Comscore Tracker

Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Celtic

Deretan pemain ternama, nih!

Celtic FC merupakan salah satu klub sepak bola yang berdomisili di Skotlandia. Bersama klub lain, seperti Rangers, Celtic sukses mendominasi kasta tertinggi liga sepak bola Skotlandia. Meski di musim lalu, Celtic harus gigit jari lantaran gagal juara, tetap tak menghilangkan pamor mereka sebagai klub yang disegani.

Klub berjuluk The Bhoys ini juga sering berpartisipasi dalam kompetisi Eropa, seperti Liga Champions ataupun Liga Europa. Hebatnya lagi, Celtic juga menjadi tempat berkembangnya sejumlah pemain yang kini tentu telah familier di telinga penggemar sepak bola. Berikut 5 pemain top yang jarang diketahui pernah membela Celtic.

1. Victor Wanyama

Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Ini Pernah Berseragam CelticVictor Wanyama (thetimes.co.uk)

Victor Wanyama mungkin lebih dikenal saat berseragam Tottenham Hotspur. Namun, jauh sebelum itu, pemain asal Kenya ini sempat berpetualang di Skotlandia dengan membela Celtic. Memang bersama The Bhoys, Wanyama hanya bertahan selama 2 musim.

Kendati begitu, penampilannya tetap tak bisa dianggap remeh. Ia menjadi tumpuan utama Celtic di area pertahanan. Terlebih lagi, dengan postur tubuhnya yang tinggi, Wanyama lihai dalam duel-duel bola udara.

Pemain berusia 30 tahun ini mampu tampil reguler dengan catatam 91 penampilan di semua ajang. Atas aksi apiknya, Wanyama diboyong Southampton ke Inggris.

2. Moussa Dembele

Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Ini Pernah Berseragam CelticMoussa Dembele (goal.com)

Setelah kontraknya yang tak diperpanjang Fulham, Moussa Dembele tak butuh waktu lama mencari destinasi baru. Di musim 2016/2017, Dembele berlabuh ke Celtic dan sukses jadi pilar kunci. Maklum, selama 2 musim berkarier untuk The Bhoys, Dembele tampil moncer di lini serang timnya saat itu.

Gelontoran 51 gol dan 18 assist merupakan bukti ketajamannya saat berseragam Celtic. Berkat penampilannya yang produktif itu, banyak klub papan atas yang mulai mengincar Dembele sebagai target utama. Ia lantas pindah di musim 2018/2019 lalu, dan memilih Olympique Lyon sebagai klub barunya. 

Baca Juga: Arsenal Resmi Rekrut Kieran Tierney dari Celtic FC

3. Kieran Tierney

Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Ini Pernah Berseragam CelticKieran Tierney (skysports.com)

Celtic berjasa besar dalam perkembangan karier seorang Kieran Tierney. Sedari belia, pemain asal Skotlandia ini telah menjadi bagian The Bhoys. Usai cukup lama menimba ilmu di tim muda Celtic, Tierney akhirnya sukses promosi ke skuad utama musim 2015/2016 lalu. Setelahnya, kualitas Tierney kian berkembang.

Beroperasi sebagai bek kiri, Tierney kerap membantu penyerangan dan mengirimkan umpan-umpan silang akurat. Ia mencatatkan 170 penampilan dengan torehan 8 gol dan 37 assist. Tierney juga jadi bagian penting dibalik kejayaan Celtic merengkuh 5 titel Liga Premier Skotlandia, sebelum akhirnya hengkang ke Arsenal.

4. Teemu Pukki

Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Ini Pernah Berseragam CelticTeemu Pukki (skysports.com)

Teemu Pukki mencuri atensi dengan penampilan apiknya di musim 2019/2020 lalu. Meski sempat menghilang, kini ia kembali tampil di Premier League. Sebelum menetap bersama Norwich City, pemain asal Finlandia tersebut telah berkelana ke beberapa klub lain, seperti Schalke 04, dan juga Celtic.

Menilik lebih jauh kariernya untuk Celtic, Pukki tak tampil spesial di sana. Ia hanya bertahan selama semusim, yaitu pada 2013/2014 lalu. Hanya saja, ia berhasil mengantarkan Celtic juara Liga Skotlandia di musim tersebut. Pukki mencetak 9 gol dan 3 assist bersama The Bhoys, sebelum dilepas ke klub Denmark, Brandby IF. 

5. Virgil van Dijk

Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Ini Pernah Berseragam CelticVirgil van Dijk (goal.com)

Virgil van Dijk memutuskan merantau ke negara lain usai membela beberapa klub Belanda sebelumnya. Di musim 2013/2014, van Dijk yang kontraknya habis bersama Groningen resmi didaratkan Celtic. Keputusan van Dijk pindah ke Skotlandia terbilang tepat. Ia sukses jadi tumpuan The Bhoys dan tampil solid di jantung pertahanan.

Van Dijk membuat 115 penampilan untuk Celtic dengan raihan 15 gol dan 7 assist. Hebatnya lagi, ia membawa The Bhoys berjaya di Skotlandia selama 2 musim berkarier disana. Setelahnya, nama van Dijk kian harum. Sempat membela Southampton, saat ini ia sukses panen trofi bersama Liverpool.

 

Itulah 5 pemain top yang pernah berkarier untuk Celtic. Kira-kira, akankah ada pemain Celtic lain yang bakal meneruskan aksi para pemain di atas? 

Baca Juga: 8 Pemain Termahal yang Dijual Klub Scottish Premiership, Ada van Dijk!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya