5 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Freiburg, Jarang Diketahui!

Roman Burki salah satunya

Membahas seputar Bundesliga, nama Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund jelas sulit untuk dikesampingkan. Die Bayern dan Die Borussen memiliki popularitas yang besar, terlebih keduanya juga seolah punya tradisi, yaitu rutin tampil di Liga Champions Eropa.

Meski begitu, Bundesliga tak selalu tentang kedua klub itu. Masih ada beberapa klub lain yang turut diperhitungkan, termasuk Freiburg. Klub yang berdiri tahun 1904 ini memang tak memiliki prestasi yang mentereng, tetapi pemain-pemain top pernah membela Freiburg dalam beberapa musim terakhir.

1. Robin Koch

5 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Freiburg, Jarang Diketahui!Robin Koch (twitter.com/BBCSport)

Robin Koch mulai dikenal luas saat membela Freiburg. Awal mulanya, ia bergabung dengan skuad Breisgau-Brasilianer pada musim panas 2017 sebagai salah satu talenta prospektif Jerman. Hengkang ke Freiburg membawa peningkatan karier yang pesat bagi Koch untuk mengembangkan permainannya.

Tercatat, ia membela Freiburg selama 3 musim dengan 87 penampilan di berbagai kompetisi. Tak hanya itu, Koch sukses debut bersama Timnas Jerman pada 2019. Hingga per musim panas 2020, Leeds United yang baru saja promosi ke English Premier League tertarik untuk merekrutnya.

2. Matthias Ginter

5 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Freiburg, Jarang Diketahui!Matthias Ginter (twitter.com/FabrizioRomano)

Salah satu bagian dari kesuksesan Timnas Jerman yang menjuarai Piala Dunia 2014, Matthias Ginter, punya kenangan indah bersama Freiburg. Ia mengawali karier sepak bola pada usia muda bersama Breisgau-Brasilianer, tepatnya pada 2005 silam. Barulah 7 tahun berselang, nama Ginter dipercaya masuk ke skuad utama.

Penampilannya terbilang menjanjikan selama 2 musim bersama Freiburg saat itu. Tak ayal, klub sekelas Borussia Dortmund dan Borussia Moenchengladbach pernah disinggahi Ginter sebagai bagian dari perjalanan kariernya. Terbaru, Ginter memutuskan untuk pulang ke Freiburg secara bebas transfer musim panas ini.

Baca Juga: SC Freiburg, Tim Non Unggulan yang Merangkak ke Papan Atas Bundesliga

3. Zack Steffen

5 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Freiburg, Jarang Diketahui!Zack Steffen (twitter.com/TopDrawerSoccer)

Lebih populer dengan balutan jersey Manchester City, tetapi pada faktanya, Zack Steffen sempat bertualang ke Jerman dalam waktu singkat. Hal ini terealisasi pada 2015 lalu saat ia didatangkan tim muda Freiburg dari Maryland Terapins. Karier Steffen mengalami peningkatan selama membela Breisgau-Brasilianer.

Puncaknya, ia dipromosikan ke skuad utama Freiburg pada 2016 lalu. Namun, sial baginya, kiprah Steffen justru hanya bertahan seumur jagung lantaran dilepas secara gratis ke Columbus Crew. Seiring berjalannya waktu, performanya terus berkembang hingga dilirik Manchester City pada musim panas 2019.

4. Roman Burki

5 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Freiburg, Jarang Diketahui!Roman Burki (twitter.com/starnewsngr)

Roman Burki memiliki perjalanan yang panjang di Bundesliga. Bukan bersama Borussia Dortmund, Burki justru mengawali kariernya di Jerman bersama Freiburg pada 2014/2015. Kiprahnya bersama Breisgau-Brasilianer hanya terjalin semusim lantaran Burki langsung direkrut Die Borussen pada musim berikutnya.

Secara keseluruhan, ia tampil impresif dengan catatan 39 penampilan dan 9 clean sheet pada musim satu-satunya membela Freiburg. Setelah itu, Burki pindah ke Dortmund dan menjelma sebagai salah satu pilar utama tim dalam waktu yang lama. Ia membawa timnya konsisten bersaing di papan atas.

5. Caglar Soyuncu

5 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Freiburg, Jarang Diketahui!Caglar Soyuncu (twitter.com/SkySportsPL)

Freiburg menjadi sosok di balik layar yang berperan penting dalam karier Caglar Soyuncu. Sejatinya, pemain berpaspor Turki tersebut hanya membela Breisgau-Brasilianer selama 2 musim, yaitu pada 2016—2018. Akan tetapi, performa Soyuncu kian berkembang sebagai bek yang selalu diandalkan.

Dari 2 musim yang dijalaninya itu, Soyuncu mengoleksi 55 penampilan di semua ajang. Penampilan apiknya di Jerman menarik minat salah satu klub top Premier League, Leicester City. Pada akhirnya, Soyuncu hijrah ke klub berjuluk The Foxes dengan banderol 21,1 juta euro atau setara Rp330 miliar.

Meski tak setenar Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund di lingkup Bundesliga, Freiburg tetap memiliki daya tarik tersendiri. Mereka pernah dibela sejumlah nama top dalam beberapa musim terakhir.

Baca Juga: 9 Fakta Nico Schlotterbeck, Bek Muda Jerman milik SC Freiburg

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya