Comscore Tracker

5 Pemain Skotlandia yang Tampil Konsisten di Premier League 2020/2021

Andy Robertson salah satunya!

Dibandingkan dengan negara Britania Raya lain seperti Inggris dan Wales, prestasi Skotlandia tak terlalu mentereng di bidang sepak bola. Terbaru, Skotlandia harus tersingkir lebih awal di Piala Eropa 2020 lantaran hanya menjadi juru kunci D di bawah Inggris, Kroasia, dan Republik Ceko.

Meski tak terlalu berprestasi, sejatinya Skotlandia juga memiliki talenta-talenta berkualitas. Dari banyaknya pemain itu, beberapa di antaranya kini berkarier di Premier League dan mampu tampil konsisten musim lalu. Penasaran siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. John McGinn

5 Pemain Skotlandia yang Tampil Konsisten di Premier League 2020/2021John McGinn (skysports.com)

John McGinn bertransformasi menjadi bagian integral dari pilar utama Aston Villa di lini tengah. Bermitra dengan pemain lain seperti Jack Grealish, Douglas Luiz, dan El Ghazi, pemain berusia 26 tahun ini mampu berperan sebagai penghubung antarlini dan pengatur ritme permainan The Villans dengan sangat baik.

Ia juga bisa menjadi kreator serangan yang mumpuni, lewat rataan 1,1 key pass per laga. Tak heran, bila McGinn mampu tampil reguler di musim ketiganya bersama Villa. Secara keseluruhan, McGinn nyaris tak tergantikan dengan catatan 37 penampilan dan mencetak 3 gol dan 6 assist di semua kompetisi.

2. Scott McTominay

5 Pemain Skotlandia yang Tampil Konsisten di Premier League 2020/2021Scott McTominay (goal.com)

Lini tengah Manchester United terbilang mewah karena hadirnya nama-nama beken seperti Fred, Bruno Fernandes, ataupun Paul Pogba. Namun, bukan berarti produk akademi asli Setan Merah tak bisa mendapatkan tempat utama. Salah satunya yaitu Scott McTominay, pemain muda United yang sukses tunjukkan tajinya.

Di musim 2020/2021, pemain berusia 24 tahun ini meledak lewat aksi apiknya di lini tengah United. McTominay juga mencadangkan pemain lain yang sejatinya lebih berpengalaman, seperti Nemanja Matic dan Donny van de Beek. Pemain berpostur jangkung ini membuat 49 penampilan musim lalu dengan torehan 7 gol dan 2 assist.

Baca Juga: 10 Pemain Skotlandia dengan Banderol Termahal Saat Ini, Siapa Saja?

3. Stuart Armstrong

5 Pemain Skotlandia yang Tampil Konsisten di Premier League 2020/2021Stuart Armstrong (skysports.com)

Penampilan Stuart Armstrong menjadi salah satu yang paling konsisten di skuad Southampton musim lalu. Kendati The Saints harus terkapar di urutan ke-15, performa Armstrong sejatinya tak terbilang buruk. Ia bahkan berhasil tampil penuh di Premier League tanpa tergantikan.

Bukan tanpa sebab bila ia begitu diandalkan. Beroperasi di lini tengah, Armstrong bisa bermain di semua area. Selain kemampuan serba bisanya itu, Armstrong juga punya catatan akurasi umpan yang terbilang baik, yaitu 81,4%. Bila ditotal, ia sukses membuat 38 penampilan di semua ajang.

4. Kieran Tierney

5 Pemain Skotlandia yang Tampil Konsisten di Premier League 2020/2021Kieran Tierney (eurosport.com)

Meski diwarnai dengan cedera, penampilan Kieran Tierney di musim 2020/2021 begitu impresif. Ia menjelma jadi sosok vital bagi Arsenal lewat performanya yang menonjol. Beroperasi di sisi kiri pertahanan, Tierney juga bisa ditempatkan di beberapa posisi lain, diantaranya bek tengah dalam skema 3 bek.

Tierney juga memiliki kecepatan yang membuatnya bisa leluasa dalam membantu penyerangan. Umpan-umpan silang yang dilancarkan Tierney juga begitu brilian, dengan beberapa di antaranya berhasil dikonversi menjadi gol. Tercatat, ia membuat 35 penampilan dengan raihan 2 gol dan 5 assist.

5. Andy Robertson

5 Pemain Skotlandia yang Tampil Konsisten di Premier League 2020/2021Andy Robertson (90min.com)

Bisa dibilang, Andy Robertson menjadi pesepak bola Skotlandia tersukses di Premier League saat ini. Sejak pertama kali bergabung dengan Liverpool di musim 2017/2018 lalu, Robertson mulai menasbihkan dirinya sebagai salah satu full-back terbaik. Kemampuannya dalam mengawal area kiri pertahanan begitu ciamik.

Robertson dikenal sebagai bek sayap yang gemar membantu lini serang The Reds. Ia juga punya andil besar dalam kejayaan Liverpool meraih sederet gelar bergengsi dalam beberapa musim terakhir. Sedangkan di musim 2020/2021, Robertson sukses mencatatkan 50 penampilan di semua ajang dengan koleksi 1 gol dan 7 assist.

 

Itulah 5 pemain Skotlandia yang tampil konsisten di Premier League musim 2020/2021. Dari beberapa pemain di atas, nama Andy Robertson menjadi pemain yang paling sukses saat berkarier di Inggris sejauh ini.

Baca Juga: 9 Potret Keren Andrew Robertson, Bek Andalan Liverpool Asal Skotlandia

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya