Tinggalkan Liverpool, 5 Pemain Top Ini Lanjutkan Kariernya ke Ligue 1

Kebanyakan pergi lantaran terpinggirkan

Liverpool melewati bursa transfer musim panas 2022 dengan cukup santai. Selain merekrut beberapa pemain, The Reds juga melepas sejumlah nama yang dirasa sudah tak dibutuhkan lagi, termasuk Takumi Minamino.

Pemain berpaspor Jepang itu dilepas ke AS Monaco. Melalui kepindahan ini, Minamino mengikuti jejak mantan pemain Liverpoolyang hengkang ke Ligue 1.

Termasuk Minamino, inilah lima pemain Liverpool yang melanjutkan kariernya ke Ligue 1.

1. Djibril Cisse

Tinggalkan Liverpool, 5 Pemain Top Ini Lanjutkan Kariernya ke Ligue 1Djibril Cisse (twitter.com/LFC)

Djibril Cisse hanya membela Liverpool selama 2 musim. Kiprahnya di Inggris tak bertahan lama akibat cedera. Cisse pun gagal tampil maksimal.

Pada musim panas 2006, ia dipinjamkan The Reds ke Olympique Marseille. Bersama Les Phoceens, Cisse menemukan kembali ketajamannya sebagai juru gedor.

Ia lantas dipermanenkan Marseille. Sayangnya, nasib Cisse kembali tak beruntung. Usai semusim diikat permanen, ia langsung dilepas ke Sunderland.

2. Mario Balotelli

Tinggalkan Liverpool, 5 Pemain Top Ini Lanjutkan Kariernya ke Ligue 1Mario Balotelli (twitter.com/EuropaLeague)

Mario Balotelli gagal membayar lunas ekspektasi Liverpool. Performanya menurun di lini depan The Reds. Alhasil, Liverpool memilih melepasnya secara gratis ke OGC Nice pada musim panas 2016.

Kepindahannya itu ternyata membawa efek positif bagi Balotelli. Meski datang dengan status buangan, dirinya mampu bersinar kembali.

Balotelli sukses mencetak 43 gol dan 3 assist dari 76 penampilan. Ia membela Nice hingga awal 2019. Balotelli pindah ke Olympique Marseille setelah itu.

Baca Juga: Tinggalkan Liverpool, 5 Pemain Ini Lanjutkan Kariernya ke Bundesliga

3. Xherdan Shaqiri

Tinggalkan Liverpool, 5 Pemain Top Ini Lanjutkan Kariernya ke Ligue 1Xherdan Shaqiri (twitter.com/XS_11official)

Dipastikan tak dapat tempat di skuad inti Liverpool, Xherdan Shaqiri bersiap hengkang. Ia akhirnya berlabuh ke Olympique Lyon pada musim panas 2021 lalu.

Kepindahannya itu diharapkan mampu menambah daya serang Les Gones jadi lebih tajam. Hanya saja, Shaqiri tak bertahan lama di Lyon.

Usai mencatatkan lima belas penampilan selama setengah musim, dirinya memilih untuk hengkang. Shaqiri merapat ke klub Major League Soccer (MLS), Chicago Fire, pada musim dingin 2022 lalu.

4. Georginio Wijnaldum

Tinggalkan Liverpool, 5 Pemain Top Ini Lanjutkan Kariernya ke Ligue 1Georginio Wijnaldum (twitter.com/GWijnaldum)

Usai membawa Liverpool berjaya, Georginio Wijnaldum membulatkan tekad untuk pergi. Kontraknya berakhir pada 2021 dan tak ada tanda-tanda perpanjangan.

Ia sempat dikabarkan ke Barcelona, tetapi pilihan akhirnya jatuh ke Paris Saint-Germain. Wijnaldum menambah kemewahan di lini tengah Les Parisiens.

Meski punya catatan mentereng, nasibnya di Paris justru kurang dibutuhkan. Wijnaldum hanya diplot sebagai pelapis dan kini dikabarkan masuk ke dalam daftar jual klub pada musim panas 2022.

5. Takumi Minamino

Tinggalkan Liverpool, 5 Pemain Top Ini Lanjutkan Kariernya ke Ligue 1Takumi Minamino (instagram.com/asmonaco)

Sedari awal, Takumi Minamino kesulitan tampil reguler di Liverpool. Ia kalah bersaing dengan nama-nama lain di lini depan The Reds. Alhasil, pada musim panas 2022, Minamino memutuskan untuk hengkang dari klub Merseyside tersebut.

Pemain asal Jepang itu melanjutkan kariernya ke AS Monaco. Ia ditebus dengan banderol 15 juta euro atau sekitar Rp227 miliar. Minamino disiapkan sebagai salah satu opsi di lini serang Les Rouge et Blanc untuk berbagai kompetisi musim depan.

Usai tinggalkan Liverpool, kelima pemain di atas menjalani karier yang beragam bersama klubnya masing-masing. Apakah keputusan mereka hengkang ke Ligue 1 sudah sepenuhnya tepat?

Baca Juga: 6 Eks Gelandang Liverpool yang Lanjutkan Karier ke Ligue 1

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya