5 Pemain Top dari Benua Asia yang Tengah Berkarier di Liga Inggris

Invasi pesepak bola Asia terus bertambah

Perkembangan sepak bola di benua Asia dinilai masih kalah daripada kawasan lain, khususnya Eropa. Hal tersebut ditunjukkan dengan pemain-pemain top asal Benua Kuning yang belum seberapa. Hanya terdapat beberapa nama beken saja di liga top Eropa.

Seiring waktu berjalan, stigma akan ketertinggalan itu tampaknya mulai bergeser. Banyak pemain asal Asia yang kini menapaki karier di Eropa. Dari keseluruhan pemain tersebut, beberapa di antaranya sukses berkarier di liga sekaliber Liga Inggris.

1. Hwang Hee-chan

5 Pemain Top dari Benua Asia yang Tengah Berkarier di Liga InggrisHwang Hee-chan (twitter.com/Squawka)

Musim 2021/2022 merupakan musim perdana bagi Hwang Hee-chan menjejali Premier League. Meski cuma berstatus pinjaman dari RB Leipzig, ini merupakan momen pas baginya untuk mengeluarkan potensi terbaiknya. Terlebih Hee-chan sempat mencuri atensi lantaran bersinar bersama RB Salzburg.

Pemain Korea Selatan itu tak menyia-nyiakan kesempatan berharga tersebut begitu saja. Sejauh ini, Hee-chan mampu tampil apik di lini serang Wolves. Ia sukses mengemas 4 gol dan 1 assist dari 18 penampilan. Jika mampu meningkatkan performanya, pembelian permanen bisa saja dilakukan Wolves untuknya.

2. Takumi Minamino

5 Pemain Top dari Benua Asia yang Tengah Berkarier di Liga InggrisTakumi Minamino (twitter.com/_RedsReport)

Bersinar di Austria bersama RB Salzburg, Takumi Minamino sukses menarik minat Liverpool. The Reds akhirnya membawa pemain berusia 26 tahun tersebut ke Anfield pada musim dingin 2020 lalu. Namun, sejak kedatangannya itu, Minamino sulit mendapatkan tempat utama di lini serang Liverpool.

Ia hanya berstatus pelapis hingga sekarang. Minamino bahkan sempat dipinjamkan ke Southampton pada paruh kedua musim lalu. Secara keseluruhan, Minamino baru mencatatkan 44 penampilan dengan koleksi 9 gol dan 3 assist. Meski jarang tampil, ia telah merengkuh satu titel Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Jadi Top Skor Liga Inggris Bersama Dua Klub

3. Takehiro Tomiyasu

5 Pemain Top dari Benua Asia yang Tengah Berkarier di Liga InggrisTakehiro Tomiyasu (twitter.com/MirrorFootball)

Kepergian Hector Bellerin diantisipasi Arsenal dengan merekrut bek kanan baru. The Gunners lantas mendatangkan bakat muda asal Jepang, Takehiro Tomiyasu, pada musim panas lalu. Keputusan tersebut ternyata berbuah manis bagi kedua belah pihak. Tomiyasu rutin bermain dan performa Arsenal terus meningkat.

Hadirnya Tomiyasu terbukti sukses memperkokoh lini pertahanan The Gunners yang sempat bermasalah dalam beberapa musim terakhir. Pemain Jepang itu tampil apik sehingga terus dipercaya sang pelatih, Mikel Arteta. Total, Tomiyasu telah mencatatkan 17 penampilan bersama Arsenal sejauh ini.

4. Hayao Kawabe

5 Pemain Top dari Benua Asia yang Tengah Berkarier di Liga InggrisHayao Kawabe (twitter.com/WolvesPRT)

Wajah baru asal Asia terus berdatangan ke kompetisi Premier League. Terbaru, Wolves merekrut gelandang berpaspor Jepang, Hayao Kawabe, pada musim dingin ini. Wolves mendatangkan sang pemain dari klub Swiss, Grasshopper Club Zurich seharga 1,3 juta euro atau sekitar Rp21 miliar.

Langkah tersebut cukup mengejutkan bagi banyak pihak. Terlebih karier Hawabe di Eropa masih seumur jagung. Namun, tetap saja keputusan Wolves itu dinilai potensial bagi pengembangan aset jangka panjang ke depannya. Hawabe juga menyusul Hwang Hee-chan sebagai pemain Asia di Wolves saat ini.

5. Son Heung-min

5 Pemain Top dari Benua Asia yang Tengah Berkarier di Liga InggrisSon Heung-min (twitter.com/panditfootball)

Tak lengkap rasanya bila tak memasukkan nama Son Heung-min ke dalam daftar ini. Wajar saja mengingat dirinya merupakan pemain aktif Asia tersukses di kasta tertinggi Inggris tersebut. Bergabung dengan Tottenham Hotspur sejak tahun 2015 lalu, profil pemain Korea Selatan itu makin dikenal khalayak ramai.

Heung-min juga mampu tampil apik di lini serang The Lilywhites. Ia tampil konsisten dan punya chemistry yang kuat dengan pemain Spurs lain, terkhusus Harry Kane. Statistiknya bersama klub London terbilang spesial dengan torehan 116 gol dan 69 assist dari 305 penampilan. Valuasi harganya juga terus meningkat seiring performa Heung-min yang impresif di Premier League.

Kesuksesan para pemain di atas menembus ajang sekelas Premier League bukanlah sebuah keberuntungan semata. Terlepas dari performa mereka sejauh ini, kehadirannya di kompetisi Premier League jelas menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi negaranya.

Baca Juga: 6 Pemain Premier League yang Pernah Membela Brentford

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya