selaku sang pelatih, mau tak mau harus menyiapkan penggantinya.

Ancelotti kemudian bereksperimen dengan menempatkan Iwobi di posisi tersebut. Meski belum mampu menampilkan performa terbaiknya di posisi baru tersebut, Iwobi telah dipercayai sang pelatih dalam beberapa pertandingan. Misalnya saja, saat Everton bersua Leeds United pada November lalu, kemudian kala adu bentrok dengan Fulham dan Burnley.

Baca Juga: Tampil Buruk Lawan Nottingham Forest, Akibat Iwobi Pesta Sampai Pagi?

3. Eric Dier (Tottenham Hotspur)

5 Pemain Premier League yang Perannya Berubah Musim IniEric Dier. (hotspurhq.com)

Selama Jose Mourinho melatih Tottenham Hotspur, ia telah beberapa kali membuat perubahan dinamis dalam skuad The Lilywhites. Salah satunya yaitu melepas bek berpengalaman mereka, Jan Vertonghen pada awal musim ini. Kepergian bek berpaspor Belgia itu membuat satu slot bek tengah kosong, dan Eric Dier yang mematenkan posisi tersebut untuknya.

Memiliki posisi asli sebagai gelandang bertahan, Dier juga dikenal solid ketika bermain menjadi bek tengah. Di musim lalu misalnya, Dier menjalani sejumlah pertandingan dengan beroperasi di jantung pertahanan. Kini, ia telah mantap bermain sebagai bek tengah, dan membentuk duet bersama Toby Alderweireld di lini pertahanan The Lilywhites.

4. Fabinho (Liverpool)

5 Pemain Premier League yang Perannya Berubah Musim IniFabinho. (goal.com)

Sebelum merekrut Ozan Kabak dan Ben Davies pada bursa transfer Januari lalu, Liverpool dihadapkan dengan lini pertahanan yang rapuh. Hal tersebut dikarenakan beberapa pemain kuncinya macam Virgil van Dijk, Joe Gomez dan Joel Matip mengalami cedera dan harus menepi dalam waktu yang lama. Itu juga yang membuat Jurgen Klopp sering mengotak-atik susunan pemain di lini pertahanan.

Salah satu pemain yang terkena imbasnya adalah Fabinho. Pemain berpaspor Brasil ini memiliki posisi asli sebagai gelandang bertahan. Namun, dikarenakan badai cedera yang menimpa lini pertahanan The Reds, Jurgen Klopp terpaksa menempatkan Fabinho ke posisi tersebut. Untungnya, pria berusia 27 tahun itu berhasil menjalankan peran barunya tersebut dengan baik.

5. Harry Kane (Tottenham Hotspur)

5 Pemain Premier League yang Perannya Berubah Musim IniHarry Kane. (eurosport.com)

Selain mengubah peran Eric Dier, perubahan yang paling kentara dilakukan Jose Mourinho saat masih menangani Spurs adalah memberikan tugas baru bagi Harry Kane. Padahal seperti yang kita tahu, Kane biasa berperan sebagai juru gedor The Lilywhites dan menjadi target rekan-rekan lainnya saat mencetak gol. Namun, hal tersebut berubah ketika Mourinho melatihnya.

Perubahan tersebut adalah menarik Kane lebih ke belakang dan menjadikannya sebagai deep-lying forward. Tugasnya tak lagi hanya mencetak gol, melainkan dapat membuka celah bagi rekannya yang lain, seperti Son Heung Min sekaligus menjadi pelayannya. Hal tersebut tampaknya berbuah manis dengan Kane yang tetap mencetak banyak gol serta mengemas assist yang kini berada di angka 2 digit.

Perubahan peran yang mereka lakukan lebih diutamakan untuk kemudahan taktik pelatih yang menanganinya. Di antara pemain di atas, siapa yang paling berhasil menjalankan peran barunya dengan baik?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Tak Disangka Pernah Membela Norwich City, Ada Kane!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya