Comscore Tracker

5 Pemain Terakhir Barcelona yang Hengkang Menuju Premier League

Kalah bersaing membuat mereka harus pindah dari Barcelona

Tak bisa dimungkiri bahwa Barcelona merupakan salah satu klub dengan sejarah yang hebat di dunia saat ini. Meski di musim-musim belakangan klub Catalan ini mengalami penurunan performa, pesona mereka sebagai klub besar di Eropa tetap terpancar. Tak heran bila banyak pesepak bola yang memiliki impian untuk berkarier di klub berjuluk La Blaugrana tersebut.

Mengenai para pemainnya, Barcelona telah disinggahi oleh banyak pemain ternama dan punya prestasi gemilang. Selain itu, dalam beberapa musim terakhir, mantan pemain Barcelona ternyata banyak yang pindah ke Premier League. Demi menyegarkan ingatan kalian, IDN Times sudah merangkum 5 pemain terakhir Barcelona yang hijrah ke Premier League. Check this out! 

1. Andre Gomes

5 Pemain Terakhir Barcelona yang Hengkang Menuju Premier LeagueAndre Gomes (goal.com)

Selama 2 musim di Barcelona, Andre Gomes benar-benar tak mampu menunjukkan kualitas terbaiknya. Dengan lini tengah La Blaugrana yang memang diisi sederet gelandang top, Gomes lebih diplot sebagai pemain pelapis. Alhasil, ekspektasi tinggi yang dibebankan untuknya tak berjalan mulus.

Kesempatan bermain yang kian minim membuat eks penggawa Valencia itu mau tak mau harus hengkang dari klub Catalan. Tepatnya di musim 2018/2019 lalu, Gomes pindah ke Everton dengan status pinjaman. Bersama The Toffees, Gomes tampil sangat baik yang membuatnya direkrut secara permanen hingga sekarang.

2. Gerard Deulofeu

5 Pemain Terakhir Barcelona yang Hengkang Menuju Premier LeagueGerard Deulofeu (90min.com)

Sejatinya Gerard Deulofeu telah akrab dengan Barcelona sejak belia. Ia merupakan jebolan akademi La Masia dan berhasil naik kasta ke skuad utama pada musim 2013/2014 lalu. Namun, rekam jejaknya bersama tim senior Barcelona begitu minim karena Deulofeu lebih sering dipinjamkan ke klub lain.

Peluangnya untuk tampil reguler dengan La Blaugrana sempat terbuka dengan kedatangan Ernesto Valverde sebagai juru taktik. Ia dipercaya tampil dalam beberapa pertandingan. Tak berselang lama, Deulofeu justru dilepas lagi. Kali ini ke Watford pada Januari 2018 lalu. Ia bertahan hingga musim 2019/2020 dan kini berkarier di Italia dengan Udinese.

Baca Juga: Mengejutkan! Setengah Utang LaLiga Ternyata Berasal dari Barcelona

3. Yerry Mina

5 Pemain Terakhir Barcelona yang Hengkang Menuju Premier LeagueYerry Mina (premierleague.com)

Barcelona merupakan klub Eropa pertama yang dibela Yerry Mina. Dengan usianya yang masih muda, plus bertubuh jangkung, sosok Mina menjadi talenta yang dianggap punya prospek cerah di masa depan. Itulah sebabnya Barcelona berani berinvestasi dengan merekrutnya dari Palmeiras pada Januari 2018 lalu.

Entah apa yang terjadi, karier pemain Kolombia itu hanya bertahan selama setengah musim di Barcelona. Klub Premier League, Everton, menjadi aktor penting di balik hal mengejutkan tersebut. Dengan banderol 30 juta euro atau sekitar Rp518 miliar, The Toffees resmi mengangkut Mina ke Goodison Park.

4. Nelson Semedo

5 Pemain Terakhir Barcelona yang Hengkang Menuju Premier LeagueNelson Semedo (premierleague.com)

Kepergian Dani Alves begitu berpengaruh bagi permainan Barcelona. Demi mengisi kekosongan yang ditinggalkan pemain Brasil itu, Barcelona mendatangkan bek kanan anyar dari Benfica, Nelson Semedo. Kehadirannya di musim 2017/2018 lalu diharapkan mampu memberikan warna baru di sektor bek kanan Barca.

Bergantian dengan Sergi Roberto, Semedo begitu dipercaya oleh pelatih La Blaugrana, baik Ernesto Valverde maupun Quique Setien. Petaka tiba saat Barcelona ditangani oleh Ronald Koeman. Pelatih Belanda itu melakukan perubahan besar-besaran dengan menjual para pemain senior, termasuk Semedo yang angkat kaki menuju Wolverhampton Wanderers.

5. Lucas Digne

5 Pemain Terakhir Barcelona yang Hengkang Menuju Premier LeagueLucas Digne (goal.com)

Lucas Digne datang ke Barcelona tanpa beban yang tinggi. Maklum, Digne hanya diproyeksikan menjadi pelapis Jordi Alba di sektor bek kiri. Dengan pengalamannya yang pernah membela PSG dan AS Roma, kehadiran Digne tentu dianggap menguntungkan bagi banyak pihak. Benar saja, Digne jarang tampil di atas lapangan.

Selama 2 musim bersama La Blaugrana, pemain berusia 27 tahun ini lebih sering menghabiskan waktunya di bangku cadangan. Hingga musim 2018/2019 lalu, Digne memilih untuk hengkang ke klub lain, yaitu Everton. Keputusannya pindah itu berbuah manis. Digne sukses tampil reguler dan menjadi langganan dipanggil Timnas Prancis.

 

Itulah 5 pemain terakhir Barcelona yang hengkang ke Premier League. Semua pemain di atas memilih pindah dari klub Catalan karena alasan yang hampir sama, yaitu kekurangan menit bermain.

Baca Juga: 6 Pemain Paling Diandalkan Ancelotti Saat Menangani Everton

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya