Tampil Impresif, 5 Pemain Top Ini Justru Pindah dengan Harga Murah

Dilepas murah klubnya daripada berstatus bebas transfer

Dalam beberapa musim terakhir, bursa transfer selalu diwarnai dengan rekrutan berharga mahal. Bahkan, nama-nama yang cenderung belum memiliki prestasi tertentu juga bisa masuk ke dalam kategori itu. Sebut saja Joao Felix yang memecahkan rekor transfer Atletico Madrid atau Kepa Arrizabalaga di Chelsea.

Beberapa perekrutan berharga mahal kerap tak sesuai ekspektasi. Namun, ada juga pemain-pemain yang punya catatan apik dan layak dibeli mahal malah dilepas dengan harga murah. Pada 2021/2022, kelima pemain top ini pindah dengan banderol yang murah.

1. Rui Patricio

Tampil Impresif, 5 Pemain Top Ini Justru Pindah dengan Harga MurahRui Patricio (twitter.com/OfficialASRoma)

AS Roma sangat beruntung mendapatkan tanda tangan Rui Patricio. Demi menebus kiper berpaspor Portugal itu, Il Giallorosso juga tak perlu merogoh kocek yang banyak. Patricio sukses diboyong dengan biaya 11,8 juta euro atau sekitar Rp182 miliar dari klub lamanya, Wolverhampton Wanderers.

Selama membela Wolves, Patricio nyaris dimainkan di semua laga sejak debut pada 2018 lalu. Kiper berusia 34 tahun itu menjadi andalan mereka selama 3 musim berkarier di Inggris. Kini, kepindahannya ke AS Roma berbuah manis. Patricio masih dipercaya jadi kiper utama dan merengkuh trofi UEFA Conference League.

2. Wout Weghorst

Tampil Impresif, 5 Pemain Top Ini Justru Pindah dengan Harga MurahWout Weghorst (twitter.com/OfficialFPL)

Manuver tak terduga dilakukan Wout Weghorst pada awal 2022. Alih-alih bergabung ke tim besar, ia justru pindah ke Burnley yang tengah terpuruk di papan bawah. Upaya The Clarets untuk merekrutnya juga tak menemui kendala. Weghorst cuma ditebus seharga 14 juta euro atau setara Rp217 miliar.

Pengalamannya bersinar bersama VfL Wolfsburg diharapkan mampu menyelamatkan Burnley. Pasalnya, Weghorst merupakan salah satu penyerang tajam di Bundesliga Jerman dengan torehan tujuh puluh gol selama berseragam Wolfsburg. Namun, apes baginya, Burnley tak terselamatkan dan harus terdegradasi ke Championship.

Baca Juga: 7 Pemain Top yang Tampil Impresif Pasca Hengkang dari Juventus

3. Denis Zakaria

Tampil Impresif, 5 Pemain Top Ini Justru Pindah dengan Harga MurahDenis Zakaria (instagram.com/deniszakaria)

Nama Denis Zakaria menjadi semacam komoditas panas pada bursa transfer. Permainannya yang menjanjikan bersama Borussia Moenchengladbach dipantau klub-klub elite Eropa. Die Fohlen sejatinya berupaya untuk mempertahankannya, tetapi Zakaria sudah membulatkan tekad untuk pindah ke klub lain.

Daripada tidak mendapatkan keuntungan sama sekali, Gladbach memutuskan untuk menjualnya ke Juventus pada musim dingin 2022. Si Nyonya Tua hanya perlu membayar 8,6 juta euro atau setara Rp133 miliar untuk mendapatkan Zakaria. Pemain Swiss itu diproyeksikan sebagai salah satu opsi di lini tengah Juventus.

4. Kieran Trippier

Tampil Impresif, 5 Pemain Top Ini Justru Pindah dengan Harga MurahKieran Trippier (twitter.com/NUFC)

Kiprahnya bersama Atletico Madrid akhirnya terhenti. Usai menjadi bagian penting di balik kejayaan Los Rojiblancos meraih trofi LaLiga, Trippier memastikan untuk pulang kampung ke English Premier League (EPL). Ia menerima tawaran dari Newcastle United yang tengah berevolusi menjadi salah satu kekuatan baru.

Transfer eks pemain Tottenham Hotspur itu berjalan tanpa hambatan. The Magpies bahkan hanya mengeluarkan biaya 15 juta euro atau sekitar Rp232 miliar untuk mendapatkan jasanya. Hasilnya pun terbukti. Trippier mampu menyelamatkan Newcastle yang sempat terpuruk untuk bangkit dari papan bawah.

5. Cristiano Ronaldo

Tampil Impresif, 5 Pemain Top Ini Justru Pindah dengan Harga MurahCristiano Ronaldo (twitter.com/Cristiano)

Saga transfer Cristiano Ronaldo sempat menjadi topik perbincangan pada musim panas 2021. Pada akhirnya, ia memilih untuk pulang ke Manchester United. Dalam proses kepindahannya itu, Ronaldo dibeli The Red Devils dengan biaya yang cukup murah, yaitu 15 juta euro atau sekitar Rp232 miliar.

Meski datang pada usia yang sudah tak muda lagi, pemain berpaspor Portugal itu tetap mampu tampil produktif. Ronaldo berhasil mengemas 24 gol dan 3 assist dari 38 penampilan. Sayangnya, ia gagal mempersembahkan gelar apa pun dan timnya juga dipastikan tak melaju ke Liga Champions musim depan.

Kontrak kelima nama di atas bersama klub lamanya tinggal sebentar lagi. Daripada dilepas secara gratis, mereka dijual ke klub lain meskipun dengan biaya yang murah demi mendapatkan keuntungan.

Baca Juga: Dibeli Mahal, 5 Pemain Top Ini Justru Kesulitan Tampil Impresif di EPL

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya