5 Pemain Senior Italia yang Hanya Berkarier di Serie A, Ada Bonucci!

Layak disebut legenda di tanah sendiri

Sepak bola seakan sudah menjadi budaya yang lekat di tiap negara. Italia, salah satu negara besar di Eropa, tak luput akan hal tersebut. Ini bisa dilihat dari kompetisi sepak bola mereka yang menarik. Belum lagi klub kontestan yang begitu populer.

Liga sepak bola Italia yang akrab disebut Serie A masuk ke dalam salah 1 dari 5 liga top Eropa. Banyak pemain yang merintis karier di liga ini, tak terkecuali para pemain Italia itu sendiri. Bahkan, ada beberapa pemain senior Italia yang hanya berkarier di Serie A.

Siapa pemain senior itu?

1. Antonio Candreva

5 Pemain Senior Italia yang Hanya Berkarier di Serie A, Ada Bonucci!Antonio Candreva (instagram.com/antoniocandreva)

Selalu ada warna baru dalam perjalanan karier Antonio Candreva. Memulai debut profesional pada 2005 silam, dirinya sudah berkelana ke seluruh penjuru Italia, baik di klub kasta kedua hingga tertinggi di Serie A.

Nama Candreva terus menanjak seiring kiprahnya bersama klub papan atas Italia. Ia pernah membela Udinese, Lazio, Juventus, Inter Milan, dan Sampdoria. Saat ini, Candreva membela klub promosi, Salernitana, sejak musim panas 2022.

2. Francesco Acerbi

5 Pemain Senior Italia yang Hanya Berkarier di Serie A, Ada Bonucci!Francesco Acerbi (instagram.com/francescoacerbi88)

Layaknya menapaki tangga yang makin ke atas, Francesco Acerbi juga seperti itu. Petualangan ala dirinya sejalan dengan usianya yang kian menua. Mengawali karier bersama klub medioker Serie A, Genoa, kiprahnya makin meningkat dari waktu ke waktu.

Secara perlahan, karier Acerbi mulai melesat bersama beberapa klub, seperti AC Milan, Sassuolo, dan Lazio. Pada musim panas 2022, ia pindah ke Inter Milan. Acerbi yang sudah berusia 34 tahun memperkuat lini belakang Nerazzuri yang tengah bersaing merengkuh scudetto.

Baca Juga: 5 Eks Pemain Top Serie A yang Kini Melatih Klub Serie B

3. Fabio Quagliarella

5 Pemain Senior Italia yang Hanya Berkarier di Serie A, Ada Bonucci!Fabio Quagliarella (instagram.com/fabioquagliarella27_official)

Reputasi penyerang Italia yang eksis di Serie A terus berkurang. Namun, masih ada sosok senior yang tampil prima di lini depan Sampdoria saat ini. Pemain yang dimaksud tentu saja Fabio Quagliarella, ujung tombak tim yang sudah kenyang pengalaman di negeri sendiri.

Sebelum membela Sampdoria, ia merupakan sosok petualang sejati. Quagliarella telah bergabung ke sejumlah klub Italia, di antaranya Torino, Udinese, Napoli, hingga Juventus. Namun, sejak merapat ke Sampdoria pada 2016, dirinya tak lagi berpindah-pindah klub.

4. Giacomo Bonaventura

5 Pemain Senior Italia yang Hanya Berkarier di Serie A, Ada Bonucci!Giacomo Bonaventura (twitter.com/ACFFiorentinaEN)

Giacomo Bonaventura sudah hafal betul profil sejumlah klub Serie A. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat kariernya dihabiskan dengan klub-klub di daratan Italia. Sejak memulai debut profesional pada 2008, ia tak pernah berkarier di negara lain.

Memulai segalanya di Atalanta, nama Bonaventura mulai melejit sewaktu membela AC Milan. Selama 6 musim bersama Rossoneri, ia menikmati puncak performa dalam kariernya. Pada musim panas 2019, Bonaventura hijrah ke Fiorentina dan masih bertahan hingga sekarang.

5. Leonardo Bonucci

5 Pemain Senior Italia yang Hanya Berkarier di Serie A, Ada Bonucci!Leonardo Bonucci (instagram.com/bonuccileo19)

Konsistensi jadi kunci kesuksesan Leonardo Bonucci merintis karier sepak bolanya. Ada masa-masa sulit yang pernah ia jalani, tetapi semuanya mampu dilalui dengan mulus. Tak hanya Juventus, Bonucci pernah membela klub Italia lain, seperti Inter Milan dan Genoa.

Sewaktu jadi andalan Si Nyonya Tua, Bonucci sempat mampir ke AC Milan. Namun, kiprahnya bertahan seumur jagung. Bonucci lantas kembali ke Turin dan masih diandalkan hingga sekarang. Usianya sudah 35 tahun, tetapi masih tampil kompetitif.

Berkarier di negara sendiri tentunya punya sejumlah keuntungan, baik di dalam maupun luar lapangan. Kira-kira, akankah ada pemain Italia lain yang mengalami hal serupa dengan kelima nama di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Andalan Juventus yang Diboyong dari Klub Medioker Serie A

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya