5 Pemain Terakhir yang Direkrut Manchester United dari Klub Portugal

Bruno Fernandes menjadi yang tersukses

Dari segi popularitas dan prestasi, Manchester United telah membuat capaian besar di sepanjang sejarahnya. Hal ini tentu menjadi pesona tersendiri bagi The Red Devils untuk menggaet pemain incarannya.

Namun, dalam beberapa musim terakhir, performa United justru inkonsisten. Meskipun penampilannya terus stagnan bahkan gagal merengkuh trofi, United tetap dikenal jor-joran.

Tiap bursa transfer, Setan Merah kerap mengeluarkan biaya besar demi mendaratkan sang buruan ke Old Trafford. Para pemain itu direkrut dari berbagai klub, termasuk klub yang berdomisili di Portugal. Siapa saja mereka?

1. Marcus Rojo

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Manchester United dari Klub PortugalMarcos Rojo (twitter.com/ManUtd)

Demi memperkuat lini belakang, Manchester United fokus mendatangkan bek baru pada musim panas 2014 lalu. Keputusan akhir dibuat dengan penandatanganan kontrak bek Argentina, Marcus Rojo dari Sporting Lisbon.

Saat itu, manajemen The Red Devils harus membayar biaya 20 juta euro atau sekitar Rp327 miliar. Kedatangan Rojo jelas menambah variasi di jantung pertahanan United. Ia cukup diandalkan dan mampu bertahan dalam waktu lama, yaitu 6,5 musim.

Rojo dipercaya tampil 122 kali dengan balutan jersey Setan Merah. Namun, kolaborasi keduanya harus kandas pada musim dingin 2020 lalu. Sempat dipinjamkan, Rojo lantas dilepas permanen ke Boca Juniors.

2. Victor Lindelof

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Manchester United dari Klub PortugalVictor Lindelof (twitter.com/ManUtdBR)

Lini belakang menjadi salah satu problematik terbesar bagi Manchester United. Per musim panas 2015, Setan Merah merekrut bek baru, yaitu Victor Lindelof dari Benfica.

Proses transfer itu terealisasi usai United mengucurkan dana 35 juta euro atau sekitar Rp572 miliar. Lindelof diharapkan mampu mengakhiri masalah akut itu. Meski perjalanannya diselimuti berbagai hal, mulai dari inkonsisten hingga kesalahan-kesalahan lain, bek Swedia itu sangat diandalkan.

Sejauh ini, Lindelof sudah mencatatkan 181 penampilan bersama United di semua ajang. Terlepas dari keberadaan bek baru, Lindelof masih mampu bertahan di Old Trafford.

Baca Juga: 5 Transfer Januari Terburuk dalam Sejarah Manchester United

3. Diogo Dalot

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Manchester United dari Klub PortugalDiogo Dalot (twitter.com/DalotDiogo)

Keberadaannya di tim utama Porto baru seumur jagung, tetapi Diogo Dalot langsung diserbu peminat. Klub sekaliber Manchester United kepincut dengan performanya dan membawa Dalot ke Negeri Ratu Elizabeth.

Transfer ini terjadi pada awal musim 2018/2019 lalu dengan banderol 22 juta euro atau sekitar Rp359 miliar. Apes baginya, Dalot harus menghadapi berbagai jalan terjal selama di Manchester.

Ia kesulitan tampil reguler akibat kalah bersaing dengan Aaron Wan-Bissaka di pos bek kanan. Pemain Portugal itu bahkan sempat dipinjamkan ke AC Milan pada musim panas lalu. Tercatat, Dalot baru mengoleksi 49 penampilan sejauh ini.

4. Bruno Fernandes

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Manchester United dari Klub PortugalBruno Fernandes (twitter.com/UEFAcom_pt)

Manchester United membuat manuver cerdas dengan merekrut Bruno Fernandes pada musim dingin 2020 lalu. Direkrut dari Sporting Lisbon, Fernandes ditebus dengan harga fantastis, 63 juta euro atau sekitar Rp1 triliun.

Kendati mahal, harga tersebut sukses dibayar lunas sang pemain selama berkarier di Inggris. Fernandes memberikan dimensi baru terhadap permainan Setan Merah.

Penyerangan United makin berwarna serta lebih mengancam pertahanan lawan. Kreativitas yang berpadu dengan tingkat produktivitas gol yang tinggi membuatnya nyaris tak tersentuh. Fernandes telah dipercaya tampil 106 kali di semua ajang.

5. Alex Telles

5 Pemain Terakhir yang Direkrut Manchester United dari Klub PortugalAlex Telles (twitter.com/AT13Oficial)

Tren perekrutan pemain dari klub Portugal yang dilakukan Manchester United terus berlangsung. Pada musim 2020/2021 lalu, The Red Devils memboyong bek kiri Porto, Alex Telles, ke Old Trafford. Pemain berkebangsaan Brasil itu ditebus United dengan mahar sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp245 miliar.  

Memasuki musim keduanya sejauh ini, kiprah Telles tak berjalan mulus. Bersaing dengan Luke Shaw yang merupakan bek kiri utama Setan Merah membuatnya harus berjuang ekstra.

Tak mengherankan bila musim debutnya lebih sering dihabiskan di waktu cadangan. Tercatat, Telles sudah mengoleksi 34 penampilan di semua kompetisi.

 

Mayoritas dari beberapa nama di atas masih menjadi bagian dari skuad Manchester United pada musim ini. Hanya Marcos Rojo, eks pemain Setan Merah yang telah angkat kaki dari Old Trafford.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Manchester United yang Bermain di Ligue 1 2021/2022

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya