Pindah Klub, 5 Pemain Top Ini Justru Rentan Mengalami Cedera

Cedera menghantui mereka di klub barunya

Menjadi seorang atlet, mau tak mau, harus siap menghadapi cedera yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu, seperti yang dialami oleh pesepak bola. Cedera yang diderita umumnya terjadi di area kaki. Namun, dalam beberapa tragedi, ada beberapa pemain yang mengalami cedera di titik lain, salah satunya bagian kepala.

Untuk itu, tiap pemain dituntut menjaga kebugarannya agar tetap bisa tampil reguler dan tak rentan diterpa cedera. Hanya saja, 5 pemain berikut ini justru mengalami hal yang bisa dibilang berbeda. Mereka kerap menderita cedera usai pindah ke klub barunya. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

1. Christian Pulisic

Pindah Klub, 5 Pemain Top Ini Justru Rentan Mengalami CederaChristian Pulisic (cbssports.com)

Christian Pulisic didatangkan Chelsea sebagai pengganti ideal Eden Hazard yang hijrah ke Real Madrid. Dengan banderol 64 juta euro atau sekitar Rp1,1 triliun, Pulisic diharapkan mampu tampil moncer bersama The Blues. Hanya saja, performa pemain Amerika Serikat ini masih belum bisa menyamai harga mahalnya tersebut.

Bukan karena kalah bersaing, Pulisic acap kali menepi lantaran menderita cedera. Tercatat, ia sudah mengalami 7 kali cedera di Chelsea, termasuk cedera pergelangan kaki yang membuatnya menepi selama 6 bulan di paruh pertama tahun 2020 lalu. Sejauh ini Pulisic baru mencatatkan 77 penampilan bersama Chelsea.

Baca Juga: Sosok Kapten Amerika Serikat Itu Adalah Christian Pulisic

2. Naby Keita

Pindah Klub, 5 Pemain Top Ini Justru Rentan Mengalami CederaNaby Keita (goal.com)

Naby Keita bergabung dengan Liverpool di musim 2018/2019 lalu. Demi menggaet pemain Guinea ini, The Reds rela mengeluarkan biaya 60 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Namun, sampai saat ini penampilan Keita masih jauh dari kata maksimal. Selain lini tengah The Reds yang memang gemuk, Keita juga punya masalah cedera yang serius.

Sejak berseragam Liverpool, tercatat pemain berusia 26 tahun itu sudah mengalami 12 kali cedera. Puncaknya adalah saat ia menderita cedera pergelangan kaki pada Desember 2020 lalu yang membuat Keita terpaksa menepi selama 2 bulan. Akibatnya, performanya menurun drastis dengan hanya membuat 76 penampilan di semua ajang.

3. Ousmane Dembele

Pindah Klub, 5 Pemain Top Ini Justru Rentan Mengalami CederaOusmane Dembele dan Lionel Messi (bleacherreport.com)

Empat musim yang dijalani Ousmane Dembele di Barcelona benar-benar tak berjalan mulus. Datang dengan ekspektasi besar sebagai pengganti Neymar, Dembele justru lebih sering menghabiskan waktunya di meja perawatan. Tak ayal, Dembele baru mencatatkan 118 penampilan untuk La Blaugrana. 

Dengan usianya yang baru 24 tahun, riwayat cedera yang dialami Dembele sudah terbilang tinggi. Terlebih, saat ia bergabung bersama Barca, Dembele telah mengalami 12 kali cedera sejauh ini. Ironisnya lagi, cedera yang dialami eks pemain Borussia Dortmund ini membutuhkan waktu perawatan yang cukup lama.

4. Neymar

Pindah Klub, 5 Pemain Top Ini Justru Rentan Mengalami CederaNeymar (goal.com)

Saat bersama Santos dan Barcelona, cedera bukanlah hal yang akrab dialami oleh Neymar. Namun, semua berubah saat ia memutuskan hengkang ke PSG. Berstatus sebagai rekrutan termahal sepanjang sejarah, Neymar sejatinya masih tampil menjanjikan untuk Le Parisiens dengan catatan 87 gol dan 52 assist dari 116 penampilan.

Hanya saja, pemain Brasil tersebut malah sering absen dan dijuluki "Si kaki kaca" karena seringnya ia mendekap cedera. Bila ditotal secara keseluruhan, Neymar sudah mengalami 16 kali cedera selama berkarier di PSG, termasuk positif Covid-19. Selain itu, ia juga sempat menepi selama 3 bulan karena mengalami cedera metatarsal.

5. Eden Hazard

Pindah Klub, 5 Pemain Top Ini Justru Rentan Mengalami CederaEden Hazard (managingmadrid.com)

Kasus yang dialami Eden Hazard dalam karier sepak bolanya terbilang unik. Ia jarang menderita cedera sewaktu membela Chelsea selama 7 musim. Padahal, kompetisi Premier League dikenal dengan gaya permainannya yang mengandalkan fisik dan berlangsung dengan tempo tinggi.

Setelah pindah ke Real Madrid, Hazard justru kerap kali menepi karena cedera. Di musim 2020/2021 saja pemain berusia 30 tahun ini mengalami 7 kali cedera yang beragam, mulai dari cedera lutut hingga hamstring. Kariernya untuk Los Blancos juga masih tak maksimal karena baru membuat 43 penampilan sejauh ini.

 

Cedera merupakan risiko terbesar yang dialami oleh semua atlet, tak terkecuali para pesepak bola. Namun, untuk para pemain di atas, cedera yang mereka derita justru kerap terjadi setelah pindah ke klub baru.

Baca Juga: 5 Penyebab Eden Hazard Rawan Cedera saat Berseragam Real Madrid!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya