5 Penjualan Pemain Termahal Stuttgart dalam Sedekade Terakhir

Raih keuntungan hingga berkali-kali lipat

Dari segi popularitas, nama Stuttgart masih kalah dengan klub Bundesliga lain macam Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Prestasi yang diraih klub berjuluk Die Schwaben ini juga tak terlalu mencolok. Stuttgart bahkan kerap turun kasta.

Meski tak punya catatan mengkilap, Stuttgart jago dalam hal lain. Pengembangan bakat muda salah satunya. Stuttgart telah mengorbitkan beberapa pemain hebat. Para pemain ini dijual dengan harga mahal, khususnya dalam sedekade terakhir. Siapa saja?

1. Benjamin Pavard

5 Penjualan Pemain Termahal Stuttgart dalam Sedekade TerakhirBenjamin Pavard (twitter.com/FCBayernEN)

Benjamin Pavard menjadi pemain termahal yang pernah dijual oleh Stuttgart. Ini terjadi pada musim panas 2019. Pavard dibeli oleh Bayern Munich yang rela merogoh kocek hingga 35 juta euro atau sekitar Rp577 miliar.

Harga mahal yang dikeluarkan itu dibayar lunas oleh Pavard. Ia mampu menunjukkan kualitasnya di lini pertahanan Die Roten. Hingga sekarang, Pavard sudah mencatatkan 149 penampilan serta meraih beberapa gelar bergengsi.

2. Nico Gonzalez

5 Penjualan Pemain Termahal Stuttgart dalam Sedekade TerakhirNico Gonzalez (twitter.com/ACFFiorentinaEN)

Salah satu pemain yang membawa Timnas Argentina menjuarai Copa America 2021 ini mengawali kariernya di Eropa bersama Stuttgart. Selama tiga musim (2018--2021), Gonzalez menjelma sosok penting Stuttgart soal ketajaman lini serang.

Karena aksinya yang impresif, Fiorentina terpikat. Gonzalez lantas hijrah ke klub berjuluk La Viola tersebut. Dalam proses kepindahannya, Gonzalez ditebus dengan biaya mencapai 24,5 juta euro atau sekitar Rp404 miliar.

Baca Juga: 5 Pemain yang Kembali ke Bundesliga Musim Panas 2022, Ada Timo Werner

3. Timo Werner

5 Penjualan Pemain Termahal Stuttgart dalam Sedekade TerakhirTimo Werner (twitter.com/RBLeipzig_EN)

Sebelum membela RB Leipzig dan Chelsea, Timo Werner mengawali semuanya di Stuttgart. Aksinya mulai dikenal luas sejak promosi ke skuad utama Die Schwaben pada musim 2013/2014. Werner punya potensi pada usianya yang masih muda saat itu.

Pemain berpaspor Jerman tersebut tampil impresif di lini depan Stuttgart. Tak heran klub sekelas RB Leipzig tertarik dengannya. Werner resmi direkrut oleh Die Roten Bullen dengan mahar 23 juta euro atau setara Rp380 miliar pada musim panas 2016.

4. Sasa Kalajdzic

5 Penjualan Pemain Termahal Stuttgart dalam Sedekade TerakhirSasa Kalajdzic (skysports.com)

Wolverhampton Wanderers menambah suntikan di lini depannya dengan beberapa nama baru pada musim panas 2022. Selain Diego Costa, Wolves juga merekrut penyerang lain. Pemain yang dimaksud itu adalah Sasa Kalajdzic.

Untuk menebusnya dari Stuttgart, Wolves harus membayar biaya 18 juta euro atau sekitar Rp297 miliar. Sayangnya, Kalajdzic belum mampu tampil maksimal pada musim debutnya. Ia harus menepi hingga Juni 2023 karena mengalami cedera ACL.

5. Ozan Kabak

5 Penjualan Pemain Termahal Stuttgart dalam Sedekade TerakhirOzan Kabak (twitter.com/s04_en)

Ozan Kabak sebenarnya hanya berseragam Stuttgart selama enam bulan. Baru bergabung pada musim dingin 2019, ia sudah berganti klub pada musim berikutnya. Itu terjadi sebab Kabak menerima tawaran dari klub Bundesliga lainnya, Schalke 04.

Kabak ditebus dengan mahar 15 juta euro atau sekitar Rp248 miliar. Meski cukup mahal, Kabak malah kerap dipinjamkan. Ia sempat dipinjamkan ke Liverpool dan Norwich City. Pada musim panas 2022, Kabak dilepas permanen ke Hoffenheim.

 

Kelima pemain di atas memulai semuanya bersama Stuttgart. Meski namanya bersinar di klub lain, mereka tetap memberikan keuntungan besar bagi Die Schwaben dari segi finansial saat hengkang di bursa transfer.

Baca Juga: 10 Potret Ozan Kabak, Bek Anyar Liverpool yang Dipinjam dari Schalke

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya