Habis Kontrak, 5 Pemain Senior Ini Hijrah ke MLS pada Musim Panas 2022

Kontrak mereka tak diperpanjang klubnya

Bursa transfer musim panas 2022 sudah dibuka. Itu berarti rumor dan transfer pemain di berbagai klub bakal menjadi perbincangan hangat selama beberapa waktu ke depan. Kendati didominasi oleh kepindahan pemain-pemain jempolan ke liga top Eropa, tak sedikit pula transfer pemain ke luar Benua Biru.

Salah satu liga di luar Eropa yang acap kali jadi destinasi para pemain adalah Major League Soccer (MLS). Kompetisi sepak bola asal Amerika Serikat ini jadi favorit utama bagi kebanyakan pemain yang ingin menghabiskan sisa kariernya. Pada musim panas 2022 ini, sudah ada 5 pemain senior yang telah hijrah ke klub MLS secara gratis. Siapa saja mereka?

1. Roman Burki

Habis Kontrak, 5 Pemain Senior Ini Hijrah ke MLS pada Musim Panas 2022Roman Burki (instagram.com/rbuerki)

Roman Burki resmi berpisah dengan Borussia Dortmund. Posisinya yang kian tergeser dengan kehadiran nama-nama baru membulatkan tekad kiper berpaspor Swiss itu untuk hengkang. Di usianya yang masih 31 tahun, Burki sejatinya masih layak bersaing di kompetisi top Eropa bersama klub lain.

Namun, ia justru memutuskan untuk mencoba tantangan baru. Burki jauh merantau ke Amerika Serikat. Ia bakal bergabung dengan St. Louis City FC, salah satu klub baru di MLS. Pengalaman dan mentalitas yang Burki miliki jelas bakal dibutuhkan oleh tim barunya itu untuk mengarungi kompetisi yang super ketat.

2. Hector Herrera

Habis Kontrak, 5 Pemain Senior Ini Hijrah ke MLS pada Musim Panas 2022Hector Herrera (twitter.com/FabrizioRomano)

Hector Herrera tak lagi menjadi milik Atletico Madrid musim depan. Kontraknya tak diperpanjang memastikan Herrera sebagai pemain bebas transfer. Tak butuh waktu lama baginya untuk mendapatkan klub baru. Pemain asal Meksiko tersebut bakal menjadi milik Houston Dynamo, juara dua kali MLS.

Hengkang ke Amerika Serikat setidaknya menjadi pilihan tepat baginya. Jarak Negeri Paman Sam yang berdekatan dengan tanah kelahirannya menjadi keuntungan tersendiri. Mulai Juli 2022 nanti, Herrera bakal melakoni debut perdana bersama tim barunya itu dengan membawa segudang pengalaman di Eropa.

Baca Juga: 6 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan Klub MLS, Ada Rekor Baru!

3. Lorenzo Insigne

Habis Kontrak, 5 Pemain Senior Ini Hijrah ke MLS pada Musim Panas 2022Lorenzo Insigne (twitter.com/FabrizioRomano)

Lorenzo Insigne membuat keputusan mengejutkan pada awal tahun 2022. Ia memilih untuk hengkang dari Napoli secara gratis. Hal tersebut jelas merugikan Partenopei, terlebih Insigne sangat diandalkan dalam sedekade terakhir. Tercatat, ia sudah dipercaya tampil 433 kali bersama Napoli.

Bagi Insigne, keputusan itu bakal membuka lembaran baru di dalam kariernya. Ia tak hengkang ke klub Eropa lain, tetapi menuju MLS. Insigne berhasil didatangkan oleh Toronto FC dengan status bebas transfer. Pemain berusia 31 tahun itu diikat kontrak hingga 2026 mendatang.

4. Giorgio Chiellini

Habis Kontrak, 5 Pemain Senior Ini Hijrah ke MLS pada Musim Panas 2022Giorgio Chiellini (twitter.com/FabrizioRomano)

Kebersamaan yang dirajut Giorgio Chiellini dan Juventus selama 17 tahun akhirnya selesai. Di usianya yang kini sudah 37 tahun, Chiellini memastikan diri untuk tetap aktif sebagai pemain di atas lapangan. Ia memilih pergi jauh ke Amerika Serikat untuk memulai petualangan baru di dalam kariernya.

Klub yang berhasil mendapatkan jasanya adalah Los Angeles FC. Nantinya, Chiellini diikat kontrak selama 18 bulan bersama klub Major League Soccer itu. Meskipun dari segi usia Chiellini sudah menurun performanya, dengan pengalaman dan kualitas yang ia miliki, ia tentu bisa menjadi panutan bagi rekan satu timnya.

5. Douglas Costa

Habis Kontrak, 5 Pemain Senior Ini Hijrah ke MLS pada Musim Panas 2022Douglas Costa (instagram.com/douglascosta)

Douglas Costa sejatinya sudah membela LA Galaxy sejak awal tahun 2022. Ia dipinjamkan oleh Juventus lantaran tak masuk skema Massimiliano Allegri. Namun, kini ia telah berstatus sebagai milik LA Galaxy seutuhnya. Kontrak Costa bersama Si Nyonya Tua sudah berakhir dan urung diperpanjang.

Pemain Brasil itu sudah diturunkan sebanyak 12 kali oleh LA Galaxy dengan torehan dua gol. Terkait kariernya bersama LA Galaxy, Costa menyusul nama-nama top yang pernah membela tim yang sama. Sebelumnya, David Beckham, Steven Gerrard, dan Zlatan Ibrahimovic pernah berseragam tim juara MLS 5 kali tersebut.

 

Meski usianya sudah tak muda lagi, kehadiran deretan pemain top di atas bakal menyedot animo luar biasa untuk perkembangan MLS ke depannya. Kira-kira, siapakah pemain lainnya yang mengikuti jejak mereka ke Negeri Paman Sam?

Baca Juga: Ini Lima Transfer Pemain Termahal Dari MLS

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya