Comscore Tracker

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela RC Lens di Awal Kariernya

RC Lens menjadi kuda hitam di Ligue 1 musim ini

Sepak bola Prancis tentu lekat kaitannya dengan klub ternama macam Paris Saint-Germain, Olympique Lyon ataupun AS Monaco. Namun, dibalik beberapa klub tersebut, masih banyak klub Prancis lainnya yang acap kali menimbulkan ancaman dan menjadi kuda hitam di Ligue 1.

Salah satu tim Ligue 1 yang tampil impresif musim ini adalah RC Lens. Klub berjuluk Les Sang et Or tersebut kini berada di posisi 5 klasemen sementara dengan menyisakan hanya beberapa pertandingan lagi. Dan demi menyegarkan ingatan kalian, IDN Times telah merangkum 5 pemain top yang pernah membela RC Lens. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Geoffrey Kondogbia

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela RC Lens di Awal KariernyaGeoffrey Kondogbia. (bleacherreport.com)

Perjalanan karier Geoffrey Kondogbia terbilang mentereng karena telah malang melintang di beberapa klub elite Eropa macam Sevilla, Valencia dan AS Monaco. Namun, jauh sebelum membela ketiganya, gelandang berusia 28 tahun tersebut mulai menimba ilmu sepak bola bersama tim akademi RC Lens. Sedari belasan tahun, Kondogbia ditempa menjadi gelandang yang mumpuni dan bertalenta.

Puncaknya, pada musim 2011/2012 lalu, Kondogbia merasakan geliat di dalam skuat klub berjuluk Les Sang et Or tersebut. Ia kemudian dipercaya menjadi andalan di lini tengah timnya tersebut, dan mampu menjalankan perannya sebagai pengatur ritme permainan dengan baik. Tercatat, Kondogbia yang kini berseragam Atletico Madrid hanya bertahan semusim, dengan membuat 39 penampilan.

2. Thorgan Hazard

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela RC Lens di Awal KariernyaThorgan Hazard. (francefootball.fr)

RC Lens menjadi awal dibalik perkembangan karier seorang Thorgan Hazard. Bagaimana tidak, Les Sang et Or merupakan klub pertama di 5 liga top Eropa yang ia bela. Kedatangannya ke Lens terealisasi saat Hazard masih berusia belasan tahun usai direkrut dari klub Belgia, Tubize. Ia bermain untuk tim muda Lens selama 4 tahun, hingga di musim 2011/2012, Hazard berhasil promosi ke skuat utama.

Sayangnya, kiprah Hazard bersama Lens tak terlalu impresif saat itu. Beroperasi sebagai winger, saudara kandung Eden Hazard ini tak begitu menonjol performanya di lini serang karena kurangnya menit bermain. Selama semusim di Lens, Hazard hanya membuat 15 penampilan dan mencetak 1 assist. Setelahnya, Hazard beberapa kali berganti tim, dan yang teraktual, ia bermain untuk Borussia Dortmund.

3. Alphonse Areola

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela RC Lens di Awal KariernyaAlphonse Areola. (lensois.com)

Nama Alphonse Areola mulai mencuri perhatian ketika bermain untuk Paris Saint-Germain dari tahun 2015 hingga 2019 lalu. Kiper berusia 28 tahun ini merupakan lulusan akademi Le Parisiens yang mulai dipercaya untuk promosi ke skuat utama 2010/2011 lalu. Namun, demi mendapat jam terbang lebih banyak, Areola beberapa kali dipinjamkan ke klub lain, mulai dari RC Lens, Bastia, dan Villarreal.

Membahas lebih spesifik rekam jejaknya bersama RC Lens, Areola merumput disana selama semusim, yaitu pada 2013/2014 dengan status pinjaman. Kedatangannya ke klub berjuluk Les Sang et Or tersebut membuat Areola langsung mendapatkan status kiper utama, dan mencatatkan penampilan yang terbilang banyak. Tercatat, Areola yang kini bermain untuk Fulham membuat 36 penampilan bersama Lens dan mengemas 12 clean sheet.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Ini Pernah Membela Willem II Tilburg

4. Raphael Varane

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela RC Lens di Awal KariernyaRaphael Varane. (goal.com)

Sebelum namanya harum bersama Real Madrid, Raphael Varane memulai semuanya dengan bergabung bersama RC Lens sedari belia. Sepanjang kariernya, pria berdarah Martinique ini memang hanya membela 2 klub yang telah disebutkan diatas. Kebersamaannya bersama Les Sang et Or terjalin dalam waktu yang lama, hingga puncaknya, Varane diproyeksikan ke skuat utama Lens pada musim 2010/2011 lalu.

Kolaborasi keduanya tak bertahan lama, hanya semusim saja. Namun, dalam kurun waktu tersebut, Varane menunjukkan performa impresifnya sebagai bek tengah Les Sang et Or. Ia membuat 24 penampilan dan sukses mencetak 2 gol. Dengan penampilannya saat itu, Varane didatangkan klub ternama Spanyol, Real Madrid, pada musim panas 2011/2012 lalu dan menjadi andalan sampai saat ini.

5. Serge Aurier

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela RC Lens di Awal KariernyaSerge Aurier. (sport365.fr)

RC Lens menjadi klub yang akan selalu diingat oleh Serge Aurier. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena klub Ligue 1 tersebut merupakan tempat ia menimba ilmu sepak bola dan juga memulai kariernya di Prancis. Puncak dari perjalanan Aurier bersama Lens terjadi pada musim 2010/2011 lalu, saat pemain berpaspor Pantai Gading tersebut diproyeksikan ke skuat utama Lens.

Tercatat, Aurier bertahan selama semusim lebih dengan skuat inti Les Sang et Or. Meskipun tak menyumbangkan gol maupun assist, Aurier menjadi andalan utama Lens di sisi kanan pertahanan dengan membuat 55 penampilan. Setelah berkarier untuk Lens, Aurier hijrah ke Toulouse pada Januari 2012. Kariernya mulai menanjak setelah 3 musim bermain untuk PSG, dan kini, Aurier bermain untuk Tottenham Hotspur sejak 2017 lalu.

RC Lens mungkin belum akrab di telinga penggemar sepak bola. Namun, hal tersebut bukanlah berarti mereka tak pernah menghasilkan pesepak bola ternama. Buktinya, kelima pemain diatas pernah berkarier bersama Lens di awal kariernya dulu.

Sumber :

https://www.squawka.com/en/rc-lens-former-players-varane/

 

Baca Juga: Diprediksi Jadi Bintang, 5 Pemain Muda yang Gagal di Liga Inggris

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya