Comscore Tracker

5 Pemain Termahal yang Dijual Ajax Sedekade Terakhir, Jago Bisnis!

Hasilkan keuntungan berkali-kali lipat

Dikenal sebagai penguasa Eredisie, Ajax Amsterdam atau yang biasa disebut De Amsterdammers terlahir sebagai salah satu tim yang rajin mengorbitkan pemain-pemain muda bertalenta.

Dalam sedekade terakhir, setidaknya Ajax sukses meraup keuntungan besar dari penjualan pemain potensial miliknya. Penasaran siapa saja lima pemain termahal yang dijual Ajax tersebut? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Frenkie de Jong (Rp1,4 triliun)

5 Pemain Termahal yang Dijual Ajax Sedekade Terakhir, Jago Bisnis!Frenkie de Jong (twitter.com/DeJongFrenkie21)

Menjalani musim 2018/2019 yang fenomenal, Ajax Amsterdam untung besar dengan menjual sejumlah pemainnya, termasuk Frenkie de Jong. Ia memegang predikat sebagai pemain termahal yang dijual Ajax. Ia dilego De Amsterdammers ke Barcelona seharga 86 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun pada awal musim 2019/2020 lalu.

Bersama Barca, de Jong sukses membuktikan dirinya layak dibeli dengan harga selangit. De Jong yang masih berusia 24 tahun selalu dipercaya mengisi lini tengah La Blaugrana. Tak mengherankan bila pemain Belanda itu sukses tampil reguler dengan catatan 118 penampilan di semua kompetisi sejauh ini.

2. Matthijs de Ligt (Rp1,4 triliun)

5 Pemain Termahal yang Dijual Ajax Sedekade Terakhir, Jago Bisnis!Matthijs de Ligt (twitter.com/mdeligt_04)

Tangguh di lini belakang Ajax, Matthijs de Ligt diserbu banyak klub. Ia akhirnya dijual de Amsterdammers ke Juventus pada musim panas 2019 lalu. Sama halnya dengan transfer de Jong, Ajax juga untung besar dari penjualan de Ligt usai memperoleh dana 85,5 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun.

Di sisi yang berbeda, investasi yang dilakukan Juventus tersebut bukan tanpa alasan. Lini pertahanan Si Nyonya Tua mulai rapuh akibat usia para pemainnya yang kian menua. Hadirnya de Ligt membawa sinar cerah bagi Juventus. Ia menjelma jadi sosok yang solid di lini belakang timnya yang nyaris tak tergantikan.

Baca Juga: 5 Lulusan Akademi Ajax Amsterdam Teranyar yang Hengkang ke Klub Besar

3. Davinson Sanchez (Rp683 miliar)

5 Pemain Termahal yang Dijual Ajax Sedekade Terakhir, Jago Bisnis!Davinson Sanchez (twitter.com/daosanchez26)

Davinson Sanchez hanya bermain di Ajax selama semusim. Meski begitu, kombinasi keduanya menciptakan simbiosis mutualisme yang berjalan sempurna. Sanchez diminati Tottenham Hotspur yang lantas merekrutnya dengan biaya fantastis, yaitu 42 juta euro atau sekitar Rp683 miliar pada musim 2017/2018 lalu.

Bagi Sanchez, pindah ke klub berjuluk The Lilywhites itu justru tak berjalan mulus. Ia sering kali hanya berstatus pelapis dari duet Toby Alderweireld dan Jan Vertonghen di jantung pertahanan Spurs. Namun, seiring berjalannya waktu, pemain Kolombia ini mulai mendapatkan tempat utama di Spurs.

4. Hakim Ziyech (Rp651 miliar)

5 Pemain Termahal yang Dijual Ajax Sedekade Terakhir, Jago Bisnis!Hakim Ziyech (twitter.com/32Red)

Chelsea terus bergeliat di bursa transfer musim panas 2020 lalu. Belum puas dengan kedatangan Timo Werner dan Kai Havertz, The Blues juga merekrut winger andalan Ajax, Hakim Ziyech. Proses kepindahan sang pemain berpaspor Maroko tersebut menelan biaya 40 juta euro atau sekitar Rp651 miliar.

Punya reputasi yang bagus di Belanda, kiprah Ziyech di Chelsea malah biasa-biasa saja. Terlebih di awal kedatangannya, ia lebih banyak memulai laga dari bangku cadangan. Secara keseluruhan, Ziyech telah tampil 62 kali bersama The Blues dan merengkuh sejumlah gelar ternama, yaitu titel Liga Champions dan Piala Super Eropa.

5. Donny van de Beek (Rp635 miliar)

5 Pemain Termahal yang Dijual Ajax Sedekade Terakhir, Jago Bisnis!Donny van de Beek (twitter.com/Donny_beek6)

Donny van de Beek menjadi pemain termahal kelima yang dijual Ajax sejauh ini. Ia dilego klub Eredivisie tersebut ke Manchester United seharga 39 juta euro atau setara Rp635 miliar. Bakat potensial yang van de Beek miliki serta kariernya yang mentereng bersama Ajax menjadi alasan kuat United tertarik merekrutnya.

Bukannya berkembang, karier van de Beek bersama The Red Devils justru stagnan. Ia lebih sering menghabiskan waktunya di bangku cadangan lantaran kalah bersaing di lini tengah. Van de Beek baru mengoleksi 50 penampilan bersama United, itu pun kebanyakan ia lakoni sebagai pemain pengganti.

Meski menjual banyak pemain berharganya ke klub lain, performa Ajax tetap stabil lantaran diikuti kebijakan transfer yang cerdas. Akankah ada pemain baru yang bisa memecahkan nominal transfer kelima nama di atas? Patut dinantikan.

Baca Juga: 9 Klub Eropa yang Memenangi Liga Champions Satu Kali

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya