Sempat Hengkang, 5 Pemain Top Ini Kembali Membela Borussia Dortmund

Kariernya bersinar terang bersama Die Borussen

Bundesliga tak hanya identik dengan Bayern Munich. Masih banyak klub lain yang patut untuk diperhitungkan, khususnya Borussia Dortmund. Klub berjuluk Die Borussen itu selalu konsisten finis di posisi empat besar klasemen.

Apa yang diraih Dortmund memang belum selevel dengan prestasi Bayern Munich. Meski begitu, Die Borussen memiliki beberapa pemain andalan yang telah dikenal luas. Uniknya, ada sejumlah nama yang kembali ke Borussia Dortmund usai membela klub lain.

Inilah lima pemain top ini kembali membela Borussia Dortmund.

1. Nuri Sahin

Sempat Hengkang, 5 Pemain Top Ini Kembali Membela Borussia DortmundNuri Sahin (twitter.com/BlackYellow)

Nuri Sahin memulai semuanya di tim akademi Borussia Dortmund. Ia sukses promosi ke tim senior pada 2005 silam. Sejak keberhasilan itu, Sahin menunjukkan performa terbaiknya sehingga dilirik beberapa klub besar Eropa, termasuk Real Madrid.

Ia lantas pindah ke kota Madrid pada 2011 lalu. Hanya saja, keputusan itu malah berbuah fatal. Karier Sahin menurun dan jarang dipakai Los Blancos. Sempat dipinjamkan ke Liverpool, ia akhirnya kembali ke Borussia Dortmund pada awal 2013 dan bertahan selama 5 musim.

2. Shinji Kagawa

Sempat Hengkang, 5 Pemain Top Ini Kembali Membela Borussia DortmundShinji Kagawa (bundesliga.com)

Borussia Dortmund merupakan klub Eropa pertama yang dibela Shinji Kagawa. Pertama kali tiba pada 2010 silam, Kagawa tak butuh waktu lama untuk bersinar. Kiprahnya di Jerman selama 2 musim dipantau Manchester United. Ia resmi dibeli pada 2014.

Alih-alih makin tajam di Premier League, Kagawa justru tak bisa berbuat banyak. Performanya menurun drastis bersama Setan Merah. Ia pun memilih pulang ke Borussia Dortmund pada 2016. Kagawa membela Die Borussen selama 3 musim lagi sebelum dilepas ke Real Zaragoza.

Baca Juga: 10 Potret Ansgar Knauff, Wonderkid Cemerlang Borussia Dortmund

3. Mario Gotze

Sempat Hengkang, 5 Pemain Top Ini Kembali Membela Borussia DortmundMario Gotze (twitter.com/BlackYellow)

Karier Mario Gotze berkembang bersama Borussia Dortmund. Berstatus sebagai produk akademi, ia mulai promosi ke skuad utama pada 2010 silam. Gotze menjadi tumpuan di Die Borussen selama 3 musim, sebelum akhirnya hengkang ke Bayern Munich.

Pindah ke klub rival, nasib Gotze tak bertahan lama. Ia hanya bertahan selama 3 musim, lalu memutuskan kembali ke Borussia Dortmund pada musim panas 2016. Gotze berseragam Dortmund lagi hingga 2020. Kontraknya berakhir dan tak diperpanjang setelah itu.

4. Mats Hummels

Sempat Hengkang, 5 Pemain Top Ini Kembali Membela Borussia DortmundMats Hummels (instagram.com/aussenrist15)

Hampir mirip dengan Paul Pogba yang bolak-balik membela Manchester United dan Juventus, Mats Hummels juga seperti itu. Meski lahir dari tim akademi Bayern Munich, ia pindah ke Borussia Dortmund pada 2008 silam. Di klub ini, kariernya berkembang pesat.

Hummels membela Die Borussen hingga 2016. Hal ini terjadi lantaran dirinya memilih pulang ke Bayern Munich. Namun, 3 musim berselang, Hummels memutuskan untuk hengkang ke Dortmund lagi. Ia masih dipercaya sebagai bek utama hingga sekarang.

5. Marco Reus

Sempat Hengkang, 5 Pemain Top Ini Kembali Membela Borussia DortmundMarco Reus (twitter.com/woodyinho)

Sebagai penduduk asli Kota Dortmund, Marco Reus tak bisa lepas dari klub sepak bola di daerah asalnya itu. Reus mengawali kariernya di tim akademi Borussia Dortmund. Namun, belum sempat promosi ke skuad utama, ia memutuskan untuk pindah. 

Reus berkelana ke Rot Weiss Ahlen dan Borussia Monchengladbach. Akan tetapi, ia tak bisa lepas dari kostum kebesaran Dortmund. Hal ini terbukti pada 2013 lalu. Reus pulang ke Borussia Dortmund dan masih diandalkan hingga sekarang. Ia bahkan dipercaya jadi kapten tim.

Borussia Dortmund seolah punya arti khusus bagi kelima pemain di atas. Entah karena kesetiaan atau gagal bersinar bersama klub lain, mereka memilih untuk kembali ke klub yang sudah membesarkan namanya.

Baca Juga: 5 Pemain Asing dengan Torehan Gol Terbanyak bagi Borussia Dortmund

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya