5 Pemain Terakhir yang Dilepas Manchester City ke Klub LaLiga

Tiga di antaranya merapat ke Barcelona

Manchester City digdaya di Liga Inggris dalam sedekade terakhir. Dukungan finansial mampu membantu mereka merekrut kekuatan terbaiknya. Namun, banyaknya pemain top yang datang membuat beberapa lainnya harus angkat kaki.

Pemain-pemain yang dilepas The Cityzens biasanya dianggap kalah bersaing sehingga terpaksa dilego pada jendela transfer. Pada beberapa bursa transfer terakhir, setidaknya ada lima pemain yang dilepas Manchester City ke LaLiga.

1. David Silva

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Manchester City ke Klub LaLigaDavid Silva (twitter.com/21LVA)

Cerita manis yang dibuat David Silva bersama Manchester City akhirnya berhenti. Setelah berkolaborasi selama sedekade, Silva memutuskan untuk tak memperpanjang kontraknya bersama The Cityzens. Ia memilih pulang kampung ke Spanyol dan bergabung dengan Real Sociedad secara gratis.

Hadirnya sosok senior seperti Silva menjadi tambahan amunisi yang menguntungkan bagi Sociedad. Kultur sepak bola Spanyol juga bukan sesuatu yang asing baginya. Meski begitu, Silva memang tak tampil reguler bersama klub LaLiga itu. Ia baru tampil 42 kali dengan catatan 2 gol dan 6 assist.

2. Claudio Bravo

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Manchester City ke Klub LaLigaClaudio Bravo (twitter.com/C1audioBravo)

Gagal memenuhi ekspektasi bersama Manchester City, kiprah Claudio Bravo akhirnya hanya bertahan selama 4 musim. Kontraknya yang tak diperpanjang membuat Bravo berstatus pemain bebas pada musim panas 2020 lalu. Beruntung bagi kiper berkebangsaan Chile itu, Real Betis tertarik mendatangkannya.

Kesepakatan di antara keduanya akhirnya menemui titik temu. Bravo, yang telah berusia 38 tahun saat ini, kembali berkarier di LaLiga. Sebelumnya, ia pernah membela Barcelona. Meski telah memasuki pengujung karier, Bravo sering mendapatkan kesempatan bermain. Ia telah tampil 31 kali di semua ajang sejauh ini.

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Berulang Tahun pada 8 Januari, Ada David Silva!

3. Eric Garcia

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Manchester City ke Klub LaLigaEric Garcia (twitter.com/IntChampionsCup)

Si anak hilang itu akhirnya kembali pulang. Berstatus sebagai lulusan La Masia, Eric Garcia yang sempat berkelana ke Inggris dengan membela Manchester City, bergabung dengan Barcelona pada musim panas 2021. Sebab, selama 4 tahun di Manchester City, Garcia kesulitan menjadi pilihan utama.

Kontraknya yang berakhir pada musim panas 2021 lalu dimanfaatkan Barcelona untuk membawa Garcia pulang ke Camp Nou. Proses kepindahan tersebut akhirnya benar-benar terealisasi. Kedatangan Garcia menambah variasi di lini belakang La Blaugrana. Ia cukup dipercaya dengan catatan 20 penampilan.

4. Sergio Aguero

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Manchester City ke Klub LaLigaSergio Aguero (twitter.com/aguerosergiokun)

Sergio Aguero dipandang sebagai salah satu legenda Manchester City. Selama membela The Cityzens, rekor demi rekor berhasil ia pecahkan. Namun, setelah 10 musim bersama, keduanya memutuskan untuk berpisah. Aguero memilih hengkang ke Barcelona dengan status bebas transfer pada musim panas 2021.

Kepindahan tersebut dinilai menguntungkan baginya. Sayangnya, nasib Aguero bersama La Blaugrana tak semanis yang diharapkan. Karena masalah jantung yang ia alami, Aguero membuat keputusan berat dalam kariernya. Ia resmi gantung sepatu sebagai pemain pada Desember 2021 lalu.

5. Ferran Torres

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Manchester City ke Klub LaLigaFerran Torres (twitter.com/FCBarcelona)

Barcelona memperkuat lini serang mereka dengan mendatangkan pemain baru. Pada musim dingin 2022 ini, La Blaugrana berhasil memboyong Ferran Torres dari Manchester City. Untuk merekrut sang pemain, Barca harus menggelontorkan biaya sebesar 55 juta euro atau sekitar Rp892 miliar.

Transfer mahal ini cukup mengejutkan bagi banyak pihak. Sebab, sejak musim lalu, Barca terus dihantui krisis finansial berkepanjangan. Meski diwarnai pro dan kontra, kedatangan Torres tentu membawa pengaruh positif demi mengangkat kembali performa klub Catalan tersebut.

Dari transfer kelima pemain di atas, terdapat satu fakta menarik. Mayoritas dari mereka dilepas Manchester City secara bebas transfer lantaran kontraknya yang tak diperpanjang. Selain Aguero yang pensiun, akankah para pemain yang pindah ke LaLiga itu sukses di Spanyol dengan meraih gelar juara?

Baca Juga: Kemalangan Aguero pada 2021, Gagal Juara UCL hingga Pensiun Dini

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya