5 Pemain Top Belanda yang Tak Masuk Skuad Tim Nasional di Euro 2020

Deretan pemain bintang!

Timnas Belanda telah merilis 26 pemain didalam skuadnya yang akan melakoni Euro 2020. Menariknya, terdapat beragam kejutan karena komposisi pemain yang sedikit berubah. Di sektor penjaga gawang, kiper senior, Maarten Stekelenburg, dipanggil pelatih Timnas Oranje, Frank de Boer.

Ada juga sejumlah pemain muda yang turut memberikan warna baru, seperti Ryan Gravenberch, Teun Koopmeiners, dan Cody Gakpo. Selain itu, terdapat pula beberapa pemain top yang tak dipanggil di Euro 2020 ini karena beragam alasan. Siapa sajakah pemain tersebut? Berikut ulasannya.

1. Steven Bergwijn

5 Pemain Top Belanda yang Tak Masuk Skuad Tim Nasional di Euro 2020Steven Bergwijn (planetfootball.com)

Steven Bergwijn menjadi salah satu pemain top yang tak dipanggil Timnas Belanda di Euro 2020 nanti. Menilik performanya bersama Tottenham Hotspur, penampilan Bergwijn memang tak begitu ciamik dan justru tampil melempem. Ia kalah bersaing dengan pemain The Lilywhites lainnya di lini serang.

Terlebih lagi dengan performa apik Son Heung Min, Harry Kane, dan Gareth Bale, porsi bermain Bergwijn kian berkurang. Secara keseluruhan, eks pemain PSV Eindhoven ini membuat 35 penampilan dengan raihan 1 gol dan 7 assist. Hal tersebut membuatnya gagal membela Timnas Belanda untuk pertama kalinya di ajang prestisius sekelas Euro.

2. Hans Hateboer

5 Pemain Top Belanda yang Tak Masuk Skuad Tim Nasional di Euro 2020Hans Hateboer (twitter.com/BaldInBergamo)

Hans Hateboer merupakan bek kanan andalan Atalanta musim ini. Sepanjang perhelatan musim 2020/2021 berjalan, ia sukses tampil reguler dan menjadi salah satu pemain kunci. Tercatat, Hateboer tampil di 30 pertandingan dengan membuat 2 gol dan 4 assist di semua ajang musim ini.

Meski begitu, pemain berusia 27 tahun tersebut tak mampu melunakkan hati pelatih Timnas Belanda, Frank de Boer, untuk memanggilnya. Di edisi Euro 2020 ini de Boer lebih memilih memanggil pemain lain, seperti Danzel Dumfries dan Patrick van Aanholt.

Baca Juga: 5 Pemain Paling Senior yang Memperkuat Timnas Belanda di Euro 2020

3. Justin Kluivert

5 Pemain Top Belanda yang Tak Masuk Skuad Tim Nasional di Euro 2020Justin Kluivert (90min.de)

Justin Kluivert juga menjadi salah satu pemain top yang tak masuk skuad Timnas Belanda di ajang Euro 2020. Bukan karena masalah cedera ataupun kalah bersaing, Justin sedang tampil untuk Timnas Belanda U-21 yang tengah berjuang di Euro U-21. Tak mengherankan bila ia sering dipanggil ke tim nasional saat ini.

Di musim 2020/2021, pemain berusia 22 tahun ini merumput bersama RB Leipzig dengan status pinjaman dari AS Roma selama semusim. Meski tak selalu tampil, Justin tetap memiliki andil besar bagi Die Roten Bullen. Dari 29 penampilan, pemain berposisi winger ini sukses mencetak 4 gol dan 1 assist.

4. Virgil van Dijk

5 Pemain Top Belanda yang Tak Masuk Skuad Tim Nasional di Euro 2020goal.com

Virgil van Dijk harus mengakhiri musim 2020/2021 lebih cepat. Ia diterpa cedera ACL pada Oktober tahun lalu yang membuatnya harus menepi lama. Selain menjadi kerugian tersendiri bagi Liverpool, cedera yang dialami van Dijk juga turut memengaruhi penampilannya di Euro 2020.

Hasilnya, nama van Dijk tak dibawa Timnas Belanda untuk melakoni ajang Euro nanti. Terlebih lagi dengan masa pemulihannya yang belum 100%, Frank de Boer tak mau mengambil risiko membawa sang pemain. Tentunya hal ini bukanlah kabar baik bagi van Dijk yang merupakan andalan Timnas Oranje.

5. Sven Botman

5 Pemain Top Belanda yang Tak Masuk Skuad Tim Nasional di Euro 2020Sven Botman (unitedinfocus.com)

Sven Botman menjalani periode manis di musim ini dengan tampil gemilang bersama Lille. Di musim debutnya, Botman menunjukkan performa menjanjikan dan membentuk mitra yang solid dengan Jose Fonte di jantung pertahanan. Ia juga berperan besar di balik keberhasilan Lille juara Ligue 1 musim ini.

Tak pelak nama pemain berusia 21 tahun ini difavoritkan terdaftar di skuad Timnas Belanda untuk menghadapi Euro 2020. Namun, hal tersebut tak terealisasi. Botman yang belum pernah membuat debut untuk Timnas Oranje dipanggil Timnas U-21 Belanda untuk melakoni Euro U-21 yang tengah berjalan.

 

Dengan beragam alasan, ketidakhadiran para pemain top di atas di skuad Belanda untuk Euro 2020 tentunya begitu disayangkan. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Kunci LOSC Lille Menjuarai Ligue 1 Musim Ini, Siapa Saja?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya